Kamdefit UNHAS

Kamdefit adalah kelompok belajar yang terbentuk pada tahun 1988 lalu. Anggotanya adalah Mahasiswa Komunikasi Fakultas Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin.

Kamdefit adalah Kawula Muda Kreatif dan Inisiatif. Dulu anggota Kamdefit sangat kompak. Mulai dari pembentukan kelompok belajar hingga wisuda. Hanya saja ketika anggotanya sudah berpencar ke seluruh penjuru Nusantara. Komunikasi terputus.

Kalau ada yang membaca tulisan ini yang punya jaringan ke mahasiswa Komunikasi UNHAS angkatan 1988 mohon bantuan. Untuk teman-teman saya dulu Ada  Achang, Bastian, Firman, Ruslan, Ilham, Yuyu, Bambang, Nursang, Nina Yusmanisar, Abdi Satria

Saat ini saya hanya bertemu Nandi Kuswandi. Kebetulan kami sama-sama bekerja di Pulau Batam. Salam Komunikasi Angkatan 88 UNHAS.

Foto ini adalah foto terbaru dari kamdefit  gank : Ilham, Tian, Achank

223 Komentar (+add yours?)

  1. EnKa
    Mar 13, 2008 @ 02:26:15

    Salam Kamdefit !

    Skedar info nih.. beberapa waktu lalu saya sempet ketemu bbrp kawan ex “88 Fisip-UNHAS di Batam: Jhony ex. HI – “88, Andi Erniati ex. Kosmik-’88.

    Trus swakrtu di Jkt juga s4 connect via e-mail ama Afdal ex.89. Nah yang terakhir ini katanya dia gabung di Habibie Ctr. Mnurutnya beberapa ex, Kosmik UNHAS ’88 ada di Jkt. Trus ktnya jg ada kumpulan ex. Komunikasi UH di Jkt yang dibina Bp. H. Anwar Arifin & dikomandoi ama bang Gener. Tapi swaktu sy hub. email add-nya; gak bisa-bisa. Ihwal perkembangannya “group” ini wah gak ada info tuh, termasuk siapa aja yang ada di dalam & apa aja yang dikerjain.

    Nanggapin ajakan siempunya blog ini, tu ada baiknya juga. Ya itung-itung nerusin main & kumpul-kumpul bareng, apalagi kalo ada tujuan & hasil yang jelas., wah mantep banget… Trus dari nama-nama yang dah disebutin saya masih teringat satu nama yang sangat dekat dengan Kamdefit : Mr. Ostaf Al-Mustafa. Dia ni orangnya yentrik, seneng humor dan asyik. Kartun-kartunnya cukup menarik & menggelitik. Oh ya masing sering ke Gym ga ya… ?

    Demikian skilas info kali ini, untuk kritik dan saran silahkan alamatkan ke yang punya blog. Sgala materi, isi dan lain-lain dari tulisan ini di luar tanggung jawab penulis.

    Salam hangat
    NK

    Balas

  2. marumpa
    Mar 13, 2008 @ 03:24:36

    NK, Hm. Aku baru ingat sama Ostaf . Dia memang gila tapi cerdas. Saking cerdasnya tak bisa bedain dengan gila. He he.

    Aku juga ingat kembali Bang Gener senior kita dulu yang suka Fotografi dan Film dan akhirnya memoriku jadi berkembang ke bang Julkarnaen anak jurnalistik UNHAS angkatan 87.

    Oh ya bagaimana kabarnya Bang Akbar, dulu ia sebagai ketua Himpunan Ilmu Komunikasi.

    Meski berpisah, kami (Rusli dan Nandi ) yang di Batam terus memonitor perkembangan teman-teman. Kali aja ada yang study banding ke Batam, sudi mampir ke pondok kami.

    Bagi rekan-rekan Jurnalistik UNHAS angkatan 1988 yang suka netter. jangan lupa kami yang di sebrang. Salam komunikasi.

    Balas

  3. EnKa
    Mar 17, 2008 @ 07:12:02

    Iseng cari2, ketemu juga blognya “Ostaf Al mUstafa” dengan rangkaian Manuskriptnya. Rupanaya bener tuh, dia gak pernah lepas dari plesetannya..

    Balas

  4. marumpa
    Mar 17, 2008 @ 07:33:42

    Apa nama blognya. Ostaf Al mUstafa ya. Alhamdudillah kalau benar dia. Kita sambung kembali tali silaturahmi yang 18 tahun tidak terjalin. Hello Ostaf how are you now. Salam dari Batam.

    Balas

  5. ChankS
    Apr 04, 2008 @ 07:50:18

    Brother’s…….., I’m coming! KAMDEFIT ’88 never die…..
    Chanks “KDF – 7”

    Balas

  6. ChankS
    Apr 04, 2008 @ 08:02:48

    Just info brother’s……, minggu lalu eNKus juga sudah “datang…”.
    15 tahun kurang lebih tidak ada kontak, mungkin sudah saatnya kita gagas lagi ide lama bro; REUNI!
    Ilham “the cool” – Tiank “the rock”, Firman “the bankeers & me… Chanks “the acktor”…., kita masih sering kontak dan kumpul2…, meski ketemunya setahun sekali bro….., MUDIK LEBARAN.
    Kebetulan, saya dan Firman domisili & kerja di BATAM eeeh Jakarta… Tiank di Pontianak…., Ilham Makassar.
    Salam KDF….
    “C”

    Balas

  7. ChankS
    Apr 04, 2008 @ 09:31:26

    Tman angk.88 lain di JKT, B.Sukmawijaya & A.Satria (GO).
    Oh yah memang betul di Jakarta, kita-kita dulu sempat merintis terbentuknya KKU (Keluarga Komunikasi Unhas) Jakarta, waktu itu masih sering ngadain pertemuan sekadar untuk silaturahim…. milisnya kku_jakarta@yahoogroups.com!
    Data pasti anggotanya sekarang saya juga kurang ngerti!
    Ada lagi milis lain; Kosmik_Uh@Yahoogroups.com, atau coba search di Friendster.
    Titip salam buat semua teman di BATAM………..
    Oh yah minta emailnya donks!
    Email saya, Chanks@post.com atau Chanksworkshop2001@Yahoo.com
    “Ok, sampai ketemu & salam sukses buat smua TETAP SEMANGAT BRAVO KAMDEFIT BRAVO KOMUNIKASI UNHAS……..”

    Balas

  8. marumpa
    Apr 06, 2008 @ 07:42:03

    Alhamdidillah akhirnya ketemu juga. Chank, berkali kali aku kirim email ke alamatmu tapi gagal. Saya dan Nkus sering ngobrol di pujasera kalau lagi break. Tadinya Nkus sudah balik ke Jakarta. Tahun 2007 ia balik lagi ke Batam, jumpa lagi.

    Kesibukan saya mengurus Community untuk Batamindo Industrial Park. Kerjanya tak jauh dari dunia Humas. Kalau dulu banyak mengurus pencitraan, tapi saat ini sudah berkembang ke arah CSR. Mengikuti perkembangan jaman. Tempat Saya bekerja adalah sister company dari PT Batamindo Industrial Cakrawala.

    Chank. Kirim infio ke emailku ya rusli@tunaskaryaindoswasta.com atau rusli_july69@yahoo.com.

    Kapan-kapan kalau main ke Batam singgah ya.

    Salam buat teman-teman, Firman, Bambang, Abdi and so on.

    Balas

  9. ChankS
    Apr 07, 2008 @ 03:08:21

    Feb. lalu kita adain seminar nasional mengenai CSR di Puri Agung…, sayang telat infonya bro!
    Ok, still rock’in man………
    “Chanks”

    Balas

  10. marumpa
    Apr 07, 2008 @ 05:58:19

    kalao ada artikel CSR yang bagus, boleh di sharing ke Batam. By the way what your main activity.

    Balas

  11. ChankS
    Apr 07, 2008 @ 09:12:06

    Aktifitas saya di SAHID; antara lain urusin publikasi & dokumentasi!
    Sidejob; jadi Marketing Spv. CORDOVA….. oh yah ini band eeh vokalisnya asal BATAM loh
    adiknya Andi Liany, di Sing FM dan Zoo FM serta beberapa radio lainnya di Kepri lagu-lagunya sudah ngetop! Coba cek web.nya di http://www.bandcordova.com & review at http://gwmusic.wordpress.com (search CORDOVA), oh yah sekalian please commentnya yah hihihi…. buat nambah2 fans hihihi (sekali lagi).
    SJ#2, Kameramen & fotografer supporting di salah satu EO.
    SJ#3, Tim kreatif di Pandora.com, ini perusahaannya punya MIRA AMELIA (89). Beberapa rekan yang terlibat a.l.; Istambul & Naim. Gegen dulu sempat juga, cuma kini jarang lagi krn tlalu sibuk!

    Balas

  12. marumpa
    Apr 08, 2008 @ 03:27:08

    Chank enak ya, ilmu komunikasi terapannya bisa jalan. Bagi-bagi pengalamannya ya. salam

    Balas

  13. clubchanks
    Apr 08, 2008 @ 07:47:33

    Yaa gitu deh hihihi….!
    Memang motivasi utama sidejob buat nyalurin hobby dulu sekalian belajar, learning by doing! Plusnya yaa nambah uang pulsa hihihi….

    Tipsnya sih coba dan coba lagi sampai yang terbaik! Mis.nya fotografi, dulu kita minim sekali praktek! Mau praktek sendiri, kamera tidak ada hihihi…., walhasil, setiap kali habis foto, saya analisa lagi dimana kekurangannya!
    Oh yah kmarin saya kirim email yg di Yahoo, ada no.HP dari Tiank & Ilham serta email dari Abdi & Firman.

    Balas

  14. marumpa
    Apr 09, 2008 @ 03:39:39

    Chank, terima kasih banyak atas tambahan data teman-teman. Sekarang aku lagi cuti selama dua minggu. So untuk up date informasi, aku main warnet.

    Chank, perlengkapan fotografi punyamu pasti pake alat yang bagus. Good. Dulu sekitar tahun 1997 hingga 1999 pernah ada klub fotografi di Batamindo Industrial Park. Tapi setelah mengadakan workshop fotografi (dulu masih kamera non digital) pesertanya sudah pada habis kontrak. Balik kampung. Kapan-kapan kalo kami mau ngadaian workshop fotografi bisa kan jadi instrukturnya. Ya sekalin jalan-jalan ke Batam. He he.

    Balas

  15. marumpa
    Apr 09, 2008 @ 04:01:17

    chank aku sudah buka email rusli_july69@yahoo.com so far there is no attachment regarding both Firman and Bastian HP number + email address. Kirim lagi aku tunggu. Oke man.

    Balas

  16. ChankS
    Apr 09, 2008 @ 07:13:36

    Wah mau banget tuh hihihi maen ke BATAM! Oh yah kalo era digital semakin mudah bro…. smua juga bisa berkreasi, tinggal melatih feeling aja untuk melihat dan mengambil moment, itu yg membedakan! Saya juga sambil belajar dan terus…….., karena tnyata menyenangkan bro hihihi!
    Alat sih biasa aja…..cuma pake NIKON seri CoolPix S 8 (7.1 MP) praktis bisa dibawa kemana-mana. Ok, jgn lupa kontak keteman2 kita yah….trutama Ilham & Tiank. Firman, no.HPnya ntar saya konfirmasi lagi…. thanks balik!

    Balas

  17. clubchanks
    Apr 10, 2008 @ 06:09:20

    Owey koq blom kirim kabar keteman2? Mreka (Tiank & Ilham pada nunggu..). Ok, ntar aku coba kasi nomor HPnya lagi ke email yg satu yah! Kmarin udah kirim ke Yahoo aja…thanks!

    Balas

  18. marumpa
    Apr 11, 2008 @ 14:14:53

    Chank, aku belum sempat kirim ke Firman dan Tian. Alamat komplit belum terkumul. he he. Iya nih dua hari ini aku melukis di studio dan prepare lomba cipta puisi dan vestifal musik jalanan. Acaranya akan digelar di Panbil Mall. Sabtu dan Minggu. Salam.

    Balas

  19. ostaf al mustafa
    Apr 14, 2008 @ 06:05:05

    Saya kangen sekali dengan semua anggota Kamdefit. Baru sekarang tiba-tiba saja kutemukan kalian di sebuah ‘blogila’. Nandi Kuswandi pernah bertamu di blog-ku, tapi tak sempat kubalas. Aku kangen pada sahabatku, Enkus! Sorry berat sahabatku, tak sempat membalas! Saya sekarang ada di Bontang (KALTIM), jadi ‘humas kontrakan’ selama setahun di Dinas Kesehatan. Ya, kerjanya bikin-bikin buletin seperti waktu masih mahasiswa. Enkus, badanmu di foto sudah gempal sekali. Trus kawan Icchank masih berwajah baby face. Semua kawan-kawan kita seperti Firman, Cullang, Yuyu, Culli, dan Achang juga tak pernah bertemu. Andaikan pernah mereka masuk kampus, aku pasti menemukannya. Entah dimana kawan-kawan terbaik kita sekarang ini. hubungikah juga di 081241094596. Pulsaku sering sowak, jadi kawan berdua yang harus menelponku. Dengan melihat foto sahabat berdua di foto-foto di blog ini, pastilah punya banyak pulsa. Wassalam!

    Balas

  20. ostaf al mustafa
    Apr 14, 2008 @ 06:13:45

    Saya kangen sekali dengan semua anggota Kamdefit. Baru sekarang tiba-tiba saja kutemukan kalian di sebuah ‘blogila’. Nandi Kuswandi pernah bertamu di blog-ku, tapi tak sempat kubalas. Aku kangen pada sahabatku, Enkus! Sorry berat sahabatku, tak sempat membalas! Saya sekarang ada di Bontang (KALTIM), jadi ‘humas kontrakan’ selama setahun di Dinas Kesehatan. Ya, kerjanya bikin-bikin buletin seperti waktu masih mahasiswa. Enkus, badanmu di foto sudah gempal sekali. Trus kawan Icchank masih berwajah baby face. Semua kawan-kawan kita seperti Firman, Bastian, Cullang, Yuyu, Culli, dan Achang juga tak pernah bertemu. Andaikan pernah mereka masuk kampus, aku pasti menemukannya. Entah dimana kawan-kawan terbaik kita sekarang ini. hubungikah juga di 081241094596. Pulsaku sering sowak, jadi kawan berdua yang harus menelponku. Dengan melihat foto sahabat berdua di foto-foto di blog ini, pastilah punya banyak pulsa. Wassalam!

    Balas

  21. marumpa
    Apr 14, 2008 @ 06:31:22

    Hi, Ostaf Al Mustafa. kabar baik dari kami. Akhirnya satu demi satu teman lama kamdefit bisa dihubungi. Alhamdidillah kami di rantau masih mencari jejak langkah member of kamdefit. Perlahan tapi pasti kami sudah dapat datanya. Selamat berkarya brother. Salam.

    Balas

  22. ChankS
    Apr 15, 2008 @ 07:17:08

    Selamat datang brother OSTAF Al “The Real” MUSTAFA….., BRAVO!
    Saya sempat juga berkunjung kebeberapa blog plesetologi Anda…, tnyata masih tetap konsisten dengan ciri khasnya! Salut untuk itu! Waktu itu juga sempat lihat foto…., tnyata smile face nya masih blom hilang hihihi….yaaa begitulah kawan SEMANGAT KEBERSAMAAN laskar KAMDEFIT 88, memang tak pernah luntur…., terus terang saya terharu, bangga & bahagia sekali…., sobat-sobat lama tak pernah lupa! Insya Allah, nanti jadi agenda, kita bikin blog khusus KAMDEFIT; sebagai wadah ekspresi & juga yang lainnya sehingga KITA makin kompak!
    Sekali lagi, thanks & sukses buat Bung “Man Behind The Gank” Ostaf Al Mustafa dan Cully untuk lomba seninya! Ok, Insya Allah nanti saya kontak via phone…., thanks sekali untuk smsnya!
    Salam,
    “Chanks”

    Balas

  23. ChankS
    Apr 15, 2008 @ 07:31:59

    About Mr.Ostaf…, saya ada kenangan waktu kita hiking malam ke tempatnya Tiank di daerah Tombolo, lereng G.Bawakaraeng. Setelah sempat disuguhi nasi kuning dari hajatan oleh salah seorang penduduk yang baik hati, waktu itu KAMDEFIT kru; kalo nngak salah, sobat OSTAF juga ada…., karena baru setengah jalan tiba-tiba ada rekan yang terperosok lubang yang agak dalam yg tak kelihatan saking gelapnya…., maklum waktu itu hanya pake satu senter kecil seadanya! Rupa-rupanya karena saking semangatnya jalan atau mungkin karena kekenyangan makan nasi kuning, jadi lupa untuk jalan pelan-pelan! Untungnya karena sudah terbiasa di KORPALA & fisik yg prima hasil fitness yg kontinyu…, abis jatuh malah makin fun hihihihi….; OSTAF memang teman atau sohib yang selalu bikin semangat & fun! Saya sendiri tak pernah melihat kesusahan di dirinya…, karena enjoy terus hihihi…, ok sampai ketemu bro…. KEEP FIGHT!
    Salam,
    ChankS

    Balas

  24. marumpa
    Apr 16, 2008 @ 06:23:27

    Chank, aku juga jadi ingat saat hiking di lereng Gungung Bawakareang. Memang Ostaf tak ada matinya. Aku jadi ingat dulu saat mengambil mata kuliah Kepemimpinan terus Ostaf bertanya sama pak Dosen. Dosen agak marah dan barangkali tersinggung dengan pertanyaan Ostaf. Ostaf disuruh keluar ruangan. Eh Ostaf santai saja. Ia takpeuli dengan hukuman sang Dosen. ia tetap kuat dengan pendiriannya.

    Chank ide bagus untuk buat blok khusus Kamdefit, biar kita semua bisa menampung tulisan kita di sana. Aku tunggu ya.

    Aku udah kontak Tian. Ia masih seperti yang dulu,kompak. Salam kamdefit.

    Balas

  25. ostaf al mustafa
    Apr 17, 2008 @ 01:44:42

    Chank, segerakan bikin blog Kamdefit. Aku tak pernah lupa sejumlah carik kisah perjalanan ke Tombolo, saat pernikahan kakaknya Tian. Malam itu teramat hitam, senter cuma satu yang nyalanya byar pyet ditambah rasa lapar akibat dingin. perjalan menjadi sedemkian berkura-kura atau lambat, karena terjangan rasa lapar. Bagusnya, masalah lapar itu, tak terlalu menggila. Enak juga masih ada orang baik di malam-malam yang lapar itu, memberi kita nasi kuning. Untung kita tak ketiduran di jalan karena kenyang. Oh ya, pagi tadi via sms kuingatkan Tian pada kisah perjalanan itu. Tak ada bagian satu persenpun dari cerita itu yang kulupa. Semuanya kisah tentang sahabat-sahabat terbaikku di Kamdefit tak pernah kulupa. Beda kalau mata kuliah di kampus, aku sering lupa semua hapalanku, begitu melihat tampang dosen yang despotik dan birokratis. Siapa ya, nama dosen kepemimpinan kita, aku kini juga lupa! Bahkan aku langsung lupa namanya,sesaat aku diperintahkan keluar kelas. Dosen despotik semacam itu, tak pantas untuk diingat hanya menambah padat memori. Kalau dosen despotik diingat-ingat bisa-bisa membuat ‘memory became hung’. HP saja kalau kelebihan data sampah di memori, bisa membuat ‘hung’ dan menolak menerima SMS baru. Data tentang dosen despotik, hanya data sampah pula. Oh ya dimana kawan kita yang juga jago bikin karikatur Ilham Yusuf Yunus? Culli, kuingat juga waktu kau melukis satu wajah perempuan untukku. Masih senang melukis sekarang ini ya. Kau memang berbakat melukis, sahabatku!

    Firman sudah mengontakku, Achang juga dalam bahasa Inggris! Kita khan semua bisa berbahasa Inggris, jadi beberapa komunikasi kita perlu juga ‘sok british’. Sangat tepat momentum adanya ‘Marumpa blog’, kalau tidak, aku bisa kecapaian pake semua search engine untuk mencari semua sahabat-sahabat terbaik di Kamdefit. Nach siapa lagi anak Kamdefit yang belum tulis komentar? Nkus! minta mereka masuk di blog ini!

    Balas

  26. ostaf al mustafa
    Apr 17, 2008 @ 02:08:21

    Bagaimana bisa kontak Abdi Satria Aspar Paturusi, sesama penyuka Wiro Sableng Kapak Geni 212. S Sayang sinetronnya, sama sekali tak bagus. Waktu adegan ginkang eh kelihatan taling sling baja. Efeknya benar-benar menyebalkan. Aku tak pernah bisa memahami apa itu enaknya nonton sepakbola, tapi aku pernah menonton sepakbola secara penuh, hanya karena Abdi menjadi komentatornya. Kusenang sekali kalau lihat anak Kosmik ’88. Aku juga tak begitu biasa menyimak tabloid olahraga, emailnya Abdi ada di GO, ya?
    Bambang masih menulis tentang cerita remaja atau penulis sinetron sekarang?. Dulu aku biasa jalan-jalan ke tempat kosnya membaca semua kisah-kisah cinta yang ditulisnya, tapi anehnya aku tak pernah bisa menulis cerita cinta apapun. Kupikir dengan sering membaca kisah-kisah cinta, aku juga bisa nulis, ternyata tidak.Aku memang tak punya fantasi asmara! Aku juga suka melihat-lihat lukisannya Culli, kupikir dengan cara itu bisa juga melukis, ternyata juga tidak. Hanya lukisan abstrak yang ku bisa, sebab hanya dengan membuat kuas meliuk-liuk, gambar abstrak dapat terbentuk. Lukisanku beda tipis dengan lukisan yang dibuat oleh gajah, melalui kuasan belalainya. Lukisan gajah malah jauh lebih bagus dari buatannku. Buat sahabat Culli selamat berpameran lukisan di Batam.

    Balas

  27. ChankS
    Apr 17, 2008 @ 03:09:24

    Abdi Satria@Yahoo.com, now stay at Makassar (koresponden GO).
    Bambang Sukmawijaya (jongaliar@yahoo.com), stay at Jakarta…., kebetulan masih sering ketemu sama diriku! Bams kini berkarir didunia periklanan!
    Oh yah blog KAMDEFIT memang sepertinya asyik juga tuh hihihi….., banyak sekali memory seru, gokil & funtastik untuk dibahas lagi (n kalo perlu dijadiin sinetron hihihi..).
    Ok, see you brother……..

    Balas

  28. ChankS
    Apr 17, 2008 @ 03:52:50

    Satu lagi cerita gokil waktu back to Makassar dari perjalanan ke TOMBOLO! Masih ingat waktu itu kita nebeng truk PU trus mampir & diajak makan siang sama kerabat kakak iparnya si Tiank……..
    Pas lagi makan kita diwawancarai oleh siempunya rumah yang baik hati dan tidak sombong hihihi…, serunya masih dengan muka yang blepotan debu, 2 bidadari putri siempunya rumah mondar-mandir mulu didepan ruang makan…., walhasil konsentrasi jadi pecah hihihi…., antara mau makan, jawab pertanyaan dari calon mertua eeeh siempunya rumah dan curi-curi pandang ke 2 bidadari…….
    Yaaa begitulah dalam kondisi apapun….naluri “berkreasi” anak-anak KAMDEFIT memang tak pernah tumpul hihihihi…, sayang akhirnya tak ada satupun kru yang lolos saringan wawancara dari camer waktu itu hihihi….. (abis pada grogi sih hihihi..).
    Ok, keep fun man!
    ChankS

    Balas

  29. marumpa
    Apr 17, 2008 @ 04:53:49

    Ostaf, lagi suka buat lukisan ya. Great. I have picture and news about picture. I have been wrote on Marumpa’s blog. The title is “Lukisan Produk Anak Dormitory’. In spite busy with working hours. I still keep my hobby. Last 1999 i have conducted painting exhibition. I still going on making oil painting at BVAC studio. BIVAC is Batamindo Visual Art Community.

    I happy due to you still remember to face painting based on your order. Whereas i already forget. Thanks brother your memory is fight. By the way what kind of bulletin or magazine yours. Do you make Magazine under public relation, or Corporate social responsibility.

    Brother i feel you have strong ability on Corporate Social responsibility. Do you have information regarding CSR in Bontang. Today most company world wide implementing CSR. Ok, Brother you are the best. Regard.

    Balas

  30. marumpa
    Apr 17, 2008 @ 05:01:58

    Chank, memoriku kini tergiring ke waktu break kuliah. Nunggu waktu kuliah kita istrahat di your private room. Ada Tian, Nkus, Firman, Ilham, Ruslan, kerjanya baca majalah sambil dengarin musik. Pas jam istrahat kita patungan beli nasi di warung tetangga di Perumahan Tamalanrea.

    Waktu menunggu kuliah memang menyebalkan. Untungnya kamu siap menampung anak-nakak kamdefit yang stengah sekarat. he he.

    Terus waktu kita diospek dulu sama senior. Selama satu minggu, Cape deh. Eh tahun berikutnya gantian kita yang ospek anak baru. Padahal tujuan ikut panitia ospek bukan karena mau mebekali materi pengembangan diri pada anak baru. Karena pingin tebar pesona pada mahasiswi baru. Nah lho. Ketahuan. Hi hi lagi ah.

    Balas

  31. marumpa
    Apr 17, 2008 @ 05:07:58

    Chank titip info pada Bambang SW ya. Aku tertarik belajar dunia periklanan. Ada referensi nggak buat kami di Batam. Periklanan di Batam tidak semaju di Jakarta. Siapa tahu ilmunya bisa dikembangkan di Batam.

    Oh ya Bams aku dulu menjadikan dirimu sebagai motivator dalam pembuatan cerita remaja. Di Batam aku bergabung dengan FLP (Forum Lingkar Pena). Salah satu penulis nasional yang pernah jadi ketua FLP Kepri adalah Nurul Huda. Ia rajin membantu karyawan di Batamindo Industrial Park dalam acara BATRE (Basic Training and Writer).

    Balas

  32. ostaf al mustafa
    Apr 18, 2008 @ 01:39:32

    For Marumpa. Now I am publishing a bulletin under public relation of Health Department. That is Media Husada bulletin. In Bontang, there are many companies who acted Corporate Social Responsibility. They build market, Puskesmas, traffick light and many more. I still didn’t know much about their program in CPR. Actually, what is academic definition of CPR? By the way, how could you always keeping your hobby in ‘jam session of u’r office’? In another time, I will tell u more about the activity of CPR. In Bontang there were PKT (Pupuk Kalimatan Timur), Indomynco (the PR of this company come from Unhas, but I don’t who is he), PAMA, Badak NGL and etcetera.

    Andai masa lalu bisa dibalik, maka siapakah yang akan terpilih di antara kita semua? Camer yang baik hati dengan dua putrinya manisnya itu, mungkin bingung ya dengan pilihannya? Soalnya semua hasil ‘interview with vampires’, berlangsung baik dan jawaban kita semua per individu cukup berkualitas.

    Back to painting exhibition, how can I see the painting and read the news about itu? Could u presenting it in this blog?

    Balas

  33. clubchanks
    Apr 18, 2008 @ 02:29:58

    Hihihi….kalo ingat jaman awal kuliah dulu memang seru habis! Sering juga khan, kita transit di padepokan “gokilnya” Ostaf (Man behind the gank) hihihi…, waktu itu biasanya cari makan murah di WarSan alias Warung Santai…, lama-lama sempat jadi tongkrongan alternatif juga ketika itu…untungnya Ostaf tak pernah capek menerima kita-kita yang kadang suka lupa diri dan lupa waktu hihihi……, malah dengan happynya Ostaf menjamu kita! Thanks friend untuk itu……
    Balik ke cerita 2 bidadari; Saya setuju, mungkin waktu itu Bapaknya bingung! Bukan bingung nentuin pilihan tp bingung koq bisa yah ada makhluk seperti kita hihihihihi……..mo dibilang mahasiswa tampang kumel, mo dibilang pencinta alam wajah coverboy semua hihihi….
    Oh iya, saya baru tau; ternyata Ostaf pernah memberi eeh diberikan lukisan cewek dari Cully…., penasaran juga ceweknya mirip siapa yah hihihi!
    Ostaf, can you explain to me hihihi….????
    For Cully; Setau saya, Bams punya banyak blog yang berhubungan dengan pekerjaannya..coba kontak ke jongaliar@yahoo.com, gimana hasil kontaknya dengan Ilham & firman & Tian????

    Balas

  34. eNKa
    Apr 19, 2008 @ 06:11:45

    Halo.. ha… lo….

    Finally we’re together again…
    kayak2nya nih.. cuma gw yang kluar jalur “olah padepokan”.

    Eh, hari ini, 19-04-08 gw ada sms dari Firman & Tian..
    Ama Tian gw s4 chat sbentar, abis jauh jebol juga pulsa ana…Kalimantan – Batam bro…

    Dari suaranya, wah masih ngejreng dia… maklum “the rock” tea…

    Mr. Ostaf wah .. makin jauh aja nih… Timur – Barat. Tapi gw yakin kalau karaeng kita nih sukses ngemban amanah…
    Taf.. saya inget betul 2 peristiwa tentang Ostaf : 1. Waktu kita foto bareng di “Air terjun Tombolo” , Ostaf tampak telanjang dada dengan “Body Olahannya” & Chank hanya pake “Clana Pendek”, kayaknya saya masih simpen foto itu tapi begitu dicari…. blom ktemu juga.
    2nd thing is when you jumped from the running bus di Daya sana, waktu itu kita dari mana ya…? dia jatuh tau…tapi you hebat man… aku lian ‘ndiri gak ada cidera & langsung lari lagi… he.. he…

    ya… ini kan skedar crita kenangan, buat nginget kembali dulu2nya kita bersama.. ya-gak ?!

    Eh, foto2 kita dulu ada juga tuh, tar deh gw sebar. ato bisaki liat itu fofo2 ta dulu di halaman friensterku…

    B’Rgrds
    NK

    Balas

  35. eNKa
    Apr 19, 2008 @ 06:19:56

    Chank.. ngomong2 KKU Jakarta kayaknya aku pernah “ngetok pintu”, tapi gak ada jawaban, jadi masuk aja nggak tuh..?
    Dapet addrnya dari anak 89 yang di Habiebie Ctr, trus gw tanya keberadaan kalian eh dia gak jawab. Mungkin kalo waktu itu dia ada kasih data, kita bisa Copy Delta correct.. ?!

    Tapi begitulah nasib, manusia cuma bisa menjalani dengan sedikit upaya…
    ternyata di saat ini kita baru bisa basuo…

    Kalao ada proy di Btm contact kita-lah… biar gw gak dijalur “padepokan” tapi gw masih inget kok apa tu komunikasi, apa tu humas… hi..hi.. ajarin donk..

    bye NK

    Balas

  36. clubchanks
    Apr 21, 2008 @ 04:22:13

    Oh yah buat Ostaf en yg laen; boleh cek foto2 nostagokil dulu di http://www.friendster.com/kamdefit atau http://www.friendster.com/chanks (tidak perlu login di friendster dulu…., tinggal klik aja!).
    Buat Nandi eeh Nkus, KKU_Jakarta kayaknya memang dibilang ada tapi yaa gitu deh hihihi…jarang-jarang kopdar lagi! Paling saya, Mira, Istambul, Gegen & Yusran en Naim yg sesekali kontak….., karena kebetulan ada sidejob EO dengan klien seorg motivator utk kelola training di perush. internal & juga menyusul publik!
    Ok, coba kirim email ke kosmik_uh@yahoogroups.com (ini milis anak komunikasi yg tidak dibatasi regional) atau bisa juga ntar saya infoin alamat emailmu jadi biar moderatornya yg kontak…., send yout email to chanks@post.com
    About foto; oh yah memory saya ingat….. , foto yg dipinggir air terjun itu hihihi….., dulu kayaknya pernah punya, cuman mungkin diembat sama Firman hihihi….! Waktu itu Ostaf berdiri ditengah khan dengan gaya binarangka eeh binagara eeh binamarga eeh binaraga, trus saya didepan (seperti biasa naluri seorang model), en yg lain dikiri-kanan! Waktu itu, kalo nngak salah pas abis mandi en tereeaaakkk-tereaaakkk kita hampir diterjang longsor yah????!!!!! Ingat nngak sandalnya Nursang yang kehimpit batu segede Bajaj??? Waktu itu, kita tak sadar kalo batu-batu longsor menuju kebawah…., tiba-tiba Nursang tereak lari-lari…, spontan dan refleks kita semua lari…., selang kira-kira 5 menit barulah batu segede bajaj itu nyampe kejalan setapak yg tadi kita lewati dan sempat kena sandalnya Tian kalo nngak salah…..
    Sungguh luar biasa…, pengalaman yg tak mungkin terlupakan; “NYARIS TERTIMPA LONGSOR”. Alhamdulillah Allah Swt masih menyayangi kita dan memberi peringatan! Hikmah yg diperoleh dari kejadian ini (versi saya); “JANGAN TEREAK-TEREAK SEMBARANGAN DI TENGAH ALAM YG KITA DATANGI”, (bisa saja alam raya terusik en akhirnya memberi peringatan…, okey mungkin OSTAF bisa menjelaskan perihal ini sebagai pakar AlamuloGIE).
    Terakhir buat Nandi eeh Nkus…. ntuk berkarya itu tak mesti sesuai jalur bro…., sohib kita Ilham yang skill & pengalaman komunikasi cukup komplit…, sampai kini masih enjoy sebagai AUDITOR HANDAL di kota Daeng! Saya dengar Ilham, akan comeback to Jungle…. bukan begitu bro Ilham hihihi….

    Balas

  37. eNKa
    Apr 21, 2008 @ 09:00:43

    yup…

    Foto kita di air terjun dah ada tuh…
    Hebat ya…. pada culuun….
    ha..ha..

    Balas

  38. eNKa
    Apr 22, 2008 @ 01:30:17

    Chank .. lo ada baeknya kasih info kita2 apa aja yang biasa kalian kasih service ke klien. Kali aja iseng2 ngobrol di warung kopi ktemu orang iseng minta layanan …. ya sapa tau … namanya kesandung kadang kebanyakan kita gak liatnya kan.. tapi harus ksandung yang bagus toh..

    Balas

  39. marumpa
    Apr 22, 2008 @ 05:16:35

    Iya nih Chank benar kata enka, Bisa jadi Batam bisa digarap untuk pengembangan bisnis (komunikasi terapan). Kami siap jadi tenaga pendukung. kayaknya kami sudah terlalu jauh mengurus pekerjaan diluar back graound pendidikan kita.

    Buat Ostaf mana komentar segarnya lagi. Pasti sibuk buat bulletin perusahaan ya.

    Buat ilham nulis juga dong di kamdefit Unhas. Juga Tian. Aku tunggu komentarnya.

    Balas

  40. clubchanks
    Apr 22, 2008 @ 06:48:29

    For Cully & Nandi eeh Nkus….., saya akan pikirkan segera langkah selanjutnya sesuai arahan Anda, tunggu saja kabarnya!
    Oh yah klo berminat undang trainer saya ke BATAM bisa juga tuh…., langkah awal kita sounding dulu. seperti apa program yang akan disajikan…, lebih gampang kalau kita main di internal atau inhouse training dulu…, misalnya, Divisi SDM perush.nya Cully dst.nya.Infonya en proposalnya ntar via email dulu, kalau mau! Jadi Cully yg bantu ngurus ke internal perusahaan untuk bisa deal, Nandi eeh Nkus yg bantu ngurus untuk promo dan segala keperluan penunjang. Saya dan teman2 di Jkt yg siapkan materi dan semuanya menyangkut si trainernya itu…., ok?
    Hanya saja ini example aja bro….., skadar memancing kalian dan juga kita semua, biar ide en gagasan kita keluar, okey???? Tapi, kalo mo difollow up juga silahkan bro….
    Oh yah, Ilham “The cool” dan Tian “The Rock” juga sudah saya instruksikan untuk berkunjung ke blog ini…., karena sesungguhnya pasti banyak juga memory gokil versi mereka yg tentu seru!
    About Ostaf “Maestro Plesetologi” saya tunggu karya gokilnya…., seingat saya jaman kuliah dulu; setiap kali session tanya-jawab…, kita semuanya berdebar dan menunggu kejutan (baca:cerita) apa lagi yg dipaparkan oleh Ostaf…., yg tentu saja tidak semua dosen bisa terima hihihi…….., sampai ada dosen yg panas kuping dan tidak terima statment Ostaf sehingga esmosi dan Ostaf disuruh keluar hihihi……., payah juga dosen koq nngak bisa jadi mitra mahasiswanya…., APA KATA DUNIA?
    Klo bahas tentang OSTAF memang nggak ada habisnya hihihi…..
    Salam,
    Chanks “Cruisher in Voyage”

    Balas

  41. clubchanks
    Apr 22, 2008 @ 06:56:14

    Oh yah buat Nandi eeh Nkus…., saya sudah lihat foto di air terjun yg seru abis hihihi….., foto itu kyaknya salah satu foto masterpiece dari KAMDEFIT yang Gokil (baca Gila) abis hihihi….
    Buat Nkus eeh Nandi, ntar kirim lagi ke emailku chanksworkshop2001@yahoo.com yah bro…., mo gua cetakuntuk dipamer ke keluarga kecilku hihihi…thanks about it….
    nb.
    Foto2 yg lama kalo bisa loe garap semua lagi…, soalnya arsip dokumentasi saya benar-benar ancurr abiss krn tidak tergarap…., okey many thanks for all…
    Salam,
    Chanks

    Balas

  42. marumpa
    Apr 22, 2008 @ 10:23:40

    Ada lagi satu memori yang muncul. Ingat nggak Chank saat mendaki salah satu Gunung di Camba Kabupaten Maros (entah sekarang masih jadi bagian dari Kabupaten Maros atau tidak aku tak tahu. Mudah-mudahan tidak membuat pemekaran). Kita berangkat agak siang dari Mandai. Tiba di Camba sudah sore. Kita nekat naik gunung. Waktu itu yang ikut ada beberapa dari member Kamdefit (Firman, Tian, Nkus).

    Saat di perjalanan, gelap menghadang kita. Kita tak membawa senter. Kita menelusuri jalan desa dengan naluri saja. Saat memasuki hutan pinus. Suara suara aneh muncul dari sekeliling kita. Angin yang cukup keras membuat suara gesekan daun membuat merinding. Apa yang terjadi coba tebak.

    Tak ada yang mau jalan di depan. Juga tak ada yang mau berada di belakang. Takuuuut . Akhirnya dengan perjuangan 45, perjalanan sampai finis juga. Alhamdudillah. Esoknya kita main di air terjun sambil menikmati pemandangan lembah dan sawahnya yang subur.

    Balas

  43. marumpa
    Apr 22, 2008 @ 10:41:16

    Chank kalao hiking ke Pangkep tempat manusia purba buat rumah. Kita waktu itu naik ke salah satu gua di Pangkep yang menggunakan tangga seribu. Ya naiknya juga bikin lutut panas dan serasa mau lepas. Sampai di tujuan (gua) kita hanya mengamati aneka lukisan peninggalan jaman purba.

    Waktu itu kita bermaksud mendaki Gunung tertinggi di Pangkep. Eh entah siapa yang memulai, keraguan muncul di antara pikiran teman-teman. Bisa di tebak. Keputusan rasional memilih balik ke base camp. Malu juga sih katanya mau ekspedisi salah satu gunung tertinggi di Pangkep. So, saat pulang kita tak berani pamer di depan teman-teman malu. hi hi.

    Balas

  44. clubchanks
    Apr 23, 2008 @ 06:58:44

    Ekspedisi to Camba memang paling menegangkan! Waktu itu kita memang telat jalan…., kayaknya karena masih ragu…., ada yg mau jalan ada malas-malasan termasuk saya hihihi…..
    Walhasil dengan semangat setengah2 akhirnya jadi juga kita cabut…, saya masih ingat waktu itu, pas sampai di Camba mampir makan indomie dulu, ini juga yg bikin kita makin kemalaman.
    Nah pas perjalanan……., benar-benar diluar prediksi….., waktu itu sepertinya kita meraba-meraba aja rutenya alias pake feeling semata….., ditengah kegelapan pula! Sempat ada rasa penyesalan dipikiran saya…., kena apa akhirnya jadi ikut diekspedisi ini hihihi….
    Bayangin aja, Cully yg diandalin sebagai penunjuk jalan waktu itu…., kelihatan juga ragu….., gimana nngak bikin tambah stress!!! Saya pikir waktu itu…., kita tinggal tunggu datang subuh aja… biar ketahuan posisi dan arah kita menuju kemana!
    Saya masih terbayang, ditengah kegalauan kita (terutama Firman) sempat saling dorong-dorongan siapa duluan yg didepan dan siapa yg dibelakang. Benar-benar panik dan galau karena sudah separuh perjalanan…., ibarat maju kena mundur kena hihihi…..
    Oh yah suara-suara aneh itu….., saya rasa tidak ada satupun (terutama Firman & juga mungkin Nkus) yang merinding sampai keubun-ubun…., gilee seumur hidup gw baru dengar suara aneh itu…., mana ditengah hutan en tidak ada cahaya pula! Tapi yg jelas tidak ada lagi pilihan; SHOW MUST GO ON….
    Tapi untunglah Alhamdulillah dengan bantuan Allah swt juga perjalanan yang sangat mendebarkan itu akhirnya berakhir dengan HAPPY….., wah saya masih ingat betapa riangnya Cully, saat memastikan rute yg kita lalui tenyata tidak ngelantur….., brother next time better, okey?
    Keesokan harinya, jauh lebih HAPPY lagi…., saat menikmati air terjun pengunungan yg sejuk nan dingin sampai-sampai nyaris (Firman & Nkus) nngak jadi mandi hihihi…..
    Bonus dihari itu; ternyata didepan rumah yg kita tempati nginap…, ada gadis manis yang sempat menganggu konsentrasi berlibur ketika itu hihihi… (ini kayaknya berlaku khusus ntuk Nandi eeh Nkus aja hihihi..). Woah indahya dunia…., whats a life man hihihi…
    Just info bro…..; malam itu sbenarnya gw nngak bisa tidak bisa bobok eeh tidur… apa pasal??? Gw kebayang suara-suara aneh itu man….hihihi…., en juga maasih kebayang terus ketika jumpalitan tunggang-langgang saling menyikut dorong-dorongan jatuh-jatuhan, jadi merinding iya, ketawa juga iya….sungguh benar-benar gokil hihihi….
    Satu lagi yang bikin gw nggak bisa tidur…, ingat nngak; ukuran bantal gulingnya yang gede dan nyaris melebihi tinggi badan kita…., aneh aja hihihi….
    Akhirnya saya yg semula setengah-setengah mo jalan…., malah bersyukur mendapat pengalaman yg mungkin tak akan terulang seumur hidup en nantinya bisa diceritain ke anak cucu….. thanks for Cully sebagai motivator ketika itu en juga sohib yg lain yg kebetulan terlibat dimoment itu…..yup hikmah dari semua itu….., keep fight & enjoy man…….., life is beautifull okey!
    Salam,
    ChankS

    Balas

  45. marumpa
    Apr 23, 2008 @ 07:19:22

    Chanks aku ketawa and geli saat mengingat kejadian itu. Sampai saat ini saya tidak habis pikir. Kok para jagoan Gojukai ‘Takut’. Saat itu kan beberapa anggota kita kan sudah menyandang sabuk coklat Gojukai.

    Balas

  46. eNKa
    Apr 23, 2008 @ 08:59:18

    Chank… ni dikit srius nih..

    My previous company tu punya hotel yang namanya “Nuansa Bali” di Anyer & “Taman Sari” di Sukabumi. Nuansa Bali mungkin lo dah taulah… soalnya beberapa kali dipake t4 shooting film. Nah trus yang di SMI tu ada pabrik “Keju”-nya yang mereka beri nama “GOUDA” yang bisa ditemukan di supermarket2 terdekt di kota anda… huu…(eh tapi beneran lho..)

    Nah mereka juga ada fasilitas Outbond yang cukup luas, alamnya cukup asri & kmaren2 gw sempet juga jagi fasiltator kambuhan di outbond itu. Slaen SMI juga ada yang di Gn. Salak Bogor. Tu deket rumah Firman ternyata, malah sodara gw rupanya sekomplek ama dia tuh…!

    Untuk kalimat di atas terserah anda mananggapinya, will you throw into trash bin kek… terserah aja..

    Lo ngomongin masalah cewek… tau gak gaya culun kamu dulu tu… maunya doang yang gede… braninya kagak ada…! ha… ha….
    Masak dah depan rumah gak brani masuk. Jangankan masuk ketok bell eh pencet bell aja gak brani….hu…..
    Gayanya ngajak kenalan, saut2-an di jalan… eh pas dateng …. citu dia….! ha.. ha..

    Balas

  47. eNKa
    Apr 23, 2008 @ 09:09:22

    Li, gmana tu kata Achank soal bikin perhelatan di pulo kecil ini… kamu ada bayangan gak ..?

    Kmaren ada semacam wacana dari temen HIPI (Himp. Insan Pers Ind.) Wil. Batam mo bikin pelatihan Jurnalistik… nah skarang gw gak tau sampe di mana posisinya.. Tapi kalo ada kemungkinan gw bisa coba lobi mereka… Bahkan kalo perlu beberapa hal yang berkaitan dengan “Mayapada” Jurnalistik kita tawarin, itung2 sbagai langkah awal, ya gak Chank…?

    Sebenernya yang gitu2 kita juga bisa joint sama “Perhumas Batam” yang kbetulan mo “launching diri” tanggal 26 besok… ya maksud gw gak usah buru2, tapi kita dah ada calon kolaborasi geto…!

    Trus yang laen2 t4 kita bisa contact ama beberapa Hotel di sini, kan pak Ali ada di Nagoya Plaza, mo Planet ato Harmony juga bisa…

    Lo coba liat2 apa yang lagi ok nih… soalnya mata gw skarang banyaknya ngeliat Dok kapal ama Rig doang nih… jauh2nya ke alat berat. he.. he..

    Balas

  48. eNKa
    Apr 23, 2008 @ 09:38:31

    Chank e-mail gw donk yang katanya proposal tu… kali aja gw masih ngerti… spa tau bisa daet “pkang tau” kalo dah gw pelototin …

    tq & warmth rgdrs

    Balas

  49. eNKa
    Apr 23, 2008 @ 09:40:13

    Li … detail kamdefit di robah donk… malu ama yang baca masa inisistif. … hu…

    Balas

  50. Bams
    Apr 23, 2008 @ 09:42:11

    halo Ruli… pa kabar? wah tambah gemuk dan makmur aja neh keliatannya… udah punya buntut berapa? bini berapa? selir berapa? hahaha… becanda… it seems Btam makes u happy!

    aktif d FLP? kalo gitu nulis buku aja. Nurul Huda juga dulu sering nulis di Anita. Salam kenal ya.

    Teman2 “Kosmik underground” di bawah bendera gerilya kamdefit rupanya masih tetap eksis ya… gw ingat kita bikin tabloid gerilya dll.. hehe… sampe nginap di kompleks wessabe dengan komandan pasukan berani nyentrik jenderal Ostaf al mustafa 🙂 ke mana kalian semua…

    gimana kalo kita reuni di batam?????

    hahaha… oke, ditunggu kabar-karebanya…

    salam,
    B

    Balas

  51. marumpa
    Apr 23, 2008 @ 10:38:39

    Wah wah makin seru aja. Iya nih Enka, aku baru sadar udah jauh melangkah eh baru koreksi Kamdefit. So aman, tulisannya sudah saya koreksi.

    Balas

  52. marumpa
    Apr 23, 2008 @ 10:52:35

    Bams, akhirnya nyangkut juga di Kamdefit. He he. Bams aku punya satu jagoan. usia 5 tahun. sebentar lagi masuk SD.

    Di Batam aku juga mengelola sebuah Tabloid namanya Etos. Saya sudah 12 tahun menjadi awak redaksi. Temanya tentang Industrial Relation, dunia Kerja, Community Development, CSR.

    Tahun 2007 kita ada rencana mau buat antologi cerpen sama Nurul Huda dan crew FLP Kepri , entah kenapa setelah menjaring peserta pelatihan dalam program Basic Training I dan di follow up dalam pelatihan intensif selama enam bulan. Buku kumpulan cerpen tak jadi juga. beberapa member FLP yang telah dibina pada ending contract.

    Namun begitu semangat berkarya tetap jalan. Kita ada sekertariat FLP di Batamindo yang siap menjadi ajang berkreasi. Program rutinya adalah bedah buku, bedah sarta, sharing penulisan hingga pelatihan penulisan. Di Batam stok trainer untukpenulis masih langka. Biasanya kita ambil dari redaksi koran lokal.

    Dalam waktu dekat teman-teman di FLP Batamindo akan mengadakan wokshop penulisan lagi, eventnya digabung dengan kegiatan pameran buku. Mungkin teman-teman akan mendatangkan penulis dari Jakarta tapi sebulm siapa namanya.

    Oh ya Bams aku sering berkoordinasi tentang penulisan dengan Kadjat Adrai, beliau adalah penulis senior. kenal kan Bams? saya memanggil dia Babe.

    Bams aku setuju kita mengadakan reuni di Batam. Kapan pun itu kita tunggu. Sekalian teman-teman yang di Makassar kita ajak gabung.

    Balas

  53. eNKa
    Apr 24, 2008 @ 06:13:16

    Bams… masa bilang Ru-Li.. tu klo di batam dah banyak yang digusur… meski sampe skarang masih aja betebaran di sisi2 bahkan ada yang mencapai sisi kota…

    Dulu… entah kapan (tapi rasanya waktu itu ana sudah di sini) untuk dapet lahan sepetak rumah sih gak sulit2 banget. Dah gitu dulu lagi nih.. kalo kena tarik ada lahan gantian cuma t4-nya lebih dipinggirkan, tapi masih manusiawilah. Jadi gak cuman uang paku doang… Sampe2 ada yang jadiin lahan usaha tuh… matok dimana-mana, ato titip-titipan sgala. Tapi meski bgitu gak ayal ada juga riak2 kecil waktu penggusuran.. ya namanya juga penggerusan … begitulah ceritanya gak akan jauh beda dimana juga..

    Balas

  54. marumpa
    Apr 25, 2008 @ 11:09:55

    Oe, Ostaf kemana aja. Teman-teman pada menunggu komentarnya. Ada yang mau buat reuni di Batam. Setuju nggak.

    Balas

  55. eNKa
    Apr 26, 2008 @ 05:49:48

    Li, kamu kan lagi getol2-nya ama CSR (Community Social Responsibility) yah..?
    nah trus gimana dengan kasus penggusuran yang skarang lagi terjadi di Batam ni..?!
    Ini aku minta tanggapan bebas ama “penganjur CSR” nih.. soalnya kalo baca di koran “today” ada anak yang ikut ujian tapi pikirannya dibayangin ama kisah penggusuran yang dialami keluarganya … ?! Moujian gak bisa belajar karena bukunya juga ikut kegusur…

    Balas

  56. ostaf al mustafa
    Apr 28, 2008 @ 07:41:53

    Bam gimana kabar sore ini? Kupikir sekarang sudah menulis cerita di sinetron dalam lakon-lakon asmara sebagaimana dulu di Anita Cemerlang. Dulu aku tak amat suka dengan cerita-cerita di Anita Cemerlang, cuma karena kau menulis disana, maka aku sering membacanya. Apalagi kamu memang permisif untuk meminjamkan majalah itu untuk dibaca saat bertamu. Mengapa kini ke periklanan? Sekarang sedang boom sinetron remaja, khan Bam sangat mumpuni dalam kisah-kisah semacam itu? Oh ya, ada tidak sinetron yang bagus ditonton untuk orang yang masih ‘no woman no cry’ (jomblo) sepertiku. Tak ada satupun sinetron yang pernah kunonton! Ceritanya sama sekali tidak bergizi!

    Reuni di Batam, kejauhan dari Bontang Kaltim. Tetangga terdekatku cuma Bastian, yang sering salami aku via SMS dari Balikpapan. Untuk sementara kita reuni virtual dulu, mengenang beberapa nostalgia satu sama lainnya via blog ini. Kawan Cully, aku selalu setia mengikuti isi Marumpa’s Blog. Pokoknya, kalau aku kebetulan sedang cerdas, pasti kuberi komentar. Sayang, kecerdasanku hanya muncul sesekali! Oh, Ilham sudah kuberitahu adanya blog ini, mengapa ya belum berkunjung? Mungkin sibuk dengan masalah auditingnya. Untuk Chank! Kiriman humor, “Haram menikah dengan teman sekantor” benar-benar lucu. Kupikir mulanya, itu hal serius dari MUI, untungnya tidak! Setelah menerima email itu, aku hampir saja membatalkan menikah dengan teman sekantor! Kalau kuundang, kalian semua mau datang ke Bontang ya?

    Balas

  57. ostaf al mustafa
    Apr 28, 2008 @ 08:04:28

    Chanks, sudah kubertamu ke friendsterd-mu. Kapan-kapan aku beri komentar, kalau kebetulan lagi cerdas. Jam cerdasku tak menentu, namun jam goblog-ku, di blog mana saja bisa setiap waktu! Bagus juga foto-fota lama bisa diselamatkan melalui friendster kamdefit. Foto-foto bisa berkata jauh lebih banyak daripada semua komentar-komentar kita. Jadi perbanyaklah membaca foto yang belum diolesi huruf-huruf!

    Balas

  58. marumpa
    Apr 28, 2008 @ 10:55:11

    Dear NK, masalah penggusuran. Dari sisi manusiawi memang saya tidak setuju ada penggusuran. Apalagi penggusuran yang tidak diikuti dengan solusi. Tapi kalau bicara hukum, ya tak pantas seseorang, siapapun di muka bumi ini menduduki wilayah yang bukan hak miliknya (sesuai dengan bukti undang-undang seperti sertifikat tanah).

    Yap, butuh kerja keras untuk menyelesaikan solusi tersebut. Mari kita cari solusinya. Saat ini saya juga belum punya konsep CSR mengenai warga yang tinggal di ruli khususnya dalam hal kepemilikan lahan. Kalau pemberdayaan yang lain sih sudah jalan seperti konsep 3 R sampah (reduce, reuse, recycle).

    Untuk program pendidikan program yang pernah dilakukan masih sebatas charity seperti pemberian beasiswa dan bantuan Alat Tulis dan buku pelajaran.

    Di masa akan datang kita perlahan-lahan mencoba bersinergi dengan lembaga lain untuk memberdayakan SDM warga ruli. Pengembanagn SDM kan tidak mengenal batas wilayah. Tim kita dari komunitas Karang Taruna biasanya membuat program pelatihan.

    Balas

  59. marumpa
    Apr 28, 2008 @ 10:57:55

    Dear Ostaf , aku setuju kita buat reuni virtual. Maju terus pantang mundur. Oh ya, why you still jomblo (no wife no cry). Di KIB ada 22 ribu pekerja. 80 % adalah wanita. If you want…. do not hesitate contact us. he he.

    Balas

  60. marumpa
    Apr 28, 2008 @ 11:02:57

    Teman teman siap menerima tantangan, kalau ada undangan pernikahan dari Bontang. Kita tunggu brother ostaf.

    Balas

  61. clubchanks
    Apr 29, 2008 @ 04:17:40

    Enkus soal penggusuran dibahas di Pujasera aja bro….., oh yah about Ostaf yang masih tetap jomblo……, jangan putus asa bro….., ane yakin 200%masih banyak wanita yang siap untuk langsung dilamar sebagai istri….(masa yang tua aja bisa sampai 4 kali khan itu salah satu faktanya!).
    Ok, keep fun en tunggu aja SEMUANYA ITU AKAN DATANG!
    Hanya saja waktunya itu kapan ITU MASALAHNYA BRO…. (sama aja berarti hihihi…soory man it’s intermezzo).
    Oh yah balik lagi ntuk si macan kampus Enkus; soal saya dulu kalau ketemu cewek yg ditaksir suka grogi…. yaaa itu juga karena loe juga bro yg bikin gua gitu hihihi…., contohnya waktu itu gua baru mo nembak loe malah cari perhatian dengan minta duit (kalo dulu dokat) untuk beli pisgor buta ganjel perut….., yg ada khan nngak bisa fokus hihihi…..
    Asal tau aja (maaf bagi yg sudah tau); jaman kuliah dulu, banyakan yg naksir gua bro daripada gua yg naksir hihihi…., sebaliknya dengan Firman, Ostaf, Bams, Rusly, Ilham, Tiank. Sahman tidak termasuk tauwa karena kemarin baru dia balas emailku hihihi…
    Salam,
    Chanks

    Balas

  62. marumpa
    Apr 29, 2008 @ 04:53:47

    Chank, yang naksir siapa ya!… Enak ekonomi atau anak Hukum. Saya agak lupa orangnya. Setahu saya dulu teman satu jurusan ada juga yang suka kejar-kejar dirimu namanya aku lupa (ia dekat sama Nina Yusmanizar). Terus ingat nggak chank sama anak Humas angkatan 1990 yang ikut main sinetron lokal dulu. Dari teman-teman Kosmik yang berusaha menebar pesona ke dia (anak itu tinggal di Wessabe) tak satu dari gank Kosmik yang nyantol.

    Oh ya Sahman, ramaikan dong komentar kita. Aku ingat Sahman, ingat buku-bukunya. Ketika itu yang paling rajin beli buku baru dan bagus biasanya sahman. Semoga sekarang hobinya tidak berhenti. Salam buat brother Sahman.

    Balas

  63. marumpa
    Apr 29, 2008 @ 04:58:35

    Brother ostaf, ada pantun di Batam yang terkenal. Ikan sepat ikan gabus makin cepat makin bagus. Maksudnya… itu lho brother. Nikah itu ibadah (ceile) Jadi … ikan sepat ikan gabus ajalah…… he he.

    Balas

  64. marumpa
    Apr 29, 2008 @ 05:01:22

    Brother Achank, beberapa anggota gank Kamdefit and Kosmik udah memasuki usia 40 tahun. Kata orang tua, usia 40 an biasanya mendekati puber ke dua. Jadi, jaga tuh anak dan bini di rumah. Heit, nanti ada yang naksir lagi lho.

    Balas

  65. eNKa
    Apr 29, 2008 @ 09:53:29

    Li… bukan begitu… Achank itu gak kenal usia 40. Kapan aja dia bisa puber haa..ha.. ya gak Taf..?! iyai mi na tippa…

    Eh gw tanya gerusan dikit srius gak apa. tu kan gak bakal kpanjangan lagee, skedar “makan cabe”….

    Balas

  66. marumpa
    Apr 29, 2008 @ 10:33:25

    Brother Achanks, ah masa iya. Iyo tauwwa awet muda men. Banyak fans kalao perlu sampai kakek-kakek. Preeeet.

    Balas

  67. marumpa
    Apr 30, 2008 @ 03:23:53

    Brother Ostaf Al Mustafa, NK, Bams, Achank, Firman, Tian, Nursang, Ilham, Nina Yusmanizar, Abdi Satria, Ruslan, Zulkarnaen, Etc. Besok adalah peringatan May Day. Ya selamat memaknai hari buruh dan selamat berlibur saja bagi yang tidak memaknai hari buruh.

    Balas

  68. eNKa
    Apr 30, 2008 @ 04:09:52

    Ngomong2 hari buruh…
    Jadi semua harus serba cepat sebab semua seba di”buru-buru”, kalo gak buru2 bisa beri2 kena semprot majikan…

    Balas

  69. Sahman AT
    Mei 02, 2008 @ 11:43:51

    Masuk dan membaca komentar teman2, rasanya saya kembali berada di kampus waktu kuliah dulu. Kalo sekiranya ada yang bisa atur acara reuni saya kira cukup bagus.

    Balas

  70. marumpa
    Mei 03, 2008 @ 13:13:52

    Brother Sahman. Selamat datang di Komunitas kamdefit lagi. Senang bisa bertukar pengalaman. Pasti sangat sibuk sekarang ya kelola perusahaan di Makasaar. Alhamdudillah kita bisa berkumpul kembali dalam persaudaraan Kosmik 88 meski dalam dunia virtual. Tak apa. Yang penting silaturahmi tidak putus hingga anak dan cucu. Amin…

    Balas

  71. Sahman AT
    Mei 04, 2008 @ 12:16:40

    Asalamu alaikum wr. wb.
    Sekarang saya sedang tidak di makassar, sejak 1 September 2007 saya ke Miyazaki, salah satu Prefecture di kepulauan Kyuushu, Japan. Istri sedang kuliah disini (Univ. Miyazaki).
    Saya juga sangat senang bisa bertemu kembali dengan teman-teman semasa kuliah, walau hanya di dunia maya.
    Saya sempat 2 kali ke Batam dan P Bintan tahun 2005 dan 2006 termasuk sewaktu bersama rombongan Rektor UH dan Bank BTN main golf, waktu itu Prof. Mappa Nasrun dan Prof. Hafid Cangara juga ada.
    Sekiranya saya tau Culli dan N’Kus ada disana tentu saya berusaha untuk menemui Anda berdua. Tapi waktu itu saya ketemu dengan suaminya A. Erni karena dia kerja di bank BTN Batam, dan merekalah yang mengorganisir perjalanan pada saat itu.
    N’Kus, foto kita bertiga dengan Ida Indrawati Rahim membuat saya teringat waktu ngurus KIFO, tapi saya lupa siapa yang buat foto itu. Setelah foto tersebut saya coba perlihatkan kepada anal saya, Ternyata Shiddiq bisa mengenali kalo itu adalah foto Otoosannya (Ayah).
    Saya juga mau masukkan di friendster saya (dqsat@yahoo.com) bbrp foto wkt msh kuliah dulu, tp sayangnya karena foto tsb tersimpan di Mksr.
    Saya sangat setuju kalo ada teman yang bersedia mendata Alumni Komunikasi atau bahkan Fisip UH. Sebagai data awal, saya sudah punya 1 anak Laki-laki, Usia sekitar 4 tahun (Lahir, Agustus 2003), dan Istri juga 1. Apa ada alumni yang lebih baik? misalnya punya istri lebih dari 1? Ayo….

    Balas

  72. marumpa
    Mei 05, 2008 @ 03:10:45

    Otoosan Sahman, selamat berkarya di Negeri Matahari. Alhamdudillah teman-teman Kosmik and kamdefit bukan jago kandang. Oh ya Otoosan, mumpung tinggal di negeri sakura, yang terkenal dengan beladiri karatenya. Apa tidak mendalami lagi seni beladiri Gojukai disana. Salam hangat Otoosan Sahman.

    Balas

  73. clubchanks
    Mei 05, 2008 @ 06:04:45

    Bro Sahman welcome….., thanks udah berkunjung!
    Klo jagoan saya Alhamdulillah sekarang sudah satu (29 Oktober Insya Allah 5 tahun) dari seorang istri! Tnyata nngak jauh beda juga dengan putrinya Rusly ee Cully…..
    Juts info; Ilham juga sudah eeeh baru satu seingat saya umur sudah setahun lebih (..betul nngak bos Ilham?). Sohib kita yg lain; BASTIAN sementara menantikan kelahiran anak pertamanya (yaa doakan semua semoga lancar…). Doi memang blom lama kawin (baca: Nikah) karena keenakan ngejomblo…
    So far….. tinggal OSTAF (en BAMS) yg belum ada kabar kapan punya anak (lha wong istri aja blom……, pdhal banyak loh cewe2 yg antri hihihi..).
    Back to Mr. bung Sahman…, wah bro satu ini dulu memang cukup akrab dengan KAMDEFIT crew dan boleh dibilang beliau selalu menjadi andalan! Kebetulan saya pernah tugas bareng saat bikin Tabloid dulu….., wawancara dengan owner radio MADAMA.
    Saat penataran P4 waktu mulai kuliah dulu, saya dan Ilham juga pernah jalan bareng nebeng pick up Mitsubishinya jalan-jalan ke Bantimurung. Serunya waktu itu, pas pulang saat di Maros hujan….., walhasil Sahman dengan santainya ngebut pick upnya (menyaingi Ananda Mikola), maksudnya sih biar kita cepat sampai …., masalahnya penumpangnya sempat juga ketar-ketir…. hihihihi!
    Nah , waktu malam akrab semua jurusan angk. 88 di Malino lain lagi ceritanya…., kalo nngak salah bro Sahman ini tergabung juga di “The Ten Gank…” sory ingatan saya tidak terlalu mantab about ini? The Ten Gank ini, terdiri dari 10 orang termasuk jurusan lain yg beikrar di air terjun Malino demi solidaritas dan pertemanan… (sayangnya gank ini tidak berlanjut).
    Mungkin dari sinilah cikal bakal KAMDEFIT lahir……
    Ok, salam,
    Chanks

    Balas

  74. eNKa
    Mei 05, 2008 @ 08:55:20

    Hi Bung Sahman…
    Itulah tampang kita waktu itu…. gak tau tuh Ida dah liat belom fotonya…
    Tu kan kita lagi di dpn Lanal mo nyeberang pake kapal TNI-AL. Nah lo mabok juga kan kena ombak laut & goyangan inulnya kapal AL . ?

    Saya sbenernya masih pengen upload lebih, cuma karena ana ini orangnya nomaden, jadi dokumen2 itu dah ktinggalan sana-sinim, juga selip sana-sini.
    Hanya inilah yang sempet ktemu. Jadi kalo bro2 ada dokumen ya share-lah…

    Soalnya dengan gambar itu juga kita akan terkenang saat-saat di saat itu, yang terjadinya di ci Saat pada waktu airnya saat…

    Balas

  75. san
    Mei 06, 2008 @ 10:09:22

    Ooo, ternyata Pak Marumpa ini alumni Unhas to. Kalau saja saya lebih jeli, harusnya saya sudah tau dari awal hehehe. Saya kok punya firasat bahwa saya pernah bertemu Anda 🙂

    Salam,

    Balas

  76. marumpa
    Mei 06, 2008 @ 10:16:10

    Brother San, thanks telah bergabung di Komunitas Kosmik 88 and Kamdefit UNHAS. Apakah brother ada pengalaman di Kampus merah tersebut. Salam.

    Balas

  77. marumpa
    Mei 06, 2008 @ 10:22:39

    Brother Ostaf, sedang kemana? Lama tak nongol nih. Kapan jam cerdasnya muncul. Kami lagi kangen komentar segarmu brother.

    Balas

  78. San
    Mei 07, 2008 @ 08:08:26

    Satu-satunya pengalaman saya dengan UNHAS barangkali ketika saya sempat nongkron di depan gerbang kampusnya. Waktu itu saya masih SMP 🙂 Maaf bos, saya sudah lancang berkomentar dan melanggar wilayah komunitas kosmik dan kamdefit. Merdeka!

    Balas

  79. marumpa
    Mei 07, 2008 @ 08:42:28

    Brother San. Siapa saja yang memiliki kreatifitas dan berjiwa muda adalah Kamdefit. Jangan kapok membagi pengalaman dengan kami. Sesama perantau asal kota Daeng, tidak ada salahnya bersatu memikirkan yang terbaik buat bangsa. Merdeka Daeng.

    Balas

  80. Bams
    Mei 08, 2008 @ 09:52:16

    Sahman… Ostaf… wah, satu2 gabung meramaikan reuni virtual ini. thx to rusli yg dah mau sediain blog ini…

    Sahman, kalo ngga salah dulu kamu mau masuk bosowa ya. Wah, sekarang udah d jepang… kehidupan kita setelah belasan tahun lewat ternyata benar2 ngga diduga… siapa sangka ini, siapa sangka itu,… tapi yang paling disyukuri karena semua sehat2 ji to?

    juga: punya anak ki semua… hahahaha…. udah bapak2 ni ceritanya…

    tinggal aku ni (ostaf juga? hahaha…)… welcome to the club of bujang lapuk!

    tenang, ostaf… kalo ntar kita memasuki mahligai rumah tangga (cieee), kita tidak akan kekurangan guru… di sini banyak tempat berguru, mulai dari urusan ranjang sampai gonjang-ganjing rumah tangga… :))

    jujur aja, sekarang itu aku senang melihat bayi dan anak kecil, apalagi kalau super aktif…aku juga senang baca buku2 bagaimana meng-handle anak dengan baik seperti buku Like Father Like Son, The Good Father, dll. Halo teman2, enak ngga jadi bapak? dari bacaan yang aku baca, kelihatannya enak nih hehehe….

    Doain aku cepet juga ye… tolong kirimin kiat2 menghadapi “dunia baru” pernikhan… ayo…ayo… share sebanyak2nya ilmu dan pengalamannya…

    ohya, ostaf… aku juga kurang doyan nonton sinetron karena adegannya gitu2 aja: mata melotot, dicabik2, ketawa cekikikan… soalnya kalo aku nonton suka mimpi buruk digodain kuntilanak… mendingan kalo kuntilanaknya ngebolehin pake kondom, kalo enggak? ntar hasilnya siapa yang tanggung jawab? masa aku tiap malam jumat disuruh bawa sajen di bawah pohon gelap…?? hahaha….

    ok, gud lak smua… moga2 reunian fisik bisa kewujud sumday ya…

    Hidup Come The Fit!

    Balas

  81. eNKa
    Mei 09, 2008 @ 04:34:48

    Weleh siapa pula tu “Sam” ..?
    Tapi gak apa itu tandanya kita gak dibenci orang kalo ada yang dengan senang hati b’gabung. Maka dengan senang hati pula kita menerima kedatangan bro kita ini. Ante kamma boss… ? Pada Idi Pada Elo – toh..?!

    Balas

  82. clubchanks
    Mei 09, 2008 @ 06:12:44

    Bro Bams….., memang masih kurang wejangan dari saya yah tentang ewunaknya jadi suami dan jadi orangtua???? Oh yah….., ini contoh kasus yah….kalo pas pulang kerja abis lembur en kerjaan benar-benar numpuk…, pokoknya streess berat & capek banget deh….., ajaibnya pas pulang kerumah ketemu anak (en juga mamanya anak2) langsung hilang semua capek dehnya & juga stressnya….
    Satu lagi nih bro….., pas pertama kali bertatapan mata dengan sikecil saat baru lahir….., waktu itu gua eeh saya merasa ada semacam kontak batin lewat lirikan mata yg rasanya susah banget dilukiskan dengan kata-kata!
    Yah pokoknya entar juga loe rasain sendiri deh!
    Ok, teman yg lain mungkin bisa sharing…..???
    Salam,
    ChankS

    Balas

  83. marumpa
    Mei 09, 2008 @ 08:19:06

    Buat Brother Bams, menikah di pikiran saya sewaktu jomlo adalah urusan yang berat. Khususnya menyangkut pendanaan. Namun setelah dimotivasi teman-teman kerja yang usianya lebih mudah , hati ini tergoda . Menikah akhirnya jadi juga. Alhamdudillah setelah menikah lancar-lancar saja. Dengan menikah kekaguman sama Pencipta Yang Maha Agung makin jadi. Tuhan memang Maha Besar, setelah menikah pikiran lebih tenang, hati lebih damai.

    Balas

  84. eNKa
    Mei 10, 2008 @ 04:51:32

    Gini bro..

    Nikah itu bukan beban, tapi suatu kebutuhan..
    Kata yang tau sih “manusia itu masih belom “satu”, sebelum nikah (suami-istri / laki-prempuan) di luar itu tanya ama bro Ichank tuh… he.. he..

    Jadi pada dasarnya kita ni masih 1/2 jadi manusia. Buktinya… nah ni dia ni…
    Mungkin smua juga pernah tau ini.

    Kalo laki itu punya kekuatan multi task di bidang yang lebih ngarah ke fisik, tapi ceweq lebih kehal yang bersifat ya non fisik donk..

    Misal Pembalap terhebat selalu laki, tapi kalo ada yang bawa mobil lambat pasti orang selalu bilang “kayak cewek aja bawa mobil”. Nah laen lagi kalo cowok nonton TV. Kalo dah manteng kadang bom mbeledug juga gak kedengeran. Tapi kalo cewek sambil nonton, sambil masak, sambil ngobrol semua bisa dikerjain dia dengan lengkap.

    Ini salah satu tanda kalo L & P sebenernya saling melengkapi kalo bersatu. Belom lagi yang kata Chankworkshop “kalo dah ketemu anakl”, wuahhh nilainya nembus sampai ke awang-awang kenot sey bai de wod -lah ….
    nikmatnya meski memang ada ortu yang merasa dibikin repot tuh ama anaknya…. apa kata dunia …?!

    Tq

    Balas

  85. Sahman AT
    Mei 10, 2008 @ 10:09:19

    Bro Bams, sy tdk habis pikir knp sampai begitu lama membujang.
    Mungkin belum ada yang cocok dengan seleranya Bams. Tapi yakin dan percaya bahwa ketika kita menentukan kriteria untuk mencari pasangan hidup (istri) rasanya tidak mungkin untuk bisa terpenuhi.

    Apabila kriterianya ada 5, maka ketika kita menemukan calon yang memiliki 2 atau 3 dari kriteria itu, maka saya kira itu sudah cukup. Kenapa? Kriteria yang tersisa akan terpenuhi apabila sudah menikah karena merupakan tugas dari kedua pasangan untuk menyempurnakan kekurangan masing-masing.

    Kedewasaan seseorang dalam menghadapi setiap masalah akan lebih teruji apabila telah berumah tangga.

    Kalo istilahnya Bang Gegen dulu, “menikah dengan siapa saja tidak masalah, yang penting dia muslim”.

    Wass…, SAT

    Balas

  86. Ostaf Al Mustafa
    Mei 12, 2008 @ 04:54:31

    Aku pikir dalam dunia kebujanganan, sisa aku yang menjadi ‘The last Mohican’ atau ‘The Lone Ranger’, ternyata masih ada Bam. Untuk Bam, ternyata hanya kita berdua yang “No Woman No Cry” (Jomblo tanpa air mata). Sahabat Sahman AT yang berada di Miyasaki Jepang, pernah bertanya hal serupa melalui email. Sebuah pernyataan repetitif yang sequelnya diajukan pula pada Bam. Pertanyaan semacam itu mengingatkanku pada petunjuk dalam mengerjakan soal ujian semester yakni “Isilah titik-titik dibawah ini” . Sekarang aku tak mampu menjawab pertanyaan sahabat Sahman AT, karena ia lupa memberiku titik-titik yang harus kuisi. Kupikir Bam menjawab pertanyaan itu.

    Aku percaya bahwa kedewasaan akan teruji apabila telah berumah-tangga. Banyak yang kupercaya dalam hidupku, tapi hanya sedikit yang mampu kubuktikan. Kedewasaan yang teruji, yang tidak mampu kubuktikan sekarang ini. Aku takut menjadi menjadi dewasa, aku mengidap ‘sindrom Piterpan’ yang selalu ingin seperti anak-anak di sepanjang hidup dan hidup dalam “game people play”. Ada masalah yang umum dihadapi oleh orang dewasa yakni mereka selalu tak lepas dari dunia angka-angka. Mereka mengajukan pertanyaan yang sangat seragam yakni “berapa anakmu” hingga “berapa istrimu sekarang?”. Pertanyaan yang dewasa itu, tak akan pernah bisa disampaikan oleh Bam dan aku kepada siapapun untuk jangka waktu yang nisbi. Kapan kami akan berubah dewasa, entahlah. Dibandingkan kami berdua, masih lebih bagus nasib ‘Prince Frog’ (Pangeran Katak) atau ‘The Beast’. Begitu sang katak dicium oleh seorang putri, maka kutukan untuknya sebagai katak langsung hilang.’ The Beast’, yang bertampang seram di cintai oleh ‘The Beauty’ dengan sangat tulus. Mengapa kisah cinta semacam itu, tak tertarik menghampiri kami walau dari jarak tiga kilometer? Bam lebih tahu masalah itu, karena ia pengarang yang bagus dan berbakat. Aku kandas di margin kiri dalam ketidak-tahuan apapun tentang kisah cinta semacam itu.

    Memang seharusnya aku dan Bam, memfokuskan ‘Curhat’ (Curahan Perhatian) pada masalah ini. Kupikir Bam, dalam profesinya kini tak sulit mewujudkan kriteria tentang “ia yang tercinta”. Dunia periklanan dikelilingi perempuan cantik, hingga sering terlihat adanya ‘pseudo-woman’ (wanita semua) di semua tontonan iklan di televisi. Nasibku tak sebagus itu, haruskah aku menikah dengan teman sekantor? Sehingga harus berlawanan dengan fatwa MUI?

    Informasi buat teman Kosmik yang bergelut di dunia pertelevisian, Di Bontang Kaltim terdapat tempat yang menjadi super-pavorit kaum remaja/muda untuk pacaran yakni Bontang Kuala. Di area pinggr pepohoanan bakau dan jembatan panjang dari kayu ulin, setiap sore puluhan pasangan saling berdekatan sejarak 0.01 mm. Tak ada rasa risih, meskipun kau lewat di samping mereka. Bontang, merupakan kotamadya yang diisi oleh banyak remaja yang cepat matang secara seksual. Sebenarnya hal ini biasa-biasa saja di kota-kota besar, tapi uniknya banyak pelakunya kalangan cewek berjilbab. Tak ada yang pasnagan yang pernah ‘ketangkap basah’, padahal di tempat ada laut dan sungai. Nach, mungkin ini bisa menjadi liputan reality show.

    Balas

  87. clubchanks
    Mei 13, 2008 @ 02:26:47

    Buat sohib Ostaf……, hihihi jodoh bisa dimana aja bro!
    Come on man……, wake up buka mata buka telinga….
    For Bams; Jangan tunda hajarrrrr aja man…..
    Salam,
    Chanks

    Balas

  88. eNKa
    Mei 14, 2008 @ 04:40:48

    Gak .. gak..
    jangan main hajar bro…. ‘ntar yang asal lewat juga lo samber (buesyet…).
    Lo tau kalo di beberapa t4 (yang /nah kukunjungi) kebanyakan yang gitu gak awet men..

    Mungkin dua bro kita ni lagi nimbang2.. gak tau apa yang ditimbang tapi…
    Gimanapun bibit-bebet-bobot itu ada pengaruhnya buat dibubut…

    Jadi gak /lu keburu napsu… tetap berfikir jernih men.. soalnya ada juga sohib ane yang seolah nyesel stelah nikah & punya anak dan SMA, padahal istrinya- meski dah di atas K4- masih kelihatan asoy lho.

    Kepastian di tangan Yang Kuasa, Keputusan tetap ditangan anda, teruslah usaha, cuma usahanya dipercepat & ambil keputusannya juga lebih cepat….

    Berumahtangga tidak selalu indah sama dengan jomblo cuma dimensinya aja yang berbeda. jadi gak perlu kita ambil perbandingan dari keduanya karena memang keduanya tidak “aple t0 apple”, tapi lebih merupakan tahap lanjutan kayak dari SD ke SMP kali ya..? (bener-gak tuh, mungkin gak pas banget sih)…

    Nah buat usaha kesana.. memang gak perlu terlalu banyak belajar matematika, toh ini kebanyakan masalah rasa kok. Yang ada di luar kita sebanyak mungkin diminimalisir untuk terlibat jauh .. toh yang jalani selanjutnya cuma kita. sebatas saran oklah..

    Bibit, bebet bobot itu sekedar referensi jangan jadi momok… Jangan lihat siapa yang bicara tapi denger apa katanya… Lebih baik mantan preman daripada manatan orang baik, dsb kata2 orang bijak yang tidak feodal kok..

    I think you got what i mean guys…

    Balas

  89. clubchanks
    Mei 14, 2008 @ 08:10:45

    Weleh weleh……, bung Kus eeeh maksud aku bro Enkus…., bukan asal hajar man…., saya nggak setuju yg kayak gitu bro…!
    Istilah itu sebagai pelecut semangat buat bro Bams (…en juga bro Ostaf) untuk maju terus pantang mundur terhadap cewek yang ditaksir! Mo bokapnya jendral kek…, menteri kek cuek aja! Satu lagi; kalo ngak pede ama cewek yg ditaksir…..jgn ragu…., biasanya cewek kayak gitu justru menunggu sambil berharap untuk diajak… ( wah kata Bams; nih pasti pengalaman sendiri nih hihihi…ahk jadi malu… oew bro Bams jgn bilang-bilang yah keteman2 hihihi).
    Ok guys selamat berkreasi………
    nb.:
    Buat sohib Ostaf; thanks untuk info muda-mudinya di Bontang yg asoy geboy itu…,hayo dong diliput lebih dalam hihihi……, yaa semacam investigasi reporting gitu loh hihihi…, ok keep fun man!
    Salam,
    Chanks & Club Chanks Crew

    Balas

  90. marumpa
    Mei 14, 2008 @ 08:53:52

    Buat rekan rekan Jomlowan ada satu cara termudah menikah. Apa itu? Ikut saja program nikah massal yang diadakan oleh kantor Agama. Meriah, sederhana dan halal. Boleh setuju boleh tidak. Namanya juga alternatif menuju tangga pernikahan. he he.

    Balas

  91. eNKa
    Mei 14, 2008 @ 09:58:09

    Ha.. ha… Chank….
    Emang gw gak inget, dulu kan asal ada cw genit dikit dah srasa….
    Tapi skarang ya dah gak kale ya.. buktinya dia dah awet tuh sampe punye turunan.. hi hik.. nah mo tambah brapa lagi.. ?

    Balas

  92. ClubChankS
    Mei 15, 2008 @ 03:38:39

    Ahk Enkus…., itu khan berlaku buat kita semua hihihi! Ingat nngak waktu kita jalan2 ke Bantimurung, terus ketemu 2 cewe kaka adik! Masih ada nngak yah foto-fotonya bro…??
    Waktu kenalan, kita berenam sementara dia bertiga (satu lagi sopirnya!). Kebayang khan waktu itu, masing-masing “berkreasi” (pastinya kalau urusan gini…, Enkus & Tiank duluan tuh hihihi..) terutama tebar pesona untuk mencuri hati si doi.
    Walhasil dikasilah kita alamat! Selang beberapa hari kemudian, dengan semangat 45, jalanlah tim asoy geboy naik motor ( 3 motor??), seingat saya waktu itu nebeng skuter matik eeh bututnya Enkus (eee sorry man keceplosan…., nngak pake butut hihihi!).
    Putar-putar di daerah Tello sampai kebelakang-belakangnya…., alamat yg dicari tak kunjung ketemu jua……, apa daya maksud hati memeluk gunung yg ada makan ati sambil memeluk guling hihihi…..weleh weleh! Balik lagi ke base camp 2 di rumah Enkus……., main gitar sambil dengerin musik hihihihi…..indahnya hidup hihihi…
    Salam,
    Chanks

    Balas

  93. marumpa
    Mei 15, 2008 @ 04:39:44

    Chank ingat nggak dulu, saat mendapat undangan makan ikan di salah satu pulau di Pangkajene Kepulauan. Kita diundang oleh anak Sastra Unhas (orangnya tinggal di Daya dan satunya lagi di Jl. Cendrawasih) Pokoknya anak itu kalau tidak salah dekat sama beberapa gank kamdefit, Tian dan Nkus. He he just mengingatkan sobat. Yang jelas kalau kemana-mana kita hanya jadi obat nyamuk he he. Kacian deh kita. (Chank, jangan dijawab lu aja kali gue tidak). Salam.

    Balas

  94. eNKa
    Mei 16, 2008 @ 08:09:14

    Ya itu dulu… gambar bercerita ya…

    Balas

  95. clubchanks
    Mei 26, 2008 @ 10:10:13

    Brother masih ingat sama Abriadi…., kemarin anggota laskar 88 Komunikasi Unhas ini berjanji berkunjung ke blog yg kita cntai ini… so mari kita tunggu kabar-kabarnya!
    Buat Ostaf, Enkus, Sahman, Bams, Rusly, Firman en yg lainnya….. keep rock’in & always happy……
    Cheers,
    Chanks

    Balas

  96. marumpa
    Mei 27, 2008 @ 04:10:46

    Brother Chanks, aku masih ingat saudara Abriadi. Posturnya tinggi. Orangnya selalu membuat laskar Komunikasi 88 bergairah. Apa kabar Abri. Salam Kamdefit.

    Balas

  97. eNKa
    Mei 27, 2008 @ 05:31:21

    Gak setauku Abri Botto… Jelek…

    Tapi kalo dah muncul di sini baru hebring, dsb dsb…
    Pokoke kt tunggu “komen” dia tuh…
    Salam

    Balas

  98. marumpa
    Mei 27, 2008 @ 06:32:33

    Ewako Abri…. he he

    Balas

  99. clubchanks
    Mei 27, 2008 @ 07:38:40

    Dengar-dengar dia kandidat pejabat di salah satu wilayah loh hihihi….., ok, next info….., wait & see bro….?
    Hey Abri where are you now?
    Cheers,
    Chanks “Brain The Machine”

    Balas

  100. eNKa
    Mei 27, 2008 @ 08:16:13

    Baguslah… bisa dapet …. he he… masih mo kakaen ya…?
    awas kapeka lagi galak, tar kena sabet ih serem….

    Balas

  101. eNKa
    Jun 06, 2008 @ 09:41:13

    Telah ditemukan orang hilang. Please find on http://www.friendster.com/kamdefit

    Balas

  102. marumpa
    Jun 06, 2008 @ 11:05:16

    Dear NK, akhirnya anak hilang itu ketemu juga. Ngumpet dimana dia selama ini. tapi brither Ruslan tak banyak berubah ya gayanya. dari dulu awet. he he.

    Balas

  103. ClubChankS
    Jun 09, 2008 @ 04:18:33

    Thanks berat for brother eNKus atas foto-foto nostagokilnya yg seru dan menyegarkan hihihihihi……, gw sampai pelototi terus foto2nya yg kita rame-rame itu hihihihi….aseli jadul banget yah gayanya hihihi apalagi si Bambang Sukmawijaya”Jongaliar” from Bandung city….! Eh ada stiker Pulitzernya yg bikin heboh se Unhas dulu hihihihi
    Salam,
    Chanks

    Balas

  104. eNKa
    Jun 10, 2008 @ 07:13:07

    Chank gw ada ktemu lagi foto kita waktu yg lo bilang … “finally we back home & playing guitar” ha… ha…., tp hare ni gak kbawa…. Insya Allah besok gw ap lod ye…

    Balas

  105. ClubChankS
    Jun 11, 2008 @ 03:49:17

    Btw aniway busway… foto si anak hilang bro Cullank bin Makazolan, loe dapat dimana coy??? Ada info lain, yg bisa didapat bo, about beliau???
    Ditunggu bro infonya?

    Balas

  106. marumpa
    Jun 11, 2008 @ 04:55:57

    Selain foto Cullank bin Makazolan, ada foto anak hilang yang lain lagi tak. kalo ada di bagi ya broer. Salam.

    Balas

  107. clubchanks
    Jun 11, 2008 @ 08:21:28

    Just info: Bro Abdi (abdisatria@yhoo.com) mungkin juga sudah memantau weblog ini….., come on man dont miss it!
    Salam,
    Chanks

    Balas

  108. marumpa
    Jun 11, 2008 @ 09:16:06

    Wellcome brother Abdi. Brother masih suka meliput dan menulis sepak bola kan. Syukurlah kalu sudah merapat ke Gank Kamdefit. Kita tunggu komentar. Salam.

    Balas

  109. eNKa
    Jun 11, 2008 @ 10:04:00

    Cullang Makazolang gw dapet dari Mr. Zul Hamson, mreka barengan di Jumpandang Post. Gambar kita yang main gitar jadul tuh dah gw “aplod”, plis fain on mai friendster. Mau

    Balas

  110. clubchanks
    Jun 12, 2008 @ 09:28:38

    Btw anyway busway……., nngak nitiip ke Mr. Zul Hamson kabar-kabari ke bro Cullank??? Mudah-mudahan “sianak hilang” segera kembali!
    Saya sedikit punya memori yg berkesan dengan bro Cullank…., waktu kebetulan ginap di padepokannya…. (waktu itu kalo nngak salah kita baru balik dari rumah Nkus yah yg di Sungguminasa???? Upps sorry kalo ingatan saya kurang ajib). Waktu itu, terus terang sambutan keluarganya sungguh luar biasa ramah…., mungkin karena jarang-jarang Cullank nginap bareng teman-temannya, karena biasanya dia yg melanlang buana kemana-mana hihihi…..
    Luarbiasanya ramahnya gini bro; baru makan sudah ditawarin makan lagi hihihi….., jadi kayak tamu spesial aja hihihi…..
    Ok, kita tunggu kedatangannya beliau!
    Salam,
    Chanks

    Balas

  111. Choelank
    Jun 13, 2008 @ 15:23:46

    Weeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    Tidak kulupajako itu semua he….
    Kalian semua itu yang lupa sama aku, nakke, gua, ane……!
    Plis, kawan-kawan kasi info alamat & no. hp-nya bos.
    Sapa tau eq sempat jalan2 ke tempat kalian.
    Salam rindu buat culli, enkus, chanks, ilham, ostaf, pimmang, bastian, bambang dll. Abdi , aku dan zul sementara lg satu tempat kerja.
    Kalian ingat Rahmat Anggoro kan, ini nomor hp nya : 081543028179,
    Buat yang jauh di sana, kontak-kontakka juga kodong di hp-ku, murahji pulsanya (XL) di 0819 411 2305
    Salam
    Cullank

    Balas

  112. marumpa
    Jun 16, 2008 @ 01:00:47

    Dear Cullank
    Dari manako sembunyi ces. Tidak ada yang lupa sama brother cullank. kita selalu mencari kabar teman-teman semua. Salam rindu buat brother. insya allah kalao aku ke Makassar nanti aku siggah ke Ujungpandang Express. Ini nomor hp cully 08566637417. Nomornya Nandi 07787266669. nomornya Bastian 085652070290, nomornya Ostaff 081241094596. nomornya Firman 08157460633. Kutunggu karebanya. wassalam

    Balas

  113. abdi satria
    Jun 16, 2008 @ 02:35:26

    apa kabar semua bos!
    Maaf selama ini menghilang! Saya sudah kembali ke Makassar. Biasa orang kampung selalu rindu pulang. Setelah 14 tahun merantau, dapat istri orang jawa plus setahun di Italia, akhirnya saya tak tahan juga untuk bertapa di Makassar. Layaknya seorang ‘raja’ sudah saatnya saya jadi pendeta meninggalkan hingar bingar dunia untuk mencara jati diri yang sejati. Ha..ha.
    Abdi
    Hp 081932082435

    Balas

  114. marumpa
    Jun 16, 2008 @ 03:03:33

    Alhamdudillah anak Kamdefit and Kosmik 88 yang hilang sudah bermunculan dari pertapaan. Sukurlah brother Abdi tidak jadi orang Italia, he he. Melihat teman-teman banyak yang balik kampung jadi kepingin eh. Merantau di kampung orang bosan juga. Paling tidak nanti kalo pulang kampung bisa kumpul bareng lagi. Salam hangat brother Abdi.

    Balas

  115. clubchanks
    Jun 16, 2008 @ 04:40:04

    Akhirnya bro Cullank (sianak hilang hihihi…) datang juga……, welcome back to KAMDEFIT…..
    Oh yah many thanks juga untuk infonya soal sohib kita lainnya RAHMAD “Isabella” ANGGORO….., trus terang cukup lama juga si anak hilang kedua ini ditunggu kedatangnya! Info yg lengkap donk tentang beliau…..
    Seperti kata Cully (Rusli) satu demi satu para sohib pasti akan kembali….., mudah-mudahan….kita tunggu broi!
    Buat bro Cullank…., mana ceritanya tentang kegiatannya dst.nya cess?? Gmn Abdi Satria…., salam kompak aja (bilangin dari Chanks yee hihihi…) en juga buat Cullu’ alias bung Zul Hanzom yg makin sukses aja…….
    Insya Allah akhir Juli, gue eeeh saya ke Makassar bareng keluarga kecilku…., kebetulan adik istriku dapat orang Bugis juga, jadi resepsinya digelar disana (Hotel Sahid Makassar 27 Juli 2008, 10-12.30)…. doain yeee semua lancar bro. Mudah2mudahan kalo ada waktu saya eeh gue main ke UPEKS yaa….
    nb.
    Kalau ketemu Rahmad “Amad” tolong sampaikan salam kompakku juga cess…., thanks for all
    Salam,
    Chanks “niceguy”

    Balas

  116. marumpa
    Jun 16, 2008 @ 04:49:45

    Wooeeee Rahmad Anggoro ditunggui komentarta ….juga. makin komplet dengan cerita pertapaan anak kosmik 88. he he salam

    Balas

  117. clubchanks
    Jun 16, 2008 @ 04:56:55

    Welcome back to Sir Abdi Satria Van Nisteroly…., you rock man hihihi! Thanks god I’m very happy today….
    Bro Abdi Satria ini cukup lama juga tak bertemu…., terakhir waktu itu kita sempat telpon2-an yah…., untungnya akhirnya mau kembali hihihi…… (abnis diemail nngak pernah direspon hihihi..).
    Pengalaman berkesan salah satunya dulu ama bro Abdi, ketika ikut wawancara (bareng Tian – Bambang Sukmawijaya) ke rumah aktor IKRANEGARA di wilayah Tebet….., untuk dimuat di koran FAJAR. EEh pas dimuat di FAJAR, dalam hati saya bangga juga, maklum sempat jadi saksi saat wawancara hihihihi…..
    Salam,
    Chanks (08158111260)

    Balas

  118. marumpa
    Jun 16, 2008 @ 06:30:19

    Kamdefit and Kosmik 88
    Ada sebutan yang populer buat kita sbb:

    Rusli (cully)
    Ruslan (Cullank makkasolank)
    Bastian (Tian)
    Nandi (Enka)
    Hasan (Chanks)
    Firman (Pimmang)
    Abdi (van nisteroly)
    Ostaf (Ostaf)

    kalo ada nama lainnya ditambaimi saja he he….

    Balas

  119. clubchanks
    Jun 16, 2008 @ 07:28:54

    Rusly (Cully), Ruslan (Cullank), Ilham (Iink), Bastian (Tian), Firman (Ka Fir), Mustafa (Ostaf), Abdi Satria (Abdi), Nandi K (Bung Kus eee Enkus), Hasan Taswin (Si ganteng eeh aChanks hihihi…), Rahmad Anggoro (Amad), Sahman AT (Saman), Bambang Sukmawijaya (Bams).
    Versi lain kita tunggu hihihi………
    Salam,
    Chanks

    Balas

  120. marumpa
    Jun 16, 2008 @ 08:02:28

    Nih data kamdefit n kosmik 88:

    Rusli (0856637417) email: rusli@tunaskaryaindoswasta.com
    Achank (08158111260) email: clubchanks@yahoo.co.id
    Nandi (07787266669) email ; enkuswandi@gmail.com
    Firman (081574860633) email :firmansyah-hafid@bca.co.id
    Ostaf (081241094596) email: ostafalmustafa@yahoo.com
    Bastian (085652070290) email :
    Abdi Satria ( 081932082435 ) email: abdisatria@yahoo.com
    Ruslan (0819 411 2305 ) email :choelank@gmail.com
    Rahmad (081543028179) email :
    Ilham (081355422383) email :

    kalo ada data pendukung lainnya ditambaiki di, tabe daeng.

    Balas

  121. clubchanks
    Jun 16, 2008 @ 10:01:04

    Tambahan kru lain yg telah bergabung atas nama:
    bro Bambang Sukmawijaya, S.Sos – Bams (0818982008) email : jongaliar@yahoo.com
    bro Sahman AT, S.Sos, email : sahmanmcm@yahoo.comremamy@yahoo.com
    Ok, still rock’in guys………
    Cheers;
    Chanks “living daylights”

    Balas

  122. Ostaf Al Mustafa
    Jun 17, 2008 @ 06:44:27

    Kemarin, 16 Juni 08, jelang siang, ada telepon dari sahabat lama. Suara yang tak begitu senyap, karena ada latar suara lain yang ikut serta. Aku tak tahu apa, mungkin suasana ruang kerja atau apalah begitu.
    “Halo, Ostaf! masih kenal dengan suara saya” begitu salah satu prolog dari sapaannya. Berlanjut setelah sapaan itu, ia memberitahukan tentang Cullang di Upeks Makassar. Ternyata ia Abdi Satria Aspar! Lama juga kehilangan bagian-bagian jejak suaranya. Suara terakhir dari Abdi yang kudengar, hanya berasal dari ANTV, saat ia menjadi komentator sepakbola. Bagus juga, karena ia yang kucari, ternyata malah menemukanku duluan. Abdi juga mengabarkan tentang Cullang di Upeks. Oh ya Nandi sudah mengabarkan tentang Mr. Zulkarnain Hamzon (ketua Kosmik) beserta Cullang yang bekerja di Upeks. Kerja keduanya, bagus juga, karena ada bagian ilmu dari masa-masa kuliah yang bisa diterapkan. Abdi juga juga melakukan apa seharusnya dilakukan anak-anak Kosmik yakni menjadi wartawan. Entah apa lagi seharusnya dilakukan anak-anak Kosmik dalam perjumpaan virtual ini?

    Balas

  123. marumpa
    Jun 17, 2008 @ 08:44:37

    Jauh di mata dekat di hati begitulah kita di Kamdefit and Kosmik 88. Tak ada yang bisa memisahkan….

    Balas

  124. Choelank
    Jun 23, 2008 @ 14:12:39

    Opo kabare yang di Batam?
    Saya rencana mau jalan-jalan ke Batam dalam waktu dekat ini, boleh tidak aku hubungi kalau dah sampai disana, trus dibawa jalan2 keliling P. Batam, tapi sy tdk mau kalau cuma di kawasan industri BATAMINDO.
    Bisa nggak bos diantar?

    Balas

  125. Rusli
    Jun 24, 2008 @ 00:52:30

    Ditunggu komandang. Masih ada Barelang, Nongsa, Batam Center, Jodoh, Nagoya. Batam kan pulaunya kecil jadi seharian bisa mengelilingi seluruh pulaunya.

    Balas

  126. clubchanks
    Jun 24, 2008 @ 02:27:06

    Cully, tolong ntar diantar dikawasan merahnya BATAM sekalian survey buat liputan di Upeks hihihi….. (asal jgn kebablasan bro…).
    Ok ditunggu kabar-kabarnya!
    Salam,
    Chanks

    Balas

  127. marumpa
    Jun 24, 2008 @ 02:35:01

    Chank emangnya ia masih kuat, he he.

    Balas

  128. marumpa
    Jun 27, 2008 @ 02:24:17

    Buat keluarga besar Kosmik Unhas angkatan 88 telah ditemukan anak hilang bernama Fahyuddin (Yuyu), dia sekarang ada di Surabaya. Untuk menghubungi silahkan kunjungi fahyuddin@yahoo.com

    Balas

  129. ClubChanks
    Jun 27, 2008 @ 06:51:24

    Oh no…., i cant beleive this moment hihihi….., thanks bro for info!
    Seingat saya brother Yuyu (Fahyuddin) dulu tinggi dan lansing…., kira-kira apa masihkah yaah hihihihi?????
    Salam,
    Chanks

    Balas

  130. ClubChanks
    Jun 30, 2008 @ 08:01:19

    Kabar gembira…., tak lama lagi salah satu rekanita kita yg imut tapi lucu, Erni Kuspawati segera akan bergabung…..
    Saya dapat emailnya barusan!
    Bagi teman-teman yg punya friendster, silahkan cek profil Erni di http://www.friendster.com/chanks (trus cari aja Erni Kuspawati).
    Ok, thanks atas waktunya!
    Salam
    Chanks
    Mudah-mudahan semakin bertambah teman kita ex Kosmik 88 – KAMDEFIT yg kembali bergabung….. (Insya Allah BASTIAN juga sudah kontak & ingin menyapa kita…)

    Balas

  131. ClubChanks
    Jun 30, 2008 @ 08:06:44

    Sooorrry guys… bukan Erni Kuspawati tapi Erni Suspawati hihihi….., maaf yah maklum (tadi) buru-buru ngetiknya nih kepengen pipis….., ok, have a niceday…..
    Salam,
    Chanks

    Balas

  132. ClubChanks
    Jun 30, 2008 @ 08:54:48

    Info email Erni Suspawati, di erni_suspawati@yahoo.com atau erni_suspawati@menlh.go.id
    Ok, silahkan kontak mumpung dianya masih di Makassar (bolak-balik Australia).
    Salam,
    Chanks

    Balas

  133. marumpa
    Jun 30, 2008 @ 09:15:07

    Brother Chanks, aku baru kontak Firman, rencananya ia akan ke Singapura tanggal 16 Agustus 2008 dia sibuk belum sempat sharing di kolom Kamdefit.

    Bastian kita tunggu ceritanya. Erni yang imut, kita tunggu cerita-cerita serunya.

    Balas

  134. BASTIAN
    Jul 01, 2008 @ 01:46:27

    Halo temans semuanya……, mohon maaf saya baru sempat bergabung!
    Salam buat Achank, Rusli, Nandi, Abdi, Ostaf, Bambang, Cullank, Sahman dan semuanya deh…..
    Kapan yaa bisa ketemu dan kumpul-kumpul lagi……, yg jelas semoga persahabatan dan pertemanan kita selalu terjaga, Bravo KAMDEFIT… KOSMIK 88….
    Wasslam, Tiank

    Balas

  135. clubchanks
    Jul 02, 2008 @ 09:32:32

    Welcome back to KAMDEFIT man……
    Still rock’in forever! Gimana info terakhir di Balikpapan? Oh yah, saya dengar sebentar llagi jadi calon bapak yah bro……, okey didoain yah mudah-mudahan semua lancar! Ingat jgn lupa terus kontak!
    Thanks & salam
    “Chanks”

    Balas

  136. ostaf al mustafa
    Jul 04, 2008 @ 22:48:49

    Yang mau jadi bapak baru, Tian? Selamat deh kalo begitu! Yuyu belum beri komentar disini, pasti sebentar lagi kita akan mendapat halaman kata-kata baru di halaman putih ini. Sebentar lagi Kosmik Virtual kembali bertambah jumlah anggotanya. Tian sebenarnya telah menyapa kita semua melalui milis! Cukup lama kira-kira dalam tiga pekan ini, saya dan Tian belum sempat kirim sapaan kata-kata via SMS. Kini sapaan itu merambah ke Marumpa, dengan ucapan, “Selamat menjadi Bapak!”

    Balas

  137. yuyu
    Jul 05, 2008 @ 10:44:01

    Salam Kamdefit 88. Aga kareba semua bos, maaf baru bisa gabung dengan teman-teman semua setelah 15 tahun kita lulus dari kampus merah. Saya tidak menyangka bisa ketemu lagi dengan teman se-geng. Sukses semuaki’ bos dan salam hormat dari arek suroboyo.

    Balas

  138. Chanks
    Jul 07, 2008 @ 02:32:36

    Wah selamat datang kembali buat bro YUYU (Fahyuddin)…., Alhamdulillah kabar baik smua…, oh yah crita donk kegiatan di Surabaya??? Jgn lupa infoin no. HP yg bisa dituju…, siapa tau kita sempat nyasar ke Surabaya khan?
    Gimana 15 tahun memang waktu yg lama……, sejujurnya saya juga tak menyangka akhirnya beberapa sohib lama kini bisa bersua kembali, meski seperti kata bro OSTAF, baru sebatas virtual aja…., tapi yg jelas ini menandakan bahwa kebersamaan kita memang selalu terjaga. BRAVO KAMDEFIT BRAVO KOSMIK 88….
    Keep contact man…., thanks for all
    Chanks

    Balas

  139. yuyu
    Jul 07, 2008 @ 09:53:58

    Salam hormat buat bang Achank di Jakarta. Panjang ceritanya sampai nyasar di kota pahlawan, sekarang ini kebetulan lagi ditugaskan di Surabaya. Disini saya sudah 2 tahun bos. Dulu ditahun 95-97 saya juga bertugas di ibukota tepatnya di daerah Cilangkap. Di Jakarta saya pernah ketemu dengan teman kita yang cewek orang Kupang, namanya saya lupa tapi kerjanya di BCA. Trus juga ketemu dengan bang Yusran (letting 86/mantan ketua Kosmik), kebetulan rumahnya dekat tempat saya di Pondok Gede.
    Saya senang bisa kontak-kotak kembali sehingga memori saya kembali ke masa lalu ketika kita se-geng pergi nonton film di Jaya Jl. Bulusaraung yang harga karcisnya murah, kursinya bolong-bolong trus banyak kecoaknya. Saya sampai senyum-senyum mengingatnya.
    Syukurlah teman-teman semua dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah, tidak seperti saya yang bekerja jauh dari ilmu komunikasi yang dipelajari dulu.
    No. HP saya 081342056701silahkan kontak bos. Kapan kita semua reuni di Makassar ?
    Thanks ya Chank, Peace !

    Balas

  140. yuyu
    Jul 07, 2008 @ 10:05:56

    Salam hormat buat bang Achank di Jakarta.
    Panjang ceritanya sampai nyasar di kota pahlawan, sekarang ini kebetulan lagi ditugaskan di Surabaya. Disini saya sudah 2 tahun bos. Tahun 95-97 sewaktu saya bertugas di ibukota saya pernah ketemu dengan teman kita yang cewek orang Kupang, namanya saya lupa tapi kerjanya di BCA. Trus juga ketemu dengan bang Yusran (letting 86/mantan ketua Kosmik), kebetulan rumahnya dekat tempat saya di Pondok Gede.
    Saya senang bisa kontak-kotak kembali sehingga memori saya kembali ke masa lalu ketika kita se-geng pergi nonton film di Jaya Jl. Bulusaraung yang harga karcisnya murah, kursinya bolong-bolong trus banyak kecoaknya. Saya sampai senyum-senyum mengingatnya.
    Syukurlah teman-teman semua dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah, tidak seperti saya yang bekerja jauh dari ilmu komunikasi yang dipelajari dulu.
    No. HP saya 081342056701silahkan kontak bos. Kapan kita semua reuni di Makassar ?
    Thanks ya Chank, Peace !

    Balas

  141. marumpa
    Jul 07, 2008 @ 10:12:35

    Nonton film di bioskop Jaya dulu memang seru. Saat melewati pintu masuk Bioskop Jaya, kita tutup wajah dengan buku, sambil melirik kiri kanan takut teman kuliah ada yang lewat. Wa ka ka kak.

    Balas

  142. Chanks
    Jul 08, 2008 @ 03:14:56

    Wah jaman dulu nonton di bioskop JAYA yg murah meriah, strategis en mmmmh banyak film adegan vulgarnya memang selalu seru en menegangkan…. tegangnya yaa itu karena takut ketauan sama yg lain hihihihi….
    Makanya paling enak nonton rame-rame se gank, jadi kalaupun ketahuan tidak masalah….khan rame-rame hihihi…
    Kalau serunya, kalau pas beruntung dapat film yang bagus….., jadi posternya tidak menipu….., biasanya kalaupun ketipu, pasti nyesal en kapok tidak mau nonton di JAYA lagi….., cuman yaaa itu lagi biasanya sih balik lagi balik lagi hihihi….. (terutama Enkus & Firman).
    Saya ingat waktu itu, kita habis nonton suka makan pallubasa???? di depan bioskop Paramount….yg murah meriah…… en yg penting kenyang hihihi…..masalahnya nnngak jelas daging sapi apa sendal jepit tuh yg dikuahin hihihi…, tapi itulah romantika jadi mahasiswa hihihihi… suka yg murah meriah en enjoy!
    Buat bro YUYU, thanks infonya…salam hormat juga en saya sangat senang dan bangga juga kita semua bisa bersua lagi di wadah ini….Insya Allah reuni nanti kita bisa atur bos…., mohon doanya juga Insya Allah, tgl 24 Juli nanti saya sekeluarga ke Makassar karena ada hajatan pernikahan keluarga….., semoga lancar perjalanannya Amin. Salah satu agenda saya disana, tentu saja silaturahmi dengan teman-teman KAMDEFIT 88 yg ada di Makassar….
    salam,
    Chanks

    Balas

  143. yuyu
    Jul 08, 2008 @ 10:08:57

    Chank teman cewek kita yang pernah saya ketemu dulu di Jakarta namanya Silvana. Untuk ingat itu saya putar memori lagi yang ada di kepala.
    Oke bos Chank, salam hormat saja buat teman-teman di Makassar ya.
    Ostaf kok tidak nongol ya, padahal saya mau tanya apakah dinding kamar tidurnya yang sekarang masih ditempeli bumbu supermi seperti kamarnya dulu di dekat asrama Immim. Manako bos ostaf ?

    Balas

  144. Choelank
    Jul 11, 2008 @ 06:34:05

    Selamat datang bos Yuyu …………………..
    Apaji antu mae bela! Siapami amma’na kamanakanga
    (Apa kabar bos? Berapami mamanya anak-anak?)
    Kapan kita diajak pasiar di Surabaya bos? Salam nah.
    Untuk Ostaf, janganmi selalu dikunci itu badan bela….
    Untuk Chanks, pernahko juga nonton di Jaya kah? Saya kira elu tuh’ yang paling takut sama cewe, apalagi kalau sudah dekat dengan erni atau agustina, selalu jadi korban di teriaki kodong sama Tian.
    Untuk teman-teman semua (KAMDEFIT’88) bagaimana kalau kita bikin panitia reuni khusus, kalau dah terbentuk panitia, baru kita bikin teknis pelaksanaan via virtual aja ces, yang penting kita semua mau dan sepakat…

    Salam Rindu

    Cullang

    Balas

  145. clubchanks
    Jul 11, 2008 @ 07:41:24

    Ketua Panitia Reuni KAMDEFIT 88 – KOSMIK, Muh. Ruslan, S.Sos…., semua sepakat khan?
    Ok, boss Insya Allah saya ke Makassar tgl. 24 Juli, ada acara pernikahan adik istri di Hotel Sahid Mks tgl 27 Juli.
    Soal cewek dulu, memang enakan jadi idola en dicari daripada mencari ces hihihi…, makanya Tiank (en Nkus juga Firman) suka teriakin krn dia tidak diidolai hihihi…., tabik na cess…..
    Salam,
    Chanks
    nb.
    Saya ingat dulu Cullank kalo nonton di JAYA, pas setengah main film (vulgarnya) suka minta pulang alasannya besok ada PR padahal tidak kuat karena kebelet hihihi…., makanya kalau tidak salah dia paling duluan nikah hihihi, SALUTE & BRAVO untuk sohib gue eeeh ane yg satu ini hihihi….

    Balas

  146. yuyu
    Jul 11, 2008 @ 08:54:21

    Utk Cullank, kareba baji’ji bos. Rinduku sama kita bela. Ide bagus bos kalo ada reuni lagi, untuk ketuanya memang kita yang cocok bos seperti katanya Iccank.
    Dimana sekarang temanta Yusmanizar bos ? Apakah masih jadi pejabat di Stikom Fajar ? Salam hormatku padanya kalo kita ketemu dia nah.

    Utk Culli, apakah masih aktif di Gojukai ? Kan disana ada cabangnya yah. Saya ingat semasa kita masih aktif dulu disana.

    Trim, salam dari Bonek.

    Balas

  147. marumpa
    Jul 11, 2008 @ 10:32:19

    Ketua reuni setuju kita pilih cullank saja pasti ok.

    Kalo cowo idaman di kampus dulu memang Achank yang jadi idola, iya tauwwa Achank memang jagonya. he he .

    Yuyu, aku tak lagi latihan Goju. Badanku melar sekarang, seperti badanya Abdi yang lagi foto sama Taves.

    Balas

  148. nina
    Jul 14, 2008 @ 05:29:02

    assalamu alaikum, tabe, coddoka kodong. salam buat teman-teman kosmik 88. wassalam

    Balas

  149. marumpa
    Jul 14, 2008 @ 07:02:35

    Waalaikum salam, Alhamdudillah akhirnya kita bisa bersua lagi. Selamat datang ki Nina. Aga kareba. Cerita dong kegiatannya selama ini. pasti sibuk ya Nina sebagai orang pers.

    Yang jelas aku ingat dulu saat masih magang di Harian Fajar, diantara semua teman-teman Kosmik angkatan 1988 yang paling enjoy mengikuti kegiatan peliputan hingga mengikuti sepak terjang pengamen di bus kota adalah Nina. Wuih asyknya. Sekali lagi selamat datang. Salam kangen selalu.

    Balas

  150. chanks
    Jul 14, 2008 @ 08:41:21

    Saking shocknya saya belum bisa ngasih komentar…….. hiks! Nina welcome back to KAMDEFIT 88…..
    Salam,
    Chanks

    Balas

  151. ChankS
    Jul 15, 2008 @ 03:59:18

    (Masih separo shock & terharu nih bro….), oh yah sebagai ucapan selamat datang ke ibu kita NINA Yusmanizar, berikut sebuah puisi untuk beliau……

    N I N A (by Chanks)

    Nun jauh disana
    Ingin rasanya kembali berusa
    Namun apa daya jarak memisahkan
    Ahk….., hanya waktu yg bisa menjawab….

    Balas

  152. marumpa
    Jul 15, 2008 @ 06:44:58

    Waou indah kali puisi buat Nina, Maminya kamdefit and kosmik 88.

    Balas

  153. bastian
    Jul 15, 2008 @ 13:23:07

    As. Halo fren, teman lama baru nongol. pa kareba. sorry baru gabung padahal sdh lama tapi kesempatan baru ada fren. Salam tuk all fren di kosmik 88. good luck. Nandi lagi ngapain kemaeko gank. thanks to Achank, Ostaf msh sibuk nguurus PON, sms-nya macet.

    Balas

  154. Sahman AT
    Jul 16, 2008 @ 11:36:14

    Akhirnya satu-satu muncul, Nina, Yuyu, Cullang.
    Halo semua Cess…
    Yuyu tugasnya di kesatuan apa di Surabaya?
    untuk Cullang…, berapami kemanakan Bos.
    Kalo Nina kaya’x seringji saya ingat setiap kali saya buka Fajar Online, karena tulisan suaminya senantiasa hadir disana.
    Wassalam…

    Balas

  155. marumpa
    Jul 17, 2008 @ 02:57:00

    Oh Ya Yuyu, belum cerita tentang tugas dan keluarga. teman-teman pada nunggu nih.

    Balas

  156. yuyu
    Jul 18, 2008 @ 04:09:02

    Halo-haloki semua ces ! Selamat ketemu lagi. Senangku bisa ngobrol-ngobrol dengan sobatku semua.
    Saya tugas sekarang di Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur yang kebetulan bermarkas di surabaya. Dulu sewaktu kita tamat di UH tahun 1993, waktu itu belum ada pendaftaran PNS seperti sekarang ini jadi saya coba-coba daftar jadi serdadu. Eh, malah keterima pada tahun 1994.
    Setelah mengalami berbagai medan penugasan sekarang berada di kota Pahlawan. Keluarga (Istri 1 orang tentu dan junior 2 orang yg kesemuanya laki-laki)
    Demikian sekelumit ceritanya bos.
    Salam hormat dari temanta di kota pahlawan.

    Balas

  157. N. Kuswandi
    Jul 18, 2008 @ 08:02:21

    Oi Tian…
    Aq adaji boss. Ketidakmunculanku kepermukaan bukan brati lenyapnya diriku. Kumonitorko semua terus-truus..Aq juga lagi sering chat ama Ostaf via “FanBox”, bentar lagi juga dia muncul ama plesetannya, tunggu aja…

    Nina, Yuyu wellcome banget atas “susulan” kalian di arena kongkow ini. Teruskan info “medan” ini sama sohib lainya gak peduli cw-cq, bahkan temen2 di luar angk 88 kalo mo gabung kan smakin baik. Pertalian persaudaraan jangan pernah ada batas, lepaskan semua sekat2 pembatas yang ada untuk menjalin persaudaraan, itu kata orang yang pernah kudengar entah kapan aq lupa…

    Warmth Rgrds

    Balas

  158. Choelank
    Jul 18, 2008 @ 14:04:18

    Wahhhh……….
    Ostaf bakal muncul lagi bersama plesterannya!!
    Luar Biasaaaaa………
    Nanti Cullank muncul dengan apanya yaaaa????
    Untuk Mamanovich, baru dua ekorku ces dari satu bini….
    Salam untuk semua…

    Balas

  159. N. Kuswandi
    Jul 19, 2008 @ 03:24:49

    Choelank.. katanya mo ke Btm ? kapanko mo ksini cess ?! Sapa tau aq bisa dapet oleh2 darimu.. he.. he..

    Balas

  160. nina
    Jul 22, 2008 @ 03:42:08

    trims puisinya bos iccank, bagus sekallleeee, bos abdi yg kasi liatka Marumpa. buat bos culli, tidak sibukja gang, cuma asyik ngamen tapi tidak di bus kotami sekarang, tapi di pinggir jalan. he…..he

    Balas

  161. N. Kuswandi
    Jul 22, 2008 @ 05:32:58

    Nina bagaimana dirimu skr ? ini maksdunya Nina yang dari “Goa” itu kan..? yang rumahnya dekatan ama Cullank ? yang arahnya kelewatan kalo dari UP mo ke Malino..

    Balas

  162. marumpa
    Jul 22, 2008 @ 06:24:11

    Dear Nina
    Selain sibuk menulis apa kegiatan Ta sekarang. Berapa Mi junior. Kalau juniorko baru 1 (cowok), sekarang masuk kelas 1 SD. Salam.

    Balas

  163. ChankS
    Jul 22, 2008 @ 09:19:02

    Senangku kawe adami lagi komentarna Nina!
    Oh yah mudah2an Ilham “LUPUS” Jusuf Junus katanya juga segera bergabung (just info skrg dia baru mantau dulu bedeng…).
    Balik ke Nina…, cerita donk lebih banyak tentang semuanya!
    Masih ingat nngak waktu kita sama-sama KKN, waktu itu khan pas puasa….., teman-teman banyak yang bablas tidak puasa (alasannya krn KKN lho hihihi..). Tapi Alhamdulillah diriku yang ganteng ini, tetap tidak terpengaruh…., abis jaga image bok….sama Nina hihihi….
    Banyak sebenarnya kenangan yg seru tapi berhubung mau moka pulang cess…jadi nanti saya sambung lagi yah hihihi…
    Ada juga kenangan waktu rame-rame nginap di villa Bantimurung, waktu itu ceweknya cuma dua (Nina sama Martiningsih), terus kamar satunya lagi, cowok-cowok (keren) saya ingat ada Cully, Enkus en siapa lagi yah…?@#$%%
    Seingat saya, Cully tidurnya diatas lemari…, mo tidur dikasur nngak muat…., mo tidur dilantai terlalu dingin……
    Untungnya sebelumnya kita dijamu sama pejabat setempat jadi perut sudah terisi dan bisa sedikit menahan dingin….

    Balas

  164. Nandi
    Jul 28, 2008 @ 07:18:49

    Chank kapan pula ke Bantimurung… pake makan lagi … Martiningsih… di mana beliau skr ya ?

    Balas

  165. marumpa
    Agu 04, 2008 @ 04:12:02

    Sepi. Pada keman ya teman-teman. oh mungkin sedang bertapa ya.

    Balas

  166. ChankS
    Agu 04, 2008 @ 09:32:11

    Ngomong Bantimurung jd ingat waktu kita kesana (rutin menjelang puasa atau tahun baru) pake kaos seragam KAMDEFIT model BKAK alias Biar Kecekik Asal Keren hihihi…., kebetulan saya baru ketemu si kreator logo dibaju tersebut yaitu bung Ilham Jusuf Junus, di Makassar minggu lalu.
    Seingat saya, waktu itu karena kaosnya masih baru….., kaos yg kita pake benar-benar bikin sesak napas (mungkin Nkus ada foto2nya???), cuman atas nama “KEBERSAMAAN” walhasil kaos itu tetap kita pakai….
    Hikmah dari itu, pas di Bantimurung…, banyak yg syirik en sempat seperti jadi selebritis juga karena banyak yang pelolotin (entah karena kaosnya keren atau aneh…. saya tak tau hihihi…).
    Sekadar mengingatkan gambar yg ada dikaos itu, pemuda (mahasiswa) bawa kamera sampai memakai ransel dengan tulisan KAMDEFIT dibawanya!
    Oh yah just info juga…kata Ilham dia selalu setia memantau di Marumpa…cuma kata dia, lagi mencari style dulu yg pas! Hebatnya, beliau bisa tau siapa yg nulis komentar tanpa perlu melihat namanya….karena udah paham style masing-masing! Apalagi seperti stylenya Ostaf yang ala penyair hihihihi…atau Sahman AT yg punya pertanyaan standar; “Berapa mi anak dan istri”…., okey kita tunggu komentar yg lain hihihi…!
    Oh yah buat Abdi, Nina, Cullank & Erni, mohon maaf kemarin saya nngak sempat sowan ketempat masing-masing karena padat banget aktifitas selama seminggu di Makassar….
    Insya Allah next time kita bertemu!
    Wass.
    Chanks

    Balas

  167. marumpa
    Agu 04, 2008 @ 09:44:10

    Chank, manami oleh – oleh dari makassar. Buat Bang Ilham ditunggui komentarTa. Tabe.

    Balas

  168. nina
    Agu 05, 2008 @ 04:58:56

    iya,martiningsih dimanaki? Chank, gau gang tidak kabar-kabariki waktu ke makassar. Hari minggu kemarin erni ada di rumahku, trus ketemu abdi. rasa2nya lebih 10 tahun baru saya ketemu erni lagi. trus culli, 3 gang anakku. yang pertama kelas VI SD,cowok, kedua kelas II, cewek, trus yang kecil TK B mi juga cewek.
    N’Kus, saya nina yang karib dan tetangganya cullank di gowa, masih seperti yg dulu, tetap cerewet dan ramai sekali kalo ketawa.

    Balas

  169. ChankS
    Agu 05, 2008 @ 06:20:56

    Wah ibu Nina sudah punya 3…., Alhamdulillah! Perasaan blom lama nongkrong bareng tau-tau sekarang sudah jadi ibu hihihi…tuatami di’ semua hihihi…, tapi gpp yg penting tetap semangat muda & enjoy!
    Oh yah, di Makassar kemarin tiba tgl. 24, ada rangkaian acara mulai tgl. 25 malam! Acara puncak tgl. 27 dari pagi sampai malam. Repotnya waktu itu, sebagai tuan rumah, saya harus mengatur waktu, antar sana jemput sini (total 15 orang pendatang termasuk mertua), sambil mengurus segala keperluan untuk acara kawinan adik ipar saya yang numpang nikah di Makassar.
    Just info, kebetulan adik istri saya, cowok dapat istri orang bugis Bone yg nenek dan keluarga besarnya domisili di Makassar. Rupa-rupanya sejak kakaknya kepincut sama diriku yang baik hati dan tidak sombong ini, adiknya jadi ketularan pengen dapat jodoh orang Makassar juga hihihi……, gue gitu loh hihihi!
    Nina gimana rasanya ketemu sohib lama sejak 10 tahun atau lebih??? Pasti full fun & so pasti seru khan…., kapan yah kita-kita keluarga besar Kosmik 88 bisa saling gila-gilaan lagi hihihi??? Wah nngak kebayang deh hihihihi….
    Martiningsih alias si Cemenk alias si Tomboy??? Waktu itu kita pernah khan ke Gresik menelusuri rumahnya! Serunya waktu itu dari Surabaya kita kesorean, trus nanya2 alamat, ada orangtua yg rumahnya dekat rumah Martiningsih, waktu kita tanya ternyata dia tidak tau…., walhasil dengan separuh nyawa kita nyaris putus asa! Untungnya ada yg usul, kalau coba jalan terus aja dulu siapa tau berkah….dan Alhamdulillah ternyata benar-benar ketemu juga rumahnya Martiningsih yg tidak jauh dari rumah orangtua tadi! Sempat malu juga tuh si Martiningsih, karena dikampus mengaku selebritis tapi faktanya dikampung, tetangga sendiri tidak kenal! Akhir cerita, kita rame-rame ditraktir bakso semangkok (kecuali Nina yg minta nambah semangkok lagi!).
    Eh, tolong sampaikan ke Abdi, Erni & silincah Cullank…., kalau kalian makan pallubasa jl. Onta atau mie Titi…., ingat-ingatki kodong hihihi…
    Salam & sampai ketemu,
    Chanks

    Balas

  170. marumpa
    Agu 05, 2008 @ 06:34:11

    Hmm enaNya yang habis pulang kampung, makan pallubasa dan Mie Titi. Bagi bagi kodong. Buat Nina, tolong kita diajari biar bisa mengikuti rekornya (3 junior. luar biasa ).

    Balas

  171. Cullank
    Agu 07, 2008 @ 06:56:23

    Culli,
    Mau tau caranya bikin 3 Junior?
    Baegini bos…..
    Naik dari samping kiri
    Turun di samping kanan
    Jangan singgah di tengah bos
    Bisa Bahaya…

    Atau
    Tambahki mamanya 2 lagi, jadi masing-masing punya 1, kan sudah cukup 3 juga…
    Oke nggak?

    Balas

  172. ChankS
    Agu 07, 2008 @ 08:08:55

    Gimana Cully??? Tergerakkah untuk mengikuti ide okenya bro Cullank???
    Untuk ide yg kedua, pasti bro Cullank lagi diburu deadline dikantornya, makanya agak radikal juga hihihi…., setau saja doi orangnya pendiam, setia, lembut & kebapakan (satu lagi; rapi tauwa….suka dimasuki atau dimasukkan bajuna dicelanana waktu kuliah, saingan sama Enkus yg kadang-kadang bajuna juga dimasukkan kecelanana).
    Salam,
    Chanks

    Balas

  173. marumpa
    Agu 07, 2008 @ 09:51:40

    Chank, Idenya Cullank memang menantang, tapi lebih bagus lagi kalau ide itu diterpakan dulu sama Cullank, khususnya point ke dua. Baru yang lain boleh meniru. Wua ha ha haha ….

    Balas

  174. ClubChanks
    Agu 08, 2008 @ 02:27:16

    Hihihihi……, gimana bro Cullank?
    Abdi, Nina, Yuyu, Ilham, Erni, Enkus, Sahman, Ostaf, Tiank, Firman & Bambang Sukmawijaya ditunggu komentarta’ ces!
    Salam,
    Chanks

    Balas

  175. eNKa
    Agu 08, 2008 @ 09:40:54

    Hadir bro…

    Sminggu ini gue lagi agak padet dilapangan bro… wah tambah item aja gue nih.. ada yang punya sun protector gak neh. Skarang gue lagi banyak maen di tepi-tepi laut soalnya, tapi gak ampe nyebur seh…

    Eh Nina yang itu toh… tapi kayak2-nya gue agak lupa deh… pernah gak ya gue krumahnya ?! kan gue pernah juga tuh tinggal smentara di Goa…

    Salam,
    NK

    Balas

  176. Chanks
    Agu 19, 2008 @ 06:10:28

    Buat bro Enkus, klo nngak ada sun proctector tidak masalah! Pake cara alami aja man…., olesi sedikit mentega (merk apa aja) secara merata, tapi tidak perlu campur telor yah hihihi…
    Oh yah…. hitam itu khan kata orang keren loh broer…, jadi tidak masalah makin hitam! Yg penting hatinya tetap putih alias suci hihihi…
    Satu lagi, pencinta alam sejati mah tidak perlu sun protec atuh kang hihihi…
    Salam,
    Chanks

    Balas

  177. enka
    Agu 23, 2008 @ 07:05:18

    Pintar rupanya Achank ya…
    Dah pake mentega tinggal kasih meises, taro dipiring, kaih ke semut correct ?!!

    Buat Nina….
    Kalo masih di Gowa, mau juga ka main ke rumahmu ces… liat2 ponakan. Truzz ikut siapa tu ponakan, kalo kayak mamanya, wah heboh dunia.

    Balas

  178. Chanks
    Agu 29, 2008 @ 06:48:05

    Oweee……. abang none eeeh sohab- & sohibku semuanya….
    mohon maaf lahir bathin cess….., khan 3 hari lagi kita mau puasa! Insya Allah kita smua diberikan kesehatan dan rahmat oleh Allah Swt supaya bisa melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya Amin Yaa Rabbil Alamin….
    Salam & selamat berpuasa buat smua!
    Wass.
    Chanks

    Balas

  179. marumpa
    Agu 29, 2008 @ 07:10:16

    assalamu alaikum

    Buat all Kamdefit & Kosmik gank 1988 UNHAS. Achank, Bastian, Nkus, Ilham, Yuyu, Nina Yusmanisar, Cullank, Abdi Satria Aspar, Bams Joga liar, Sahman, Ostaff al Mustafa, Erni, Daya, Karlia Irmasari, Rahmad Anggoro, Jalil, Nursang, selamat memasuki bulan suci ramadhan. Mohon maaf atas segala dosa yang ane buat. Salam & selamat berpuasa. Wass.

    Balas

  180. tiank
    Agu 30, 2008 @ 14:48:45

    Tuk semua gank kosmik 88.
    bagaimana kabar hari ini. oke aja kan. melalui kesempatan ini. aku mau bilangin mohon maaf yang sebesar2 kepada semuannya, sapa tau tempo hari ada salah en khilaf gue baru ada waktu ni memohon maaf
    karena sdh lama banget kurang lebih 15 tahunan gak ketemu. apalagi memasuki bulan ramadhan perlu kita saling membersihkan diri. semoga Allah selalu melimpahkan rahmat kepada kita semua amin.
    Tuk sobat ku engkus.
    lama baru kasi info. keliatan bisnis lancar ini dapat proyek gede kah bos. biar item yang penting tebal dompet iya gak coy.

    Balas

  181. clubchanks
    Sep 05, 2008 @ 03:12:57

    Ntuk bro Enkus….., Insya Allah proyeknya makin ajib aja hihihi…, benar kata Tiank, biar hitam yg penting isi dompetnya bung hihihi…
    jgn lupa bagi-bagi info kalau ada proyek yg lain bosss…
    Ntuk bro Tiank…., gimana bini udah ada tanda melahirkan belom??? Khan saya dengar waktu itu sudah dekat harinya…, mudah2an lancar deh bro…. oh yah foto rumahnya di Ciledug belum dikirim ya??
    Ntuk yang lain…, met kerja en salam semangat terus meski puasa okey????

    Wass.
    Chanks

    Balas

  182. Chanks
    Sep 05, 2008 @ 07:07:51

    Selamat buat sohib kita BASTIAN….. yg resmi menjadi bapak dr seorang anak laki, bernama BAYU RAFZANJANI AL RAJAB (BaYu = Bastian Yunior), lahir di Makassar 20 Agustus 2008.
    Ok, selamat sekali lagi semoga sehat selalu, jadi anak sholeh dan berbakti pada orangtua dan agama.
    Buat mr. Tianks, salam buat keluarga
    Ws.Wr.Wb.
    Chanks

    Balas

  183. marumpa
    Sep 05, 2008 @ 07:34:39

    Dear all Kosmik 88 Unhas. Kita punya keponakan baru lagi dari Bastian. Sukses jadi bapak sobat. Semoga Bayu Rafzanjani Al Rajab jadi anak sholeh dan berbakti pada orang tua. Amin… amin…

    Balas

  184. yuyu
    Sep 05, 2008 @ 08:17:42

    Buat sodaraku semua,
    Perkenankanlah saya walaupun agak terlambat mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1429 Hijriah, Semoga semua amalan kita mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT.

    Buat Bastian,
    Selamat ya atas kelahiran Bayu, Semoga menjadi anak yang berbakti kepada agama, orang tua, serta bangsa dan negara.

    Buat Nkus,
    Saya lihat foto kenangannya yg dikirim, menggulirkan kenangan ke masa silam dimana terlihat semangat kebersamaan dan persaudaraan begitu bergelora dan tetap akan begitu walaupun kini kita semua terpisahkan oleh lautan yang luas. Trims ya !!

    Balas

  185. eNKa
    Sep 07, 2008 @ 06:09:06

    Itulah arti sebuah kenangan, ia mampu membangkitkan kembali apa-apa yang tertimbun jauh sekalipun di alam bawah sadar kita.
    Secara pribadi saya bersyukur, karena pencarian yang boleh dikata cukup makan waktu akhirnya membuahkan hasil juga, “Kita Bersama Lagi.”

    Memang untuk bersama seperti dulu bisa jadi gak mungkin, sebab masing-masing kita punya tugas yang juga berbeda dan itu normal, bahkan demikian seharusnya. Dengan begitu, berarti kita ikut ambil bagian dalam sejarah kehidupan ini sesuai tangung kita. Bukankah pada dasarnya sudah ada garis arahan dari Yang Empunya Alam Semesta ?
    Itulah sebabnya terkadang kita tidak menyangka apa yang akan kita jalani dan hadap di masa depan. Atau terkadang apa yang kita rencanakan seringkali meleset dari harapan. Tapi kadang juga masa depan hadir dalam kekinian, seakan kita tahu apa yang akan ada dalam genggaman di kemudian hari. Namun bagiku yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi kenyataan terutama yang terjadi masa kini karena itulah realita sejati.

    Balas

  186. clubchanks
    Sep 08, 2008 @ 04:06:16

    Hai temans…. ini email dari ABRIADI….., afghany_am@yahoo.com
    Beliau sudah menghubungi saya via email…., dan saya juga sudah kasih alamat email dan HP temans sekalian…
    Benar temans….. satu foto kenangan jauh lebih bermakna dari ribuan kata….., just info, kalau suntuk biasanya saya iseng buka blog khusus untuk lihat foto-foto kenangan dulu hihihi…
    Buat bro Enkus; thanks man untuk pencerahannya….
    Buat bro Yuyu; ditunggu juga di http://www.clubchanks.wordpress.com okey???? Salam dan thanks untuk semua..

    Balas

  187. marumpa
    Sep 08, 2008 @ 05:56:05

    Alhamdudillah Abriadi sudah datang. Kami selalu merindukan kehadiran Abriadi. Semoga rekan-rekan lainnya juga akan muncul dan memberikan kabar terkahir. Kita masih menunggu rekan lainnya, Nursang, Jalil, Rudi, Daya, Karlia, dll.
    Salam Kosmik 88.

    Balas

  188. enka
    Sep 08, 2008 @ 09:50:32

    Ya…

    Media seperti ini sangat perlu buat “menyatukan kembali” kita semua. Terbukti kita bisa share apa yang masing2 kita punya. Buat yang masih inget, tolong buat resume atas foto2 yang ada ya, sebab saya sendiri sudah lupa2 ingat akan detail masing2 foto, cuma kebetulan terkoleksikan dalam album. Ini bisa mengingatkan kita semua… tq

    Balas

  189. clubchanks
    Sep 10, 2008 @ 09:02:58

    Ok, ditunggu foto-foto lama lainnya termasuk foto pribadi spesial perform.nya…, tks before!
    For Enkus; kirim lagi donks fotonya! Sahman sudah janji mo ngirim foto dalam waktu dekat ini….
    Abriadi juga makin sering kontak…., oh yah kemarin saya sudah konfirmasi alamat email temans sekalian ke mlis kkuglobal. Apakah sudah register atau gimana???
    Semoga lancar…. ini juga bisa jadi media kita untuk sharing…, saya lihat sudah ada Tiank & Abdi yg sudah say hello….

    Balas

  190. Abriadi
    Sep 16, 2008 @ 14:17:25

    bro…tolong donk kalau ada yg punya koleksi foto jaman kuliah…
    pengen bernostalgia dgn foto2 tersebut..

    skalipu dalam foto itu gambar sy gak nampak, tp senang banget perasaan kalau meliahat foto2 itu…
    tlg ya bro kalau ada yg nyimpan…
    thakns,

    Abriadi – Ufo ’88

    Balas

  191. Chanks
    Sep 23, 2008 @ 08:10:15

    Hihihi…akhirnya bro ABRIADI datang juga! Teman kita yang satu ini, memang sibuk tapi untungnya msh mau menyapa kita di ajang silaturahim kita!
    Dulu memang seingat saya, beliau jarang muncul di session foto kalau ada kegiatan kampus…., tapi yang jelas seperti namanya “UFO” brother kita yg satu ini tetap setia dan eksis disetiap kesempatan!

    Thanks untuk kontaknya (jgn lupa absen ke http://www.clubchank.wordpress.com) thanks before.

    Wass.
    Chanks

    Balas

  192. bams
    Okt 03, 2008 @ 18:32:28

    cully… apakah masyarakat batam dan pendatang di sana cukup gila belanja? aku punya ide… bisa tolong sms ka di nomor: 0818982008

    aku ngga punya no hp-mu soalnya…

    thx
    B

    Balas

  193. Chanks
    Okt 13, 2008 @ 07:48:11

    Bro BAMZ, ide gokilnya di bagi donks ……, siapa tau ada peluang di Makassar atau Balikpapan atau Sorong!
    Ok, tks before…

    Oh yah buat smua temans…. tempo hari ketika mudik lebaran di Makassar…, saya sempat ngobrol ringan dengan bro Ilham Jusuf Junus, Tian & Dayah…., intinya mengenai rencana reuni akbar angkatan 88 Insya Allah 2009. Waktu dan detailnya nanti kita bisa sama-sama bahas lagi, okey?

    Sekarang agenda utamanya…kumpulin data temans dulu….., okey?? Just info, kemarin saya sempat pantau…beberapa jurusan perangkatan di Unhas… mereka sudah reuni!

    Mungkin bagi sebagian orang menganggap ini tidak penting…, tapi sekadar mengingatkan….. silaturahim itu khan katanya memperbanyak rezeki dan membuat umur panjang… jadi????

    Wass.Wr.Wb.
    Chanks

    nb.
    Mohon Maaf Lahir Bathin & selamat Idul Fitri 1429 H
    Salam buat semua….

    Balas

  194. eNKa
    Okt 15, 2008 @ 08:11:52

    Chank,

    Smoga apa yang telah direncanakan di Makassar bisa direalisasikan sepenuhnya.

    Spec. untuk Dayah : mana suaramu, awas ko ya..

    Salam kompak

    Balas

  195. Chanks
    Okt 16, 2008 @ 07:09:55

    Insya Allah bisa broer………, makanya kita bagi2 tugas…….di Makassar korlapnya Ilham, Abdi & Cullank – Dayah & Erni – Nina, di Kaltim dan sekitarnya. Di Batam dan sekitarnya, Rusli & Enkus….., Jatim dan sekitarnya, Yuyu…., Jakarta dan sekitarnya, Chanks, Firman & Bamz.
    Ok, ditunggu actionnya!
    Thanks for atensinya…..

    Ws.Wr.Wb.
    Chanks

    nb.
    Dayah sudah punya buntut satu! Dengar-dengar katanya baru keluar SK PNSnya di DPRD Sul-Sel bulan ini……info lengkap hubungi Tiank.

    Balas

  196. marumpa
    Okt 16, 2008 @ 08:28:33

    Brother Chanks saya siap mendukung reuni Komunikasi 88 tahun depan. Semoga seluruh angkatan 88 Komunikasi Unhas bisa hadir. Amin.

    Buat Dayah. Salam kompak selalu ces.

    Balas

  197. ana
    Nov 06, 2008 @ 11:57:14

    apa kabar semuanya ?

    Balas

  198. marumpa
    Nov 07, 2008 @ 03:33:13

    Alhamdudillah Ana, kabar baik.

    Balas

  199. eNKa
    Nov 08, 2008 @ 06:34:34

    Siapa nih “Ana”, tapi wellcome aja deh..

    Balas

  200. Chanks
    Nov 10, 2008 @ 07:00:08

    Iya nih kabar baik jga…., gimana dgn kabar Ana sendiri?
    Buat bro Cully, thanks untuk pic terakhirnya yg sempat bikin merinding saat baca tag.nya hihihihi…, kebetulan belum sempat masukin ke blogku ermasuk foto2 terakhir bro Enkus… yg hari ini ulangtahun yah??? Ok, selamat ultah panjang umur sukses selalu…..& paling penting enjoy selalu bro…
    Oh yah, ntar aku infoin ke bro Ilham soal foto bertiga kemarin di rumah Dayah yg sudah ada terpanjang disini…, dia soalnya selalu menunggu kabarnya…
    Thanks & salam buat semua..
    “Chanks”

    Balas

  201. Choelank
    Nov 10, 2008 @ 15:07:19

    Haloo.. smua..,
    Chankz, siapa tuh Ana?
    atau ana’nya siapa…
    prasaan dulu komunikasi ’88 nggak ada teman kita yang panggilannya ana’
    Siapa yahhh?

    Cully, gimana acara reuninya?
    Kapan waktu yang bagus, soalnya pada kerja sich, apalagi ada yang baru-baru dapat SK. Gimana tuh…..

    Saya sich maunya ke kampungnya NK, sapa tau ada pengalaman baru di sana?
    Atau ke Marumpa (Maros) saja, mumpung belum banjir.
    He he he ……….

    Salam
    “Choelank”

    Balas

  202. marumpa
    Nov 11, 2008 @ 01:27:18

    Si Ana, aku juga kurang tahu. mungkin ia pakai nama samaran atau entalah.

    Cullank, tempat lain di Makassar banyak yang banjir ya. Maros menjelang akhir tahun ini siap-siap menghadapi banjir. Sudah langganan dari tahun- ke tahun. Siap-siaplah jadi relawan untuk menanggulangi banjir. Sekarang banjir di maros bisa jadi makin parah lantaran pertambangan di pegunungan kapur (karst) tidak terkendali.

    Ayo siapa yang mau peduli pada lingkungan hidup di Maros. Ayo saudara Ostaf sebagai pendekar pencinta alam Unhas kita butuh masukannya. Salam.

    Balas

  203. Chanks
    Nov 11, 2008 @ 02:47:07

    Hai bro Cullanks atau Choelanks apa kabar bro…., lama juga baru komentar di Marumpa. Oh yah soal Ana aku juga tidak ada info hihihi… bisa jadi Ana ini teman seangkatan, teman lain angkatan atau mungkin simpatisan KDF???
    Ok, Choelanks, Cully & Enkus dan semuanya ditunggu kontak2nya..& sampai ketemu bro….Insya Allah akhir tahun!
    Bro Ostaf en Tiank gmn Kalimantan adem ayem aja nih hihihi… sukses tetap semangat deh
    Bro Abdi & Nina dan Yuyu – Sahman – Erni…, semoga sehat selalu en tambah sukses terus dan juga semangat bro…
    Bro Abriadi UFO… amanji toh di Surabaya… info net gratisnya thanks ya bro…, boleh juga tuh dicoba hihihi..
    Wass.
    Chanks

    Balas

  204. nina
    Nov 11, 2008 @ 06:35:39

    hai…..hai, ..hai, saya nongol lagi. bagaimana kabar semuanya… kalo aku sekeluarga alhamdulillah amin.

    Balas

  205. marumpa
    Nov 11, 2008 @ 06:56:18

    Nina kabar ku alhamdudillah baik. Aku selalu merindukan Nina yang membuat anak-anak Kamdefit bergairah dan bersemangat. Salam hangat dari Batam,

    Balas

  206. Chanks
    Nov 12, 2008 @ 04:45:56

    Wah Cully curam eeh curang nih….. khan aku juga atau kita semua slalu merindukan Bu Nina Yusmanizar yg dulu terkenal dengan senyum mautnya hihihi…., salam yah buat keluarga dan Insya Alllah semoga sehat selalu deh…
    Ada kabar penting nih….., si “bad boy” from Enrekang, Sir Rahmad “Amad” Anggoro, barusan aku kontak berkat jasa dari bro UFO alias Abriadi. No. kontak beliau 081355208693.
    Ok, salam buat buat semua….
    Trakhir bro Choelank…jadi ki’ ke Jkt cess eeh bro?
    Buat bro Jongaliar “Bams” kemana aja bro…? Undanganjadi nngak akhir Desember hihihi…..
    Salam,
    Chanks

    Balas

  207. marumpa
    Nov 12, 2008 @ 06:52:57

    Alhamdudillah akhirnya nomornya Rahmad Anggoro ketemu juga. Selamat datang brother Rahmad, aga kareba Enrekang .. madeceng. Kita semua merindukan kabar Rahmad. Ditunggu kabar kabarnya ces. Salam hangat.

    Balas

  208. eNKuswandi
    Nov 12, 2008 @ 09:08:30

    Bu Nina…!!!

    Syukur “Alhamdulillah” jika ibu sek. sehat wal ‘afiat, itu do’a dan harapan kita semua.

    Nina… ha..ha..ha.. pasti deh !!!

    Salam

    Balas

  209. Chanks
    Nov 18, 2008 @ 03:34:23

    bROE ini email sesepuhnya KAMDEFIT 88 (bukan berarti udah sepuh loh hihihi..) bro Ilham Jusuf Junus, S.Sos, iinkdwije@yahoo.com.
    Ok, buat bro Cully….., kmarin aky sudah kirim ke milis emailmu rusli_juli69@yahoo.com , untuk didaftar lagi di milis KKU. Salam sukses yah…., mana ceritanya waktu kasi materi di Puncak kemarin! sayang blom sempat ketemu yah bro…… next time kali yah…
    Salam sukses juga buat semua!
    Wass.
    chanks

    Balas

  210. achank
    Nov 18, 2008 @ 04:55:57

    saya uda punya email rachmadanggoro@yahoo.co.id silahkan dihubungi !!!

    Balas

  211. marumpa
    Nov 18, 2008 @ 06:20:42

    Chank sorry aku belum sempat buat ceritanya tentang kegiatan pelatihan ke puncak. Chank koreksi dikit emailku adalah rusli_july69@yahoo.com

    salam

    Balas

  212. nina
    Nov 26, 2008 @ 03:03:42

    ennkaa, jangko patoa-toa dek,………………………..
    btw, 19 nopember kemarin saya ngobrol seru dengan bams di kantorku. sehatnya itu orang, ngobrol panjang lebar… tapi sibuk cuma dua hari waktunya di makassar itupun dipakai untuk kerja..

    Balas

  213. Chanks
    Nov 28, 2008 @ 05:42:30

    Oh berarti Bams ke Makassar yah? Kmarin bilangnya ke Eropa!
    Oh yah ngobrol apa aja? Pasti omongin saya yah hihihihi…..
    Tapi yg jelas Alhamdulillah, Nina masih setia mengunjungi kita di Blog ini. Alhamdulillah, sohib kita satu lagi, Ilham Jusuf Junus & So Mad atau Rachmad Anggoro…juga sudah bergabung di sini dan semakin meramaikan reuni virtual kita!
    Memang seperti prediksi awal Enka, Cully & Chanks satu persatu sohib lama pasti segera bergabung dan Insya Allah terbukti adanya…, karena bro Nursang juga ternyata sudah berhasil dikontak sama bro Ilham… dan mudah2an segera kita mengunjungi kita semua!
    Salam,
    Chanks

    Balas

  214. Choelank
    Des 18, 2008 @ 16:19:26

    All Bro….

    Apa khabar Cully and all bro?

    Balas

  215. yuyu
    Des 22, 2008 @ 07:34:39

    Aga karebo boss ? Madeceng ji to !

    Sorry bos baruka lagi nongol disini maklumlah banyak kesibukan jadi bisanya cuma membaca komentar dari bos-bos sekalian termasuk yang di KKUglobal.
    Ada masalah apa sih di KKUglobal ? Kayaknya ada yang lagi bertengkar.
    Saya tertarik kata-katanya Bos Sahman di KKUglobal yang mengatakan bahwa “tidak ada pelaut ulung yang lahir dari ombak yang tenang”. Sungguh dalam maknanya.

    Oke bos, trims.

    Balas

  216. marumpa
    Des 22, 2008 @ 09:01:11

    Dear Cullank and Yuyu
    Kabarku baik-baik ji. Salam hangat buat semua teman-teman Kamdefit.

    Balas

  217. Chanks
    Des 23, 2008 @ 08:51:57

    Salam hangat juga buat all brother KAMDEFIT 88…., still rock’in man….
    , oh yah gmn kabar si EnKa?? Kyaknya jarang posting tuh sibro kita satu itu…., btw untuk yg lain keep contact dong….
    Bro Yuyu juga nih jrang-jarang…..hayo dong ramein milis dan weblog ini..ok?

    Balas

  218. Chanks
    Mei 11, 2009 @ 05:37:03

    main ke fbook. yah all kru kamdefit!

    Balas

  219. yuli
    Nov 03, 2009 @ 01:51:10

    Fisip Unhas angkatan 88 kan ada yang punya nama dwi astuti to …

    Balas

  220. Wiro Sableng
    Jul 23, 2010 @ 15:23:17

    Selamat Malam… Week End enggak ada acara ya mending blogwalking aja. Setelah ngebaca artikelnya, Wiro Sableng ngasih komen begini :

    klo butuh informasi tentang angkutan umum di jakarta, cerita wiro sableng, mampir aja di mari gan..

    Balas

  221. Ila
    Okt 18, 2012 @ 10:19:44

    Amazing blog! Do you have any helpful hints for aspiring writers?
    I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.

    Would you recommend starting with a free platform like WordPress or go for a paid option?
    There are so many choices out there that I’m completely overwhelmed .. Any recommendations? Thanks a lot!

    Ila

    Balas

  222. drum sets
    Des 02, 2012 @ 05:14:39

    Amazing! Its truly remarkable post, I have got much clear idea concerning from this post.

    Balas

  223. Cheap Nikon Camera Lenses
    Jan 18, 2013 @ 19:43:21

    I blog often and I seriously thank you for your information.

    This article has truly peaked my interest.

    I’m going to book mark your website and keep checking for new information about once a week. I opted in for your RSS feed too.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: