Jangan Takut Berbahasa Inggris

Memasuki tahun 2008. Unit Kegiatan Siaga yudha English Conversation Club membuat satu program andalan namanya Public Speaking. Tujuan program ini adalah memberi kesempatan kepada seluruh anggota SYEC2 untuk tampil percaya diri memberikan presentasi, ceramah, berpidato dalam Bahasa Inggris.

 

Kegiatan ini telah berlangsung sebanyak 3 kali. Awalnya dilakukan pada Desember 2007 lalu dan diteruskan pada Minggu pertam setiap bulan. Peserta yang tampil dilatih menggunakan alat bantu pelatihan. Tema yang disampaikan oleh peserta sangat beragam.

 

Sejak pertama kali dilaksanakan. Minat anggota SYEC2 cukup besar. Kegiatan public speaking sebetulnya mengadopsi program toastmaster. Intinya adalah anggota SYEC2 berani tampil berbica dalam Bahasa Inggris. Hasil yang diperoleh lumayan bagus. Beberapa peserta yang awalnya tidak punya keberanaian setelah rutin mengikuti program di Syec2 memperlihatkan kemajuan. Prinsip yang ditanamkan di Syec2 adalah praktek berbicara Bahasa Inggris.

 

Umumnya anggota SYEC2 sudah pernah mengikuti kursus bahasa Inggris dan sudah punya dasar Grmammer Bahasa Inggris saat duduk di bngsu SMP dan SMA. Namun lingkungan tidak memotivasi mereka mempraktekkan keahlihan bahasa Inggris sehingga yang terjadi adalah malu bicara bahsa Inggris di depan Umum. Lingkungan yang tidak mendukung ini akhirnya melahirkan mental bloking.

 

Karena itu program di SYEC2 menomorsatukan keberanian untuk mempratekkan Bahasa Inggris. Alhamdidillah anak-anak Syec2 dapat nyambung kalau diajak berkomunikasi dengan native speaker.

 

Pada tanggal 10 Februari 2008 lalu misalnya SYEC2 menghadirkan seorang Native Speaker asal negeri Paman Sam. Namanya adalah Mr. Bob yang kebetulan bekerja di Perusahaan Eaton. Mr. Bob tampil sebagai pembicara sekaligus memandu game dalam Bahasa Inggris. Acara digelar di Game Room Community Center Kawasan Industri Batamindo.

 

Anggota Syec2 yang mengikuti acara ini sangat menikmati. Mereka mengharap Mr. Bob datang kembali ke SYEC2 dalam acara –acara diskusi. Thanks a lot Mr Bob Siaga yudha English Conversation Club always wait for you. Thanks you for your contribution.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: