Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Majelis Taklim Gabungan, Taklim PT Unisem, TaklimPT PSECB, Taklim MMQ Jet Tempur, Taklim Musollah Annahdhah, Taklim PT Evox Riva pada tanggal 23 Maret 2008 mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan dilaksanakan di jalan Blok R ujung.

Sebelum ceramah agama dimulai, panitia menyuguhkan hiburan kepada jamaah. Diantaranya teater islami. Pra acara juga diisi dengan pembacaan kalam ilahi, shalawat nabi.

Sambutan dibawakan oleh Rustam Sinaga ketua RW 09 KIB. Dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Maulid Nabi adalah program keagamaan yang berguna untuk memberikan siraman rohani kepada warga dormitory.

Acara inti dari peringatan Maulid Nabi Muammad SAW ini adalah ceramah agama. Dibawakan oleh Ustaz Wuntat Wawan Sembodo. Ustaz Wuntat membawakan ceramah agama dengan pendekatan yang tidak membosankan jamaah. Gaya Wuntat yang dikenal berbau teaterikal dan olah vokal yang jelas membuat jamaah tak ingin beranjak dari tempat duduk mereka.

Wuntat dalam ceramah agamanya menekankan pentingnya sholat. Ia menjelaskan kepada jamaah tentang arti shalat. Bila jamaah memahami arti sholat maka ia akan pasrah dan ikhlas.

Ustaz Wuntat pada tahun 2007 lalu, tepatnya saat program buka puasa PT BIC dengan 1000 anak yatim pernah hadir di Community Center.

Masing-masing gerakan sholat itu punya arti. Ustaz Wuntat menguraikan arti gerakan sholat mulai dari gerakan pertama hingga gerakan terkahir. Setiap gerakan diartikan dengan mudah. Bila seluruh gerakan di gabungkan akan memberi arti 360 derajat. 360 derajat diartikan dengan kosong ( 0 ). Kosong adalah pasrah. Pasrah adalah penyerahan diri kepada sang pencipta. Planet di Antarakisa semuanya berbentuk O. Menurut Wuntat, Bulan, Matahari, Bumi semunaya melakukan shalat kepada pencipta.

Ketika sudah berada dalam kondisi pasrah pada saat sholat maka tidak ada lagi kepentingan dunia yang bercokol pada saat sholat berlangsung. Saat sholat, hanya pasrah kepada Allah saja yang ada.

Wuntat juga menjelaskan makna Maulid Nabi. Maulid Nabi artinya memperingati tanggal lahir Nabi Muhammad SAW. Memperingati tanggal lahir Nabi tidak pernah dilakukan pada saat Nabi Muhammad SAW masih hidup.

Salah seorang pengikut rasul setelah rasul wafat melihat adanya dekadensi semangat. Sang pengikut lalu berupaya menghidupkan semangat Nabi dengan cara melakukan Maulid Nabi. Tujuan Maulid Nabi ini adalah membangkitkan gairah Ummat Nabi Muhammad. Karena itu, Wuntat tidak setuju kalau peringatakan maulid nabi dilakukan tanpa adanya peningkatan semangat seperti semangatnya Nabi Muhammad SAW.

Tabligh Akbar ini diikuti sekitar 1000 jamah dari warga RW 07 dan RW 08 Kawasan Industri Batamindo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: