KSR- PMI (KORS SUKARELA PALANG MERAH INDONESIA BATAMINDO

KSR – PMI Batamindo adalah salah satu unit kegiatan di Kawasan Industri Batamindo. Unit kegiatan ini adalah wadah berkumpul bagi pekerja yang mempunyai minat terhadap Dunia Palang Merah Indonesia.


Anggota KSR PMI di Batamindo adalah pekerja di sejumlah perusahaan di KIB. Para anggota KSR PMI tersebut pernah aktif menjadi pengurus Palang Merah Indonesia Remaja (PMI remaja) ketika masih duduk dibangku SMP dan SMA. Saat bekerja di Kawasan Industri Batamindo pekerja tersebut melanjutkan kembali organisasinya pada level yang lebih tinggi yakni KSR PMI.

KSR PMI Batamindo telah berdiri di Kawasan Industri batamindo sejak tahun 1993 lalu. Hingga saat ini masih eksis. Unit KSR PMI mengadakan perekrutan anggota baru dua kali dalam setahun. KSR PMI aktif melakukan pengkaderan terhadap anggota baru. Materi pengkaderan berlangsung tiga bulan. Selama masa penerimaan anggota baru hingga orientasi berlangsung yang diteruskan pembekalan mater, anggota diberika materi tentang: Pertolongan pertama pada kecelakaan. Teknik memberikan nafas buatan. Teknik membuat mitela bagi orang yang mengalami kecelekaan patah tulang.

Anggota baru KSR PMI pun dibekali dengan penangan sanitasi, teknik penjernihan air, dapur umum hingga pendirian tenda.

Berbagai prestasi telah dilakukan oleh KSR PMI Batamindo. Sejumlah musibah atau bencana besar di Batam pernah ditangani oleh KSR PMI seperti bantuan dapur umum saat terjadi badai angin, bantuan terhadap korban kebakaran, bantuan terhadap korban banjir.

KSR PMI Batamindo juga aktif melakukan kegiatan donor darah. Di Kawasan Industri Batamindo, program donor dilakukan 3 kali dalam setahun. KSR PMI juga aktif mendukung program PMI Cabang Batam dalam kegiatan operasi bakti yang dilakukan di sejulah pulau di Batam seperti Pulau Pecong, Pulau Akar, Pulau Belakang Padang, Pulau Bertam

KSR PMI pun rutin menjadi relawan pengumpulan sumbangan untuk korban bencana, seperti pengumpulan sumbangan untuk korban tsunami Aceh – Nias, korban gempa di Jogyakarta dan Sumatra Barat hingga korban banjir yang pernah terjadi di Indonesia Timur. Sumbangan tersebut dikumpulkan melalui CSR PT BIC dan seterusnya diserahkan kepada pihak yang berhak.

Keberadaan KSR PMI Batamindo sangat dibutuhkan di tengah masyarakat. Para relawan melakukan tugas mereka tanpa banyak keluhan. Mereka melakukan tugas kemanusiaan sebagai misi mulia.

Untuk menambah wawasan anggota KSR-PMI, para pengurus dikirim ke Jakarta, Bandung hingga Pekanbaru untuk mengikuti pembekalan tentang pertolongan pertama terhadap kecelakaan. Anggota KSR PMI pun diberi tanggungjawab moral untuk mensosialisasikan bahaya Narkoba, dan HIV AIDS.

KSR – PMI sekali setahun menggelar acara malam renungan AIDS. KSR PMI pun rutin memberikan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan terhadap pekerja se KIB. Nama kegiatannya adalah Fisrt Aid Training

Iklan

7 Komentar (+add yours?)

  1. arifkuto
    Feb 16, 2008 @ 14:11:26

    Salam kenal….
    Salam Kemanusian

    Kenalkan nama saya arif fahyudi dari KSR PMi unand padang… kami informasikan bahwa Forum Komunikasi KSR PMI unit PT Se-Indoensia sudah memiliki website sendiri dengan di http://www.forkomksrpt.org silahkan teman teman untuk mengisi dan mengirimkan tulisanya untuk dimuart dalam website tersebut….
    kami tunguu informasinya

    Balas

  2. marumpa
    Feb 19, 2008 @ 06:51:46

    oke thanks atas informasinya

    Balas

  3. rudi
    Sep 06, 2008 @ 11:17:34

    ksr pmi tetep maju

    Balas

  4. Fifi.Pebrys
    Sep 15, 2008 @ 06:53:29

    bagaimana yach caranya jadi sukarelawan baru ( anggota baru ) karena saya sangat berniat dalam bidang sosial tp saya tidak tahu bagaimana caranya.

    trimakasih

    Fifi.Pebrys

    Balas

  5. marumpa
    Sep 15, 2008 @ 07:24:11

    Dear Fifi. Syarat bergabung di KSR PMI Batamindo dengan mendaftar di sekretariat KSR PMI Dormitory Blok A5 Batamindo . Mengikuti program diklat untuk mengetahui prinsip dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang relawan.

    Setelah mengikuti rangkaian diklat, anggota baru selanjutnya akan dikukuhkan dan diterima sebagai relawan baru. Salam

    Balas

  6. rudiana
    Jan 14, 2009 @ 01:09:19

    pak kapan ksr pmi batam datang ke bandung? kami tunggu kedatangannya. krna dulu rudy juga dari ksr pmi batam muka kuning

    Balas

  7. rudy
    Jan 17, 2009 @ 12:50:06

    untuk ksr pmi angktn 17 tolong rasa kebersamaannya lebih d tingkatkan….soalnya ksr kita klo udah bubar susah untuk d satuinnya,ada yg plng kmpng kebanyakannya jd ”KEEP YOUR MISSION FOR KSR_PMI UNIT KIB…
    dari Rudy_pmi@yahoo Angktn 15.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: