Komunitas Pemuda Batamindo Tanam Pohon

Kepedulian terhadap alam masih menjadi prioritas bagi Komunitas Pemuda di Kawasan Industri Batamindo. Pada hari Minggu yang cerah, 25 Mei 2008, gabungan organisasi Pemuda di KIB yang dipeplopori oleh Group Pencinta Alam Cumfire melakukan penanaman pohon di hutan belakang dormitory blok H.

Aksi tanam pohon ini diikuti pengurus dari Forum Lingkar Pena, Pramuka, Atlit panjat tebing KEPRI, BMC, KSR PMI, Teater Gong dan Pengurus RT dan RW. Kegiatan ini didampingi oleh M. Rusli dari Community Development Department PT Tunaskarya Indoswsasta.

Sebanyak 200 pohon berhasil ditanam. Hadir dalam acara ini Bp. Dandi dari Dinas Pertanian dan Kehutana Batam. Dalam arahannya mengatakan, saya sangat senang dengan semangat pemuda di Kawasan Industri Batamindo yang peduli dengan alam. Saat ini lahan hutan Batam tinggal 16 persen. Sedangkan luas lahan yang kita diharapkan seluas 29 persen. Artinya 29 lahan hutan tersebut dapat memberikan oksigen bagi penduduk Batam yang juga dapat menetralisir karbon diaoksida dari ribuan kendaraan yang ada di Batam. Saat kita masih ada kekuarangan lahan 13 persen.

Karena itu dibutuhkan kerja keras untuk mengatasi kekuarangan hutan. Hutan yang kita maksud di sini adalah hutan yang betul betul berisi pohon yang memiliki fungsi sebagai penyedia oksigen dan menetralisir karbon dioksida. Bukan hanya sekadar areal hutan yang luas tapi tidak memiliki pohon yang mempunyai fungsi menjaga keseimbangan hidup.

Dandi yang pada kesempatan pagi itu tampil dengan sederhana, memakai kaca mata dan celana jeans memberikan penghragaan kepada Komunitas Pemuda di KIB khususnya terhadap Pencinta Alam Cumfire. Dandi mengatakan bahwa, aksi menanam pohon adalah tindakan yang mulia karena meberikan manfaat yang positif bagi mahluk hidup. Kalau pohon itu berusia seratus tahun maka pahalanya sangat banyak bagi pelaku penanam pohon.

Lebih jauh dikatakan oleh Dandi, menurut hasil penelitian yang telah dilakukan bahwasanya ada pohon di Batam yang ternyata memiliki khasiat sebagai obat HIV AIDS. Dandi tidak menyebutkan nama pohon tersebut. Kata Dandi, pohon itu harus dijaga jangan sampai jatuh ke tangan asing. Ia juga kuatir kalau ada penduduk yang menebangn pohon tersebut karena tidak paham khasiatnya.

Dudi ketua Pencinta Alam Cumfire dan juga karyawan PT Philips Batam mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon akan menjadi priorotas. Ia mengajak seluruh komunitas pemuda di KIB untuk lebih mencintai alam.

Penanaman pohon ini berlangsung dari pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 12.00. Lokasi penanaman adalah lahan bukit belakang Dormitory Blok H. Cuaca panas tidak menghalangi semangat relawan menanam pohon. Penanaman pohon ini berakhir dengan diiringi datanganya awan. Tak lama kemudian hujan turun menyirami pohon yang baru ditanam. Alhamdudillah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: