Lukisan Produk Anak Dormitory KIB

elang Lukisan bukan hanya milik komunitas mahasiswa seni rupa, komunitas seniman lukis. Di Batamindo Industrial Park Pulau Batam juga mempunyai komunitas seni rupa meski berstatus sebagai pekerja. Komunitas seni rupa tersebut di bina oleh CDD PT Tunskarya Indoswasta.

Di bawah ini adalah lukisan produk pekerja di Kawasan Industri Batamindo yang bisa dinikmati :

air terjun

burung elang

sawah

orang

perahu

elang

piayu laut

Lukisan Piayu Laut Karya M. Rusli

Penjelasan seputar lukisan Piayu Laut. Lukisan di atas dibuat pada tahun 2007. Menggunakan media kanvas dan cat minyak. Lukisan ini mengangkat perkampungan pulau Batam yang masih terbelakang. Saat ini Piayu Laut sudah memiliki bangunan SD, mushala dan beberapa, sebuah sarana berobat, serta beberapa warung.

Perkampungan Piayu Laut dihuni suku dari etnis Melayu dan Cina. Penghasilan utama adalah sebagai nelayan. Jalan darat menuju Piayu Laut sejauh masih jalan tanah campur bouksit. Ada jalan yang hampir tidak bisa dilalui karena terkena longsor. Piayu laut berpotensi sebagai tempat alternatif rekreasi keluarga yang murah.

 

Lukisan di bawah ini menceritakan tentang korban mode. Banyak orang senang mode. Hanya saja tidak pandai menempatkan diri. Ini dia lukisannya.

korban mode

 

Bunga mencerminkan keindahan. Pada jaman yang di dera beribu masalah, terkadang kita melupakan untuk melakukan refleksi diri. Melupakan pada alam di sekitar kita. Berjuta ciptaan Tuhan yang kita lupakan. Padahal di sana banyak filosofi yang bisa kita tangkap. Bunga adalah simbol keindahan. Bunga dapat memberikan inspirasi pada manusia untuk membangun perdamaian dan keindahan. Keindahan akan terbangun bila kita peduli pada Sang Pencipta. Dengan cara sangat sederhana yakni bersyukur dan ihklas .

bunga1

 

bunga 2

 

Lukisan di bawah adalah manusia robot. Manusia robot seperti apa ya? Adalah manusia yang bekerja seperti mesin demi uang. Manusia yang tidak memperhatikan kesehatan, keseimbangan hidup.

Manusia robot bekerja siang dan malam bukan karena di dasari etos kerja. Tapi bekerja berdasarkan quadran waktu I ( penting dan mendesak ) dari Quadran waktu Steven Covey penulis buku laris Seven Habit Highly Effevtive People. Seperti apakah wujudnya? Lukisan ini dilukis oleh Bayu, Sarjana seni rupa.

robot

 

 

 

Berikut adalah lukisan tentang pesawat. Pesawat tempur Bangsa Indonesia. Meski pesawatnya sudah termakan usia, dengan peralatan tempur yang tersedia ini masih tersimpan semangat untuk menjaga kedaulatan RI. Lukisan ini mencerminakan peralatan tempur bangsa yang harus mengawasi wilayah kelautan dan daratan yang sangat luas. Tak ada kata menyerah menjaga kedaulatan bangsa. Lukisan ini dilukis oleh M. Rusli.

pesawat tempur

 

Lukisan ini mengangkat tema budaya. Peduli pada budaya berarti ikut mencintai warisan leluhur.

wayang

wayang

Berikut adalah Lukisan manusia topeng. manusia-manusia munafik yang mengejar uang dan kekuasaan dengan pendekatan berlindung di balik topeng. Topeng itu adalah kekuasaan, peraturan, undang-undang.

topeng

topeng 2

Lukisan Kaligrafi

kaligrafi

Belenggu Cinta

Cinta melahirkan kesetiaan, perhatian. Cinta mendorong produktifitas. Cinta adalah anugrah, begitu  kata Jansen Simano.   Jansen dalam bukunya 8 Etos Kerja mengangkat sebuh kisah  tentang kisah cinta seekor burung elang dengan tuannya yaitu Jenghis Khan. Dalam suatu perjalanan perang Jenghis Khan sangat kehausan. Ia ingin menum tapi tidak air. Setelah berusaha akhirnya berhasil menemukan sumber air dari air tejun yang mengalir. Masalah timbul ketika Jengis Khan ingin minum tiba-tiba ia disambar oleh burung Elang sehingga air yang ada di tangan Jengis Khan tumpah. Kejadian itu berlangsung beberapa kali sehingga Jenghis Khan marah. Jengis Khan  mengambil pedangnya lalu menebas leher si burung elang.

Jengis Khan tidak langsung minum, ia penasaran kenapa burung elang nya selalu menghalang-halalngi dirinya ketika ingin meminum air tersebut. Ternyata setelah memanjat ke atas  jengis khan mendapat  pemandangan  berupa  ular besar yang sudah mati dan dipenuhi ulat, bakteri.

Jengis Khan kembali ke burung elangnya ia baru sadar kalau burung elang nya selalu menghalalgi meminum air tad karena bermaksud menyelamatkan nyawanya. Jengis Khan menyesal. Burung elang rela mempersembahkan nyawanya kepada tuannya.

Makna kisah tersebut adalah tentang CINTA yang  berarti memberi. Cinta tehadap pekerjaan, cinta terhadap keluarga, cinta terhadap rakyat adalah memberi atau berkorban. Sekali lagi cinta  adalah memberi. Cinta adalah kata kerja. Ya cinta adalah berbuat, memberi, berkorban. Cinta bukan mengharap, meminta. ketika cinta diartikan  meminta, mengambil, mengharap, maka pada saat itulah  kita terbelenggu.

Terbelenggu cinta berarti diperbudak oleh cinta. Mengambil lawan kata memberi. Mengambil, mengharap,  meminta,  menunggu, sesungguhnya membelenggu diri sendiri. So mari kita menempatkan cinta pada koridor yang benar.

blenggu cinta

Tangan – Tangan Hitam

tangan 2 hitam

 

Rahim

rahim

About these ads

48 Komentar (+add yours?)

  1. udin & srik
    Feb 27, 2008 @ 04:13:01

    masukin juga dong lukisan abstraknya ex. goresan2 yg tdk beraturan but have some meaning.
    thanks

    Balas

  2. marumpa
    Feb 27, 2008 @ 04:45:01

    Udin dan Srik terima kasih atas masukannya. lukisan abstrak akan segera menyusul.

    Balas

  3. anto
    Mei 30, 2008 @ 13:03:40

    hei teman-teman yang bergelut di bidang seni lukis. saya inigin sekali kenal temanteman komunitas CDD PT TUNSKARYA INDOSWASTA. kalau saya boleh komentari dari beberapa karya teman2 cukup lumayan akan tetapi sayang kan bila kerja nya tangung-tangung dalam menuangkan ide dalam media kanvas yah yang saya maksud nih pengolahan ide kreativitasnya biasa-biasa saja dan pengolahan warnapun banyak yang masih mentah kan sayang toh sudah-capek2 tapi hasil kurang memuaskan. hehe ni cuma masukan loh akan tetapi teman2 termasuk cikal-bakal seniman2seniman masa depan. ok . kalu boleh saya nimbrung ikut tampilkan karya saya di websait kalaian bagaimana nih. mungkin suatu saat nanti kita pameran barrenloh. ya ngak . gitu dulu ya tean gua anto dari jakarta. by balasya gue tunggu nihj

    Balas

  4. marumpa
    Jun 02, 2008 @ 01:29:17

    Brother Anto well come, kami sangat senang kalo mau bergabung dengan komunitas pelukis disini. Semangat pelukis disini cukup baik. Mereka adalah operator produksi yang bekerja di perusahaan asing di Kawasan Industri Batamindo.

    Brother, thanks atas sarannya. Alhamdudillah, media ini bisa jadi ajang berbagai bagi komunitas seni lukis di KIB. Kami selalu menunggu kontribusinya. Jangn bosan memberi kritikan, karena pelukis disini asli otodidak semua. Ada beberapa yang sudah lama mengenal dunia lukis, tapi ada juga anggota yang baru mengenal alat (cat, kanvas ) langsung melukis.

    Kami senang karena berani mencoba. Meski masih awam kita sepakat untuk menampilkan karya-karya mereka.

    Bergabung di Komunitas ini lebih bagus lagi kalo Brother Anto main ke sanggar kami. Sebuah kebanggan kalo Komunitas seni Lukis di Batamindo diperkarya dengan pelukis tanah air. Salam hangat dari kami.

    Balas

  5. yuki
    Jun 13, 2008 @ 08:50:47

    mantaaap bos lukisan nya yakin deh rencana bikin galeri di kampung tuhh/…….di perbanyak aja pak lukisan nya…trus kalo ada acara2 di luar coba di pamerkan mungkin nanti menambah nilai lukisan itu sendiri dari berbagai aspek tentunya….
    1 aspek pariwisata karena di batam jarang ada yang memamerkan lukisan selain komunitas batamindo
    2 aspek ujung ujungnya duit……kan kalo jadi pelopor pameran lukisan di batam lumayan pak….
    3 being an artist of our self better than becoming an artist who work for other self
    4 kapan kita ketemu pa????

    Balas

  6. marumpa
    Jun 13, 2008 @ 09:22:29

    Dear Yuki, kemana aja. sedang bertapa ya. Entar malam kita mau kumpul-kumpul di rumah pak Jay di Bukit Kemuning sambil bakar-bakar ikan. Asyak lho. Datang ya sekalian bahas rencana-rencana bisnis.

    Lukisanku udah nambah lagi lho Ki, kalo mau lihat nanti kalau pas main ke sanggar. Lukisan yang baru ini lebih berani menggunakan cat di banding lukisan sebelumnya. Hasilnya juga lebih oke.

    Masih ingat kan sama MC acara lomba Dance Competition 2008 tempo hari di Plaza Batamindo. Dia tertarik bergabung di BVAC (Batamindo Visual Art Community) katanya ia senang melukis juga selain jadi Master Ceremony.

    Salam

    Balas

  7. andre
    Jul 17, 2008 @ 06:10:10

    siang bos,
    menanggapi lukisan teman-teman sangat bagus.seperti yang mas anto sampaikan bagai mana jika ada kesempatan mas anto mgasih ilmunnya pada teman-teman.oh ya saya ada masukan nih,kita kan tinggal di Kawasan Industri Batamindo bagaimana jika ada lukisan yang menggambarkan kawasan kita(yg simple aja)
    seperti pernah dilakukan teman saya di Malang Mas Supri yang menlukis jalan pertigaan lengkap dengan halte kecil,bus sedang ambil penumpang,warung kaki 5,aktifitas warga dipertigaan tsb danhasilnya luar biasa bagus.jadi kesan pertama melihat lukisan tsb adalah keindahan suasana disekitar kita saat ini,sama seperti lukisan pak Rusli mengenai Piayu Laut.kalo diBatamindo mungkin bisa dituangkan gambaran sudut taman wisma Batamindo yg terlihat Suasana sore hari beberapa pekerja yang sedang memandang hijaunnya taman rumput diwisma utk sejenak melepaskan kepenatan setlah kerja jam 07.00 – 15.00 WIB.ok kayaknya itu aja terima kasih selamat berexpresi……………..

    Balas

  8. marumpa
    Jul 17, 2008 @ 06:47:37

    Dear Andre
    masukannya segera akan di follow up anak BVAC (Batamindo Visual Art Community). Salam seni lukis.

    Balas

  9. surya lesmana
    Agu 27, 2008 @ 13:51:15

    saya setuju dengan pendapat bahwa seni lukis adalah termaksuk hak asasi manusia ! jadi bukan cuma milik satu InstituSI,kelompok atau orang2 tertentu saja ! tetapi harus di maklumi juga apa bila ada satu institusi yang seolah mengakui bahwa seni lukis adalah “milik” mereka karena kita maklum mereka harus duduk belajar bertahun2 untuk mendapat pengajuan sebagai pelukis atau seniman ! tetapi bukan berarti mereka boleh seenaknya mendoninasi apalagi mengaku bahwa lukisan selain dari komunitas mereka tidak bagus ! memang apa parameter suatu lukisan di bilang bagus atau tidak ? kalau orang awam ditanya pendapatnya tentang lukisan abstrak pasti jawabannya ” lukisan Apaan tuh ! ” apakah salah orang itu berpendapat begitu ? harus kah orang itu sekolah dulu ?
    seorang seniman sering mengatakan bahwa seni itu bebas,tetapi seringkali juga mereka dengan angkuhn ya bahwa lukisan yang bagus adalah dari pelukis2 yang “sekolahan ”
    Satu lagi,harus diakui bahwa banyak Kurator,bahkan kolektor terpaku pada pendapat bahwa lukisan yang bagus adalah karya si A si B atau si C karena mereka pelukis “sekolahan”
    Bukan berarti pendidikan itu tidak penting ! pendidikan itu penting sekali,tetapi bukankah dengan bertambahnya ilmu seseorang bisa berarti bahwa ( seharusnya) orang tersebut makin bijaksana ?

    Balas

  10. marumpa
    Agu 28, 2008 @ 01:29:43

    Dear Surya Lesmana
    Wah senang sekali saya membaca opininya. Perbedaan pendapat tentang sebuah seni lukis menandakan adanya dinamika terhadap seni lukis itu sendiri.

    Kami memang berangkat dari kepolosan, kejujuran untuk menuangkan perasaan terdalam melalui garis, warna, bentuk. Dengan menyalurkan energi kami melalui kanvas, Alhamdudillah kita memperoleh sebuah kenikmatan.

    Menurut kami karya seni lukis tidak diukur dari latar belakang pendidikan pelukisnya. Yang baik atau tidak baik terletak pada persepsi.

    Contohnya ada sebuah lukisan bagus dan lukisan tersebut diklaim sebagai karya pelukis terkenal. Maka lukisan tersebut menjadi incaran kolektor. Harganya ratusan juta bahkan menembus angka miliar.

    Tapi ketika lukisan bagus tersebut diklaim sebagai karya M.Rusli yang belum seterkenal seperti Basuki Abdullah misalnya, ya paling tinggi lukisan saya itu dihargai 5 jutaan. Soalnya itulah rekor tertinggi nilai jual lukisan saya. he he he…

    Pada buku Marekting Revolusioner karya Tung Desam berkata lain, bahwa bukan hebatnya barang (termasuk lukisan) yang menjadi ukuran keberhasilan penjualan. Perusahaan besar, gedung besar, produk yang mewah dan berkualitas tidak akan bernilai tanpa adanya proses marketing. Marketing yang dimaksud di sini adalah penawaran. Simpel.

    Kami di komunitas seni lukis yang jauh dari kampus (pasti, karena kita bergelut di dunia industri manufacturing di pulau Batam) menjadikan komunitas seni lukis sebagai sekolah sesungguhnya. Karena bagi kami belajar sama dengan menghirup udara.

    Kami melihat banyak penulis hebat yang justru bukan lulusan sarjana tapi justru menjadi penulis buku yang hebat dibanding lulusan sarjana. Mereka menganut filosofi sebagai manusia pembelajar.

    Kami juga ingin seperti mereka, meski media kami adalah lukisan. Kami akan tetap belajar. Karena dengan terus belajar kami bertumbuh. Ya, musuh utama kami adalah comfort zone. Salam seni lukis.

    Balas

  11. mo tw aj
    Sep 04, 2008 @ 03:25:50

    bgs banget! gw dpt tugas ngumpulin gambar2 seni rupa.Eeehh…ternyata kayaknya cukup buka ini uda cukup^^.Thanks!

    Balas

  12. marumpa
    Sep 04, 2008 @ 06:43:34

    Dear mo tw aj terima kasih atas kunjungannya. Semoga lukisan yang kami buat berguna bagi anda. Salam seni lukis.

    Balas

  13. tau ugie
    Sep 05, 2008 @ 03:27:36

    lukisan yg baguuuss

    Balas

  14. marumpa
    Sep 05, 2008 @ 04:24:33

    Dear tau ugie terima kasih atas komentarnya. Senang juga sama lukisan ya. Di sini (studio Bivac) masih banyak. Nanti aku posting lagi. Tabe.

    Balas

  15. rani
    Nov 01, 2008 @ 04:47:26

    oh ya lukisannya cpa yaa aq lupa….. pkoknya judulnya POTRET DIRI ada gak???????????????lukisan itu bagoes bgt loooo….. berkesan bgt bwt aq…………….kpan2 munculin donxxxxx….

    Balas

  16. iing
    Nov 03, 2008 @ 19:00:27

    waw……………….
    dahsyat banget Dormitory, dari gambar kita bs merasakan begitu indahnya batam islaNd center of batam
    selamat datang di dunia Industri…………
    di kota ini anda akan tau arti perjuangan hidup
    selamat pberjuang teman, sahabat,….
    semoga Sukses……
    by : iing 08135936…………………

    Balas

  17. bayu Abdurahim
    Nov 16, 2008 @ 06:05:37

    asssalamualaikum.
    pak rusli gimana masih berkaryakan?
    saya lihat image2 nya di blog ini. ada lumayan perkembengan yang cukup signifikan.
    maaf karena kesibukan saya yang memang ternyata membuat saya susah bergerak belakangan ini.
    tapi mungkin kedepannya saya akan memberikan beberapa gambaran perkembangan seni yang baru yang saya ikuti di Jawa sini. setidaknya bisa membuat orientasi berkarya kita menjadi semakin kompleks.
    dan menjaaga kejernihan hati kita dalam setiap karya.
    saya tetap mendukung BVAC. walaupun tidak bisa secara langsung.
    Bravo BVAC

    Balas

  18. marumpa
    Nov 17, 2008 @ 04:43:09

    Ass Mas Bayu

    Senang sekali Mas Bayu masih still care pada teman-teman di Bivac. Alhamdudillah rekan-rekan di Bivac selama satu bulan setiap Sabtu dan Minggu pada satu bulan terakhir rutin mengadakan pameran yang dipadukan dengan parade band.

    Mas bayu saya juga senang karena pada saat ini salah seroang pelukis dari Yogyakartai seorang pemuda bernama I nyoman Masriadi pemuda berusia 35 tahun lukisannnya dihargai dengan angka 10 miliar di luar negeri.

    saya tidak sabar mendapatkan saran, masukan, ide, informasi dai Mas Bayu tentang duani seni lukis. Meski Mas bayu jauh di Bandung dan tenggelam dengan rutinitasnya mengikuti atau mengadakan pameran kami tetap setia menunggu cerita. Insya allah kisah mas bayu akan selalu memberikan motivasi bagi teman-teman pelukis di Batamindo.

    Mas Bayu, jangan pernahkapok ya membagikan informasinya (special for art matter) ke rekan-kean di Bivac.Nice to meet you brother.

    Rusli

    Balas

  19. triyono ms
    Nov 22, 2008 @ 02:43:13

    saluuut…….kreatif jangan pernah mati oleh badai, ombak, kobaran api…….atau apapun!!!

    Balas

  20. popo
    Des 29, 2008 @ 16:00:49

    melukis tentang kenyataan di dunia kerja anda kayaknya oke tuh……..
    kita kan juga pengen tahu apa yg dirasakan sama temen-temen yg kerja dan memaknai hidup disana…..
    jadi agak personal jatuhnya……

    thanks.

    Balas

  21. marumpa
    Des 30, 2008 @ 02:17:00

    Dear Popo terima kasih atas kunjungannya. salam.

    Balas

  22. riko priyatmo r
    Jan 18, 2009 @ 12:31:18

    aq pusingggggggggggggggggg . . . .disuruh guru buat tugas cari klipingan lukisan dng nama pengarangnya juga

    Balas

  23. mahendra ardi
    Mar 08, 2009 @ 04:23:49

    lho tak bathil kowe mengko

    Balas

  24. dyah
    Jun 17, 2009 @ 04:26:40

    thanx y…berkat da lukisan dan penjelasan ttg lukisan nya, dyah jd bs nyelesain tugas seni rupa deh.

    Balas

  25. rhiya
    Agu 29, 2009 @ 05:34:53

    lukisannya bagus buanget,soalnya saya dah pernah tinggal dibatam slama 3 tahn,makanya saya tertarik dengan lukisan anda.lusisan anda memang menggambarkan kehidupan di batam.

    Balas

  26. irfan hakim
    Sep 25, 2009 @ 08:57:56

    kapan lukisan topeng di buat dan siapa yang membuatnya ?

    Balas

  27. marumpa
    Sep 28, 2009 @ 01:51:50

    Dear irfan hakim

    Lukisan topeng tersebut di lukis oleh anggota komunitas seni lukis batamindo, namanya Tur dan Budi dilukis pada tahun 2007.

    Balas

  28. velly
    Okt 21, 2009 @ 03:53:55

    Memang melukis itu dpt menjadi teman yang setia yang dpt dijadikan pelampiasan rrasa kita

    Balas

  29. hakim Edu
    Des 12, 2009 @ 14:50:56

    muantap…benann….terus dech berkarya. sekecil apapun karyanya moga manfaat terutama buat say yang baru belajar ngelukis.

    Balas

  30. iva
    Des 16, 2009 @ 06:44:42

    q bingung hrus crita ma sapa,cuma lewat inilah mungkin bs ngurangin kesedihan gw..sebenery hanya satu yg gw pengen dr dulu yaitu abang gw bs prduli ma gw,y..setidaky dy nanya gmn kbrq,tinggl d mn,udah mkn blm???itu j kok g lebih.yach…q sadar skrng dy d luar kota selama 1thn,tp setidaky dy nanya kbrq!pa q salah menuntut kasih sayang sorang ka2k kandung kpd adky!!!kadang q beranggapan negatif ma dy,tp q thu itu salah!!sebenary d dlm hatiku yang paling dalam q sayang bangettt ma dy,kangennnn bget..q pengen denger suara dy!!pa lagi ibk dan bpkq…mereka slalu nanyain abangq kpd q,tp q g tahu hrus jwb pa??paling q cuma bs jawab dy baik2 j kok mah…q g mau ortuq kwtir ma ka2kq.klu q da mslah q pasti keinget dia…yach q cma bs berharap dy baik2 d san+cpet plang k jkrta dan q bs ketemu ma dy,berkumpul ma klrga!!!yang hrus mas tau kita sma sayang ma mas,pengen ktemu mas…

    Balas

  31. angeli
    Jan 09, 2010 @ 15:45:39

    melukis merupakan inspirasi bagiku.saya anak seni rupa kuliah di universitas negeri makassar.lukisan yang di pamerkan sangat bagus,saya salut dengan hasil krya mereka walaupun mereka bukan anak seni.maaf sebelumnya yang saya ingin mau tanyakan,bagaimana cara membedakan lukisan cat air dan cat minyak???maksih…

    Balas

  32. supardi, S.Pd
    Mei 01, 2010 @ 01:41:26

    luar biasa. Saya suka lukisan-lukisannya… Kami tunggu lukisan yang lain…
    Saya juga punya koleksi lukisan, bisa mampir ke http://www.situsguru.wordpress.comp

    Balas

  33. marumpa
    Mei 03, 2010 @ 01:22:28

    Dear Pak Supardi.
    Terimakasih kunjungannya Pak. Kami adalah buruh ynag suka melukis. meski didera kesibukan di pabrik. kami tetap merawat spirit untuk berkarya melalui media kanvas. Kami percaya hanya dengan produk atau karyalah yang membuat kami ada dan berarti. Salam seni lukis.

    Balas

  34. budi
    Jun 29, 2010 @ 08:11:34

    Assalamualaikumm…..BRAVOO…BVAC..!!!
    Salam kompak selalu…
    salut Buat temen temen BVAC maju teruss… buat Mas RUSLI..terus EXIS yaa..maaf baru sempat mampir,baru tau kl ada blognya,maklum org awam ga isa buka internet hehehe.
    ok salam sukses..

    Balas

  35. budi
    Jun 30, 2010 @ 04:44:25

    oh ya mas…silahkan mampir juga do blognya pelukis batam. disitu banyak karya pelukis batam juga,dan harapan kita semua,mudah2an kita suatu saat bisa begabung untuk mengangkat nama batam dan seni budaya terutama seni lukis. trimksh. BRAVO BVAC.. SALAM SUKSES..

    Balas

  36. Intan
    Jul 24, 2010 @ 11:06:08

    saya suka dengan lukisan2nya, apalagi kaligrafi alQur’annya subhanallah indah sekali.
    tetap berkarya y……….
    sya tggu kryanya,,,,,,,,

    Balas

  37. haeril anwar
    Okt 06, 2010 @ 10:14:00

    jadi pengeng belajarni ama kanda….

    Balas

  38. haeril anwar
    Okt 09, 2010 @ 11:09:13

    makasi kanda……..

    Balas

  39. ibez
    Jul 21, 2011 @ 14:41:59

    ikut belaja juga yahh

    Balas

  40. syafiq bidin
    Sep 20, 2011 @ 06:47:32

    lukisab paling cantik di dunia!!!!!

    Balas

  41. DESI SINAGA
    Mei 09, 2012 @ 14:22:15

    lukisan Nya unik dan keren…
    saya suka’. soal Nya belum pernah liat lukisan yang ky’ gitu.

    Balas

  42. vino
    Jul 03, 2012 @ 03:44:05

    mantap lukisannya, banyak temanya. aliran apa sih ini ?

    Balas

  43. Suhandayana
    Des 19, 2012 @ 09:16:05

    ” Anak-anak jaman, anak negeri, anak bangsa … teruslah bergelut di alam bebas: ilalang, sawah, ladang, kebun, hutan, pantai … untuk senantiasa tumbuh-suburkan hijau-agro agar Indonesia Raya kembali menjadi “Diraja Negeri Padi” di seantero dunia.”

    *

    Pesan kepada kawan | main source : http://www.facebook.com/DesaneTani

    Balas

  44. Turmudzi Jikoe
    Jan 04, 2013 @ 12:34:52

    jadi pengen balik ke batam lagi……

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: