Kiat Mencari Kerja di KIB – Batam

Ada yang bilang mencari kerja di KIB mudah. Benar. Ada berpendapat mencari kerja di KIB sangat sulit. Tidak salah. Lho kok begitu. Yuk kita ikuti pengalaman job seekers di KIB.

Hari itu udara tidak begitu panas. Cuaca di Batam memang aneh. Dalam sehari bisa panas terik tiba-tiba hujan muncul. Cuaca tidak mengenal musim. Puluhan pencari kerja sambil membawa berkasa lamaran menyerbu Community Center.

Pencari kerja ini bukan wajah-wajah asing bagi kota Batam. Para pencari kerja tersebut terlihat sangat familiar dengan sudut-sudut jalan di KIB. Penampilan mereka tidak mencerminkan sedang mencari kerja tapi lebih pas dengan penampilan sebagai mahasiswa. Khsusunya pencari kerja wanita. Karena gaya busana pencaker lumayan trendy. Meskipun ketika sedang berjalan mengelilingi pojok perusahaan demi memasukkan berkas lamaran dilakukan dengan penuh perjuangan. Hujan dan panas matahari bukan rintangan bagi mereka. Meski keringat mengucur, semangat hunting pekerjaan tidak mengenal kata mundur.

Apa yang dicarai di Community Center. Tentunya Informasi lowongan kerja. Pada sebuah papan pengumuman berukuran satu setengan meter kali dua setengan meter dan ditutup kaca, terpasang pengumuman lowongan kerja. Pengumuman tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kawasan Industri Batamindo.

Umumnya infomasi lowongan kerja hanya untuk operator produksi, teknisi, supervisor, supir dan security. Paling banyak adalah untuk lowongan kerja tersedia untuk posisi opeartor produksi.

Untuk posisi operator produksi syarat yang paling sering dimunculkan adalah kelengkapan surat lamaran, curiculum vitae, surat pengalaman kerja (terkadang ada perusahaan yang justru mencari fresh graduated), berjenis kelamin perempuan usia antara 19 hingga 24 tahun.

Syarat di atas tentunya sangat menarik bagi pencari kerja wanita. Tak heran kalau pencari kerja yang memburu informasi lowongan kerja mayoritas perempuan. Namun begitu, kaum Adam juga tak mau kalah hunting informasi kerja di tempat ini.

Meski lowongan pekerjaan untuk pria di perusahaan industri manufacturing khsusnya bidang elektronic terbatas, tidak menyurtkan semangat kaum Adam untuk berjuang menembus sulitnya lapangan kerja.

Entah sedang hujan, atau sedang panas, ada lowongan kerja atau tidak ada, jobseekers setia melakukan hunting lowongan kerja yang diawali dari Community Center (CC). Mereka memenuhi lapangan sekitar CC sejak hari senin hingga sabtu. terkadang ada juga pengunjung CC hanya mencari informasi lowongan kerja pada hari Minggu.

Jobseekers di KIB menjadikan CC sebagai tujuan utama mencari lowongan kerja, Setelah menunggu beberapa saat di CC, dan tak ada tanda-tanda officer HRD datang memasang info lowongan kerja, para joobseekers tersebut meneruskan perjuangan dengan menelusuri setiap jalan depan perusahaan asing dan mengharap ada pengumuman yang terpasang pintu gerbang perusahaan.

Harapan para joobseekers adalah ada informasi lowongan yang dipasang di pos security perusahaan, saat melintas di depan perusahaan. Tapi model seperti ini sangat langka. Kalau ada informasi dipasang hanya sessat saja. Begitu jobseekers sudah berkumpul, petugas langsung mengumpulkan berkas lamaran sesuai kebutuhan, setelah itu informasi lowongan ditarik kembali.

Selain mencari informasi lowongan kerja di CC atau di depan perusahaan yang merupakan tenant dari PT BIC, jobseekers juga rajin mendatangi PT Tunaskarya Indoswasta sebagai perusahaan Human Resurce Service di KIB. Pencari kerja yang datang ke perusahaan ini selalu ramai khususnya pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00.

Jobseekers sudah tahu jadwal pemberitahuan informasi lowongan. Umumnya disampaikan pada pagi hari. termasuk proses memasukkan berkas lamaran umumnya dilakukanpada pagi hari.

Begitupula untuk proses tes tertulis dan pskiotes, pun dilakukan pada pagi hari. Terlambat sedikit dapat menimbulkan kerugian bagi jobseekers. Executive dari perusahaan head hunter umumnya melakukan rangkaian tes pada pagi hari.

Berapa biaya yang pencari kerja keluarkan saat mencari kerja. Rata-rata sehari pencari kerja mengeluarkan anggaran untuk transportasi, makan dan perlengkapan aplikasi lamaran seperti ongkos foto kopy, map, kertas, materai.

Biaya yang dikeluarkan untuk satu hari adalah Rp 6000 untuk transportasi. Harga ini adalah ongkos metro trans pulang pergi. Seperti rute tanjung Piayu – Muka Kuning. ongkos sekali jalan adalah Rp 3000. Pulang pergi minimal disediakan dana Rp 6000. dengan catatan tidak ada tambahan biaya naik ojek. Rp 5000 digunakan untuk konsumsi makan siang, Rp 1500 untuk minum, 5000 untuk kelengkapan aplikasi lamaran, Rp5000 untuk pulsa. Total pengeluaran sehari adalah Rp 22.500. Angka ini tidak standar. Karena ada pencari kerja yang tidak mengeluarkan anggaran konsumsi, alias menahan haus dan lapar (puasa). Maksudanya puasa pengeluaran.

Seorang ibu rumah tangga yang penulis temui mengaku repot mengurus adikn-adiknya yang masih menganggur. Biaya sehari untuk satu orang mencari pekerjaan minimal mengeluarkan ongkos Rp 20.000, kata sang ibu.

Perjuangan menembus lowongan kerja bukan perkara mudah. ada yang sudah beberapa bulan melakukan hunting pekerjaan tapi juga tidak berhasil. Ada juga yang beruntung, begitu memasukkan lamaran ke salah satu perusahaan langsung diterima dan esoknya langsung bekerja.

Pertanyaan sekarang, apakah jobseekers yang gagal mencari kerja karena sulitnya lapangan kerja. Tidak. Informasi lowongan kerja selalu memenuhi halaman media cetak setiap hari Sabtu dan Minggu.

Perusahaan memasang iklan lowongan kerja berarti kesulitan mencari pelamar.

Dengan kata lain, posisi atau lowongan kerja di Batam tidak ada habisnya. Justru perusahaan yang kesulitan mencari kandidat. Kalau perusahaan tidak kesulitan mencari kandidat, mereka tak perlu memasang iklan di media cetak. Tak perlu mencari tenaga kerja hingga ke luar Batam bahkan ke luar negeri.

Di satu sisi pencari kerja di Batam, khususnya pencari kerja fresh graduated putus asa menembus lowongan kerja. Masih ada 10.000 an pencari kerja saat ini tidak mendapatkan pekerjaan di Batam.

Masalah yang dihadapi sekarang oleh instansi yang terlibat di bidang penanganan tenaga kerja sederhana. Perusahaan kesulitan pencari kerja sesuai kebutuhan. Angka pengangguran masih tinggi. Ada gap, yakni tidak lengkapnya requirement dari jobseekers yang ada di Batam. Itu saja.

Ada yang menarik untuk diulas mengenai gap di atas. Masalah itu adalah persyaratan kerja tidak lengkap seperti CV. Kemampuan kandidat yang tidak memadai. Syarat yang ditetapkan perusahaan terlalu berat sehingga sulit dipenuhi oleh jobseekers. Lemahnya penguasaan Bahasa Inggris.

Pencari kerja laki-laki di Batam sebetulnya lebih banyak tersedia di industri galangan kapal. Pencari kerja perempuan lebih banyak bergiat di Industri manufacturing ( seperti bidang elektronik) atau industri garmen.

Entah dipahami atau tidak care dengan kondisi Batam, jobseekers tidak banyak melakukan upaya persiapan.

Perlu dipahami bahwa perusahaan manufacturing khsusunya bidang elektronik mayoritas merekrut pekerja wanita. Hal ini sesuai dengan tuntutan perusahaan elektonik. Perusahaan elektronik membutuhkan tenaga kerja telaten, sabar, dan teliti. Pekerjaan di bidang perakitan elektronik terbukti hasilnya bagus bila dilakukan oleh kaum Hawa.

Ketika pencari kerja dari kaum Adam juga tertarik bekerja di sektor elektronik, jatah mereka lebih kepada bagian store, teknisi, supervisor, QC. Jatah ini sangat terbatas. Jatah untuk jenis pekerjaan ini pun banyak diisi oleh kaum Hawa.

Kalau ada penerimaan untuk posisi yang membutuhkan tenaga kerja laki-laki terlihat antrian yang panjang. membludak. Padahal tenaga yang dibutuhkan hanya bisa dihitung jari. Perbandingan lowongan dengan jobseekers pria dengan wanita adalah 2o% banding 100%.

Sedangkan untuk production operator, pencari kerja wanita yang dibuthkan sebanding dengan pencari kerja yang ada. Kalaupun ada pencari kerja wanita yang gagal di sini disebabkan oleh karena kompetensi atau tidak memenuhi syarat dasar seperti usia yang sudah lewat, tinggi badan, jurusan tidak sesuai, kesehatan yang tidak bagus.

Tidak mengherankan dan jamak ditemui di Batam, para istri bekerja di perusahaan (elektronik dan garmen) sedangkan suami menunggui anak sambil melakukan kerja part time seperti ngojek.

Memang lowongan kerja untuk perusahaan di Batam khususnya untuk perusahaan elektronik banyak mempekerjakan tenaga kerja wanita.

Lalau bagaimana dengan pria. Semangat kaum adam mencari kerja di KIB tetap tinggi. Sayangnya kualifikasi yang dimiliki sang pekerja tidak cocok bagi perkembangan jaman.

Bukan berarti tenaga -tenaga terampil tidak tersalurkan di perusahaan yang ada di KIB. Diantara sekian pekerja pria yang kurang beruntung banyak juga yang dengan mudah menembus lowongan kerja pada perusahaan elektronik.

Jaka adalah salah seorang pencakeryang tangguh, pada awal Maret di terima bekerja di PT Solectron. Selama menunggu lowongan buka ia tidak tinggal diam dan menyesali nasib. Ia aktif mengikuti kegiatan kepemudaan dan pelatihan pengembangan diri, serta seminar. Organisasi yang ia ikuti adalah pencinta Alam. Melalui wadah organisasi pencinta alam, energi dan pikiran Jaka tetap tersalurkan pada kegiatan positif.

Apa sebebanarnya yang menjadi barrier bagai pencari kerja di Batam. Wenny Nur Annisah salah seorang executive di PT Tunaskarya Indoswsta mengatakan bahwa ada sejumlah barrier atau penghalang jobseeker menembus lowongan kerja baik untuk level operator hingga executive

Berdasarkan pengalaman Wenny di bagian rekrutmen, beberapa hal yang secara umum dipertimbangkan
apakah seorang calon tenaga kerja (CTK) dinyatakan lulus dalam suatu proses seleksi, yaitu :

OPERATOR :

  1. Kelengkapan administrasi
  2. Kemampuan dasar sesuai pendidikan, misal kemampuan berhitung (matematika dasar). Untuk STM, pengetahuan mesin, listrik atau elektronika.
  3. Kemampuan Umum, biasanya kita ukur dengan beberapa tes penalaran atau yang berkaitan dengan kemampuan analisa.
  4. Kemampuan komunikasi, dalam arti dapat menjelaskan informasi tentang diri, kemampuan maupun pengalaman dengan sistematis dan terperinci.
  5. Motivasi untuk bekerja, apakah ada kesungguhan dalam diri CTK untuk bekerja.
  6. Ketahanan Kerja, berkaitan dengan tipe pekerjaan yang nanti nya akan dijalani, misalnya kondisi ketahanan fisik karena harus kerja berdiri, atau bagaimana potensi ketahanannya bila menghadapi situasi penuh tekanan.

EXECUTIVE :
Untuk level executive pada dasarnya ke enam hal di atas juga perlu diperhatikan. Beberapa aspek lain yang juga perlu disiapkan antara lain :

  1. Kemampuan Bahasa Inggris, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan dan bagaimana dapat menjelaskan secara detail dan jelas.
  2. Kemampuan Komputer, berkisar pada program-program dasar seperti Word, Excel dan PowerPoint. Program lain biasanya disesuaikan dengan bisang kerja nya nanti.
  3. Pengalaman kerja sesuai yang dibutuhkan. Untuk level ini, pengalaman kerja yang relevan dengan kebutuhan perusahaan akan lebih diprioritaskan.

Beberapa kondisi yang ditemui di lapangan, yang kita amati kata Wenny, sebagai faktor ketidaklulusan CTK dalam proses rekrutmen antara lain :

  1. Ketidaklengkapan dokumen administrasi sesuai yang dipersyaratkan
  2. Khususnya untuk level staf ke atas, kadang tidak di jelaskan dengan detail rincian pekerjaan yang saat ini atau yang pernah dilakukan
  3. Kemampuan Umum yang kurang memenuhi standar kelulusan yang sudah ditetapkan.
  4. Kurang mampu mengkomunikasikan pemikiran nya yang dituangkan dalam jawaban dari pertanyaan yang diajukan saat interview
  5. Kurangnya kemampuan Bahasa Inggris (terutama secara lisan)
  6. Kurangnya kemampuan mengoperasikan program-program dasar komputer
  7. Ketidakcocokan sikap dan kepribadian CTK dengan tipe pekerjaan maupun tipe customer kita

Berikut beberapa tips bagi CTK yang sedang mempersiapkan diri untuk bekerja baik yang sudah berpengalaman maupun yang belum berpengalaman :

  1. Mempersiapkan dokumen sebaik mungkin, sesuai yang dibutuhkan. Selain surat lamaran dan CV, juga siapkan dokumen pendukung lainnya seperti fotocopy : ijasah, transkrip nilai, sertifikat training, surat keterangan kerja dari perusahaan sebelumnya, KTP dan pas berwarna foto terbaru.
  2. Mempersiapkan fisik dan mental dalam mengikuti proses seleksi, karena akan membutuhkan konsentrasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terutama dalam hal tes kemampuan umum.
  3. Bagi CTK yang tidak memiliki pengalaman secara langsung dalam bidang yang dibutuhkan, bisa mempersiapkan diri dengan pengetahuan yang cukup, sehingga ketika mencantukan kalimat familiar with……… atau has knowledge in…….. tidak hanya sekedar menulis saja, tapi memang secara teori sudah menguasai, hanya saja memang belum dipraktekkan.
  4. Cari informasi mengenai perusahaan yang Anda lamar, karena dengan adanya pengentahuan tersebut, bisa meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri ketika mengikuti proses seleksi dan dapat memperkirakan kemampuan atau pengetahuan seperti apa yang kira-kira dibutuhkan dan harus disiapkan.
  5. Melatih kemampuan Bahasa Inggris dan Komputer secara intensif, karena kemampuan ini cenderung berkurang bila jarang digunakan.
  6. Untuk posisi tertentu, penampilan juga cukup diperhitungkan. Tidak perlu berlebihan, yang perlu dipastikan adalah kerapian, kesopanan dan kebersihan.

Semoga berguna.

14 Komentar (+add yours?)

  1. abiehakim
    Mar 14, 2008 @ 09:40:17

    kerja di Tunas Karya ya pak? salam kenal

    Balas

  2. marumpa
    Mar 14, 2008 @ 09:47:53

    Dear abiehakim salam kenal juga.

    Balas

  3. noor
    Mar 25, 2008 @ 15:51:46

    Saya berusia 22 tahun ingin sekali bekerja di batam si samping pengen merantau ke luar kota saya pribadi ingin mencari kakak kandung saya yang beralamat di perumahan pluto.Tanjung uncang..adapun keahlian saya Cad 2007 Auto desk vis 3 d max office.Saya kerja sebagai drafter di jakarta mohon sobat bapak – bapak ibu -ibu yang membaca informasi ini saya memohon informasi kerja drafter di batam…email saya ncholish_85tango@yahoo.co.id
    terima kasih

    Balas

  4. Sahat Situmorang
    Apr 21, 2008 @ 18:59:23

    Ingin mencari info lowongan di PT. PSECB Batam

    Balas

  5. Ardhean
    Okt 16, 2008 @ 14:51:58

    Slam knal yach.doa bwt ksuksesan bsm

    Balas

  6. marumpa
    Okt 20, 2008 @ 02:39:20

    Ardhean thanks ya. Salam

    Balas

  7. Perinanda
    Jan 03, 2009 @ 11:35:44

    saya mau cari kerja yang cocok dengan latar pendidikan saya
    saya tamatan S1 Mechanical Engineering universitas bung hatta
    pengalaman kerja di PT Amtek Precision Batam Centre (Technician)
    mohon informasinya…
    thanks
    no telp : 085263414825

    Balas

  8. Perinanda
    Jan 03, 2009 @ 11:37:16

    saya mau cari kerja yang cocok dengan latar pendidikan saya.
    usia saya 25 tahun
    saya tamatan S1 Mechanical Engineering universitas bung hatta
    pengalaman kerja di PT Amtek Precision Batam Centre (Technician)
    mohon informasinya…
    thanks
    no telp : 085263414825

    Balas

  9. rudiana
    Jan 14, 2009 @ 00:51:33

    pak rusli ini ma rudy dulu ank ksr pmi batam , kapan ada rekrut ke bandung dan pt. apa soalnya rudy pngen k batam lagi dan pngen gabung lagi dengan ksr

    Balas

  10. rudy
    Jan 17, 2009 @ 12:38:33

    pak rusly ni ma rudy,rudy tmtn smk jrsn gambar teknk…(nguasai AUTOCAD) dan pernah krj slm 2 thun…kpn ada rekrut dari PT.PSECB k bandung

    Balas

  11. Tri ningsih
    Okt 12, 2009 @ 07:31:56

    Saya tri perempuan 21th.saya 2th krj di PT.SPB mukakuning.saya ingin bekerja lagi dibatam.mohon bagi yg punya info di 085641192566

    Balas

  12. lia
    Jun 03, 2014 @ 12:12:14

    saya mantan karyawan PT TEC batam , usia saya 20th apa saya sudah tidak ada kesempatan lagi untuk kerja di pt TEC lagi ataupun pt yang laen yang ad di batam ?
    085755594255

    Balas

  13. ningsi ops
    Okt 21, 2014 @ 04:57:46

    saya lagi mencari kerja pak/ Bu,
    saya tamatan SMA.jurusan IPA.umur saya 20 tahun
    saya berpengalaman di Pt.Nidec seimitsu Batam sebagai Operator production selama 2 tahun.tolong berikan saya kesempatan lagi untuk bekerja di Batam.
    jika masih ada Pak/ Bu tolong dihubungi ke no: 085362870884.
    Terima kasih.

    Balas

  14. lia monika
    Des 24, 2014 @ 03:49:28

    tolong informasi loker nya ya teman
    No hp: 081263784033

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: